Survei: THR Jadi Penyemangat Para Pekerja Saat Ramadan

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 7 Mei 2021 18:52
Survei: THR Jadi Penyemangat Para Pekerja Saat Ramadan
Siapa yang sudah menikmati THRnya tahun ini?

Dream - Salah satu momen yang dinanti saat Ramadan, khususnya menjalang Lebaran, adalah pembagian THR (Tunjungan Hari Raya) bagi para pegawai. Bagaimana tidak dinanti, upah kerja sebulan full buat pekerja tetap akan mengalir ke rekening tanpa tedeng aling-aling.

Pembayaran THR, bahkan diwajibkan oleh Pemerintah berdasarkan aturan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Pekerja/pegawai yang telah mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus-menerus atau lebih maka berhak mendapatkan THR.

Termasuk pekerja/buruh dengan status outsourcing (alih daya), kontrak, atau pekerja tetap berhak menerima THR. Pemberiannya pun paling lambat H-7 sebelum lebaran.

Pasti dompet tiba-tiba jadi tebal, ya.

1 dari 3 halaman

Tahan resign demi THR dulu

Ilustrasi© Shutterstock

Sebuah survei yang dikutip Emirates247, hampir 90 persen profesional menilai bonus Ramadan mampu meningkatkan motivasi pegawai dalam bekerja di bulan Ramadan.

Dalam survei juga disebutkan, kebanyakan dari pekerja ini enggan pindah kerja pada bulan Ramadan, karena perusahaan ikut jam kerja bulan Ramadan yang lebih pendek dibandingkan jam kerja pada hari biasa.

Rekan kerja dan klien pun banyak yang mengambil cuti liburan selama bulan Suci.

Para profesional juga kebanyakan menilai bahwa pada bulan Ramadan, kegiatan amal mengalami peningkatan.

Sayangnya, pada bulan suci ini juga, pegawai cenderung mengonsumsi atau membeli barang dan jasa meningkat.

2 dari 3 halaman

THR Sudah Cair, Yuk Kelola Biar Enggak Numpang Lewat

Dream – Sahabat Dream, apakah Tunjangan Hari Rayamu sudah turun? THR ini memang menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu masyarakat selama Ramadan.

Namun, tak banyak mereka yang merencanakan pemanfaatannya.

Chief Marketing Officer DANA, Monita Moerdani, mengatakan insentif ini sebaiknya tidak dihamburkan. “ Tapi harus dikelola dengan cerdas,” kata Monita, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 30 April 2021.

Berikut ini adalah tips mengelola THR secara bijak dan cerdas. Tujuannya agar THR bisa lebih bermanfaat dan tidak hanya numpang lewat.

Buat Daftar Tujuan Keuangan

1. Buat Daftar Catatan Tujuan Keuangan

Pisahkanlah uang THR dengan gaji bulanan. Tentukan tujuan penggunaan uang THR. Sebaiknya sebagian dari uang THR disisihkan untuk dana darurat atau investasi.

2. Utamakan Kebutuhan

Lebaran adalah momen kemenangan dan kebahagiaan. Namun, kebutuhan sehari-hari termasuk pulsa telepon tetap harus menjadi prioritas agar perayaan Lebaran tidak terganggu.

3 dari 3 halaman

3. Jadikan THR Penuh Berkah dengan Sedekah

Pos selanjutnya yang harus dipenuhi dari uang THR adalah adalah untuk membayar zakat yang menjadi kewajiban bagi umat Islam.

Selain zakat, bulan Ramadan dan Idul Fitri yang penuh berkah juga bisa dijadikan momen untuk memperbesar amal ibadah melalui sedekah.

4. Sisihkan untuk Investasi

Jangan habiskan THR untuk bersenang-senang, sisihkanlah sebagian untuk tabungan darurat atau investasi.

Pembagian THR tahun ini bisa jadi momentum yang pas untuk berinvestasi di tengah adanya larangan mudik dan pembatasan pada tempat-tempat liburan.

Investasi yang bisa menjadi pilihan adalah logam mulia emas, yang dianggap sebagai instrumen safe heaven.

5. Manjakan Diri Sesuai Kemampuan

Setelah semua pos pengeluaran yang wajib dan penting dipenuhi, tidak ada salahnya menggunakan uang THR yang tersisa untuk bersenang-senang atau memanjakan diri, khususnya bagi yang suka berbelanja atau bermain game.

Beri Komentar