Tips Ampuh Belanja Online Aman Ala Beauty Influencer Abel Cantika

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 5 November 2021 10:36
Tips Ampuh Belanja Online Aman Ala Beauty Influencer Abel Cantika
Di tengah maraknya belanja online, pasti ada saja tantangannya.

Dream - Kegiatan belanja online kian diminati masyarakat Indonesia saat ini. Apalagi, situasi pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk berbelanja dari rumah.

Meski terlihat mudah karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, tapi ada saja tantangan saat berbelanja online. Salah satunya yaitu kesulitan menemukan ukuran pakaian yang sesuai.

Hal ini juga dirasakan Beauty Influencer Abel Cantika. Ibu satu anak ini punya tips khusus mengatasi masalah tersebut.

Abel Cantika

Biasanya sebelum membeli barang, Abel mengukur badan menggunakan meteran jahit.

" Tips yang pertama pastinya kamu harus menyiapkan alat ukur atau meteran. Karena setiap ukuran berbeda-beda, harus dipastikan juga kamu sudah mengetahui berapa ukuran diri kamu sendiri. Jadi ketika ingin beli pakaian secara online kamu bisa langsung liat catetan ukuran kamu," ujar Abel saat konferensi pers virtual ZALORA 11.11 Sale, Kamis, 4 November 2021.

1 dari 5 halaman

Pilihan produk siap dibeli

Associate Marketing Director Zalora, Bimo Darmoyo, melihat ada perubahan kebiasaan dan perilaku pelanggan ketika berbelanja selama pandemi berlangsung. Terutama pada kategori olahraga, skin care, dan produk esensial.

" Kami juga menemukan adanya permintaan baru pada kategori lifestyle, termasuk home & living dan luxury. 11.11 SALE adalah kesempatan bagi kami untuk memberikan pengalaman belanja online superior yang dapat memberikan keuntungan maksimal dalam berbelanja produk fashion serta lifestyle favorit pelanggan," ujar Bimo.

Selama pandemi, Zalora menggelar sejumlah inisiatif dan ekspansi bisnis. Di antaranya meluncurkan dan memperkuat kategori Beauty & Personal Care, Luxury, Home & Lifestyle dan Kids dan meluncurkan fitur Z-LIVE sebagai strategi live commerce terbaru Zalora bersama mitra brand.

 

2 dari 5 halaman

Angka kembar, siap belanja?

Zalora mempersembahkan kampanye tahunan 11.11 SALE dengan tema ‘Best of You’ mulai dari tanggal 1-14 November 2021, bersama ribuan brand ternama.

Ada berbagai koleksi fashion, beauty, dan lifestyle dengan kualitas produk yang original, gratis ongkir se-Indonesia dan jaminan retur bebas biaya bersama Zalora, dengan penawaran diskon hingga 90 persen, flash sale hingga 40 persen, cashback hingga Rp11 juta dan gratis ongkir setiap hari.

Untuk kategori Kids, Zalora juga mempunyai penawaran spesial melalui kampanye ‘Kids Carnival’ yang juga dapat dinikmati bersamaan dengan periode kampanye 11.11 dengan penawaran hingga 85 persen dan voucher tambahasan sebesar 30 persen.

3 dari 5 halaman

Wajib Baca! 2 Kunci Pemasaran Digital Buat UKM Agar Produk Laris

Dream – Pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat ternyata telah menciptakan peluang baru yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan diri. Salah satunya adalah masyarakat dipaksa untuk beradaptasi dengan dunia digital dalam memenuhi kehidupannya sehari-hari.

Tanpa harus cemas datang ke kerumunan yang berpotensi memicu penyebaran Covid-19, masyarakat bisa menggunakan bantuan teknologi untuk menunjang aktivitasnya. Salah satu contohnya adalah pemanfaatkan e-Commerce atau platform online shopping lain banyak digunakan ketika tak bisa datang ke pusat perbelanjaan.

5 Rahasia 'Product Designer' Atasi Masalah

Ilustrasi© © shutterstock

Contoh lainnya adalah masyarakat yang sebelum pandemi terbiasa datang ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatannya, kini bisa memanfaatkan telemedicine. Tak hanya memenuhi kebutuhan hidup, perkembangan digita juga membuka peluang bisnis yang lebih besar bagi masyarakat.

4 dari 5 halaman

Adaptasi di sebuah lingkungan baru

Tren penggunakan teknologi juga ditangkap Cahyanto Arie Wibowo, Head of Growth Kapanlagi Youniverse dalam Kick Off Webinar bertajuk Digital Mindset for Digital Acceleration yang digelar Telkomsel. Dia mencatat terdapat 345 juta koneksi mobile di Indonesia per Januari 2021. Tren ini meningkat 1,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“ Jadi, kalau orang masih takut ke digital, ini momentumnya sayang sekali sih. Digital sekarang potensinya sangat besar,” jelas Arie.

Wow! Video Bokeh Sinematik Kini Bisa Dibuat Cuma dari Smartphone

Dengan persaingan yang lebih ketat karena melibatkan pebisnis dari seluruh dunia, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diakui menghadapi tantangan saat memasuki era digital.

Pelaku usaha diharuskan untuk belajar dan beradaptasi pada sebuah lingkungan baru. Teknologi digital sedapat mungkin dimanfaatkan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa sehingga bisa mencapai target konsumennya.

Menurut Arie terdapat dua kunci sukses pemasaran digital yang bisa diterapkan oleh para pelaku UMKM untuk membantu usahanya.

5 dari 5 halaman

1. Kreativitas

Baik dari sisi ide atau kampanye yang dilakukan pemilik usaha atau brand, kreativitas menjadi kunci penting yang harus jadi perhatian. Faktor ini menjadi penentu mendapatkan hasil yang memuaskan baik dari sisi pembeli atau penjual.

Ketika sudah memiliki ide atau konsep yang kreatif, pelaku usaha juga perlu mengeksekusinya dengan strategi yang sesuai.

Wajib Tahu! Jenis Fotografit Potrait, Bisa Pakai Smartphone

Arie menyarankan pelaku usaha agar menampilkan informasi lebih detail saat mengeksekusi ide yang akan menjadi materi Instagram, banner, atau media kreatif lain.

“ Kembali lagi, tujuan kita untuk memasarkan produk kita adalah membuat user tahu produk kita,” ujar Arie.

2. Sediakan Informasi Secara Ringkas dan Terpercaya

Setelah menguasai kreativitas dan cara mengeksplorasinya, para pengusaha UKM juga harus dapat membangun kepercayaan dengan pelanggan terhadap produk yang dijual.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan informasi yang ringkas dan dapat dipercaya mengenai sebuah produk seperti foto produk yang optimal, pelayanan, hingga hasil review pelanggan lain.

HargaRp2 Jutaan, Ini Spesifikasi Ponsel 5G POCO

Arie menegaskan, meskipun strategi pemasaran digital sudah dilaksanakan dengan baik, kepercayaan pelanggan tetap menjadi kunci baik dari sisi online maupun offline.

Ilustrasi

© © shutterstock

“ Usahakan bangun kepercayaan dari sisi produk yang kita jual agar saat user melihat produknya, mereka beli dan setelah beli, mereka tidak kecewa,” saran Arie.

Tidak sampai di situ saja, perhatikan pula pelayanan setelah produk terjual misalnya keluhan pelanggan. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini bisa menjadi bumerang untuk usaha yang sudah dibangun.

Meski pandemi lebih fokus menyoroti dampak negatif kehidupan bermasyarakat, pandemi justru mengajarkan banyak hal termasuk dari sisi bisnis baik produk maupun teknologi untuk beradaptasi mencapai perubahan.

Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar