Jangan Asal 'Copas' Beauty Influencer, Simak Tips Pilih Skincare Buat Pemula

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 3 September 2021 06:47
Jangan Asal 'Copas' Beauty Influencer, Simak Tips Pilih Skincare Buat Pemula
Saat melihat kulit glowing para beauty influencer, jangan langsung copy paste skincarenya. Kenali dulu kulitmu dan intip tips dari Abel Cantika.

Dream - Perawatan wajah dapat menunjang penampilan seseorang. Beragam upaya pemakaian produk-produk skincare juga bertujuan menjaga kulit wajah agar selalu terlihat segar, cerah, dan tentunya sehat.

Sayangnya  sebagian besar beuaty enthusiast banyak yang belum memahami cara memilih skincare. Kebanyakan cenderung hanya asal mengikuti penampilan beauty influencer yang belum tentu cocok dengan kondisi kulitnya.

Nah supaya kamu gak keliru lagi, yuk simak memilih skincare yang tepat untuk pemula ala Beauty Influencer, Abel Cantika.

1. Kenali Jenis Kulitmu

Sebelum mulai melakukan perawatan kulit, pastikan kamu mengenali terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki. Hal ini penting diketahui sebelum uang kamu terlanjur habis membeli rangkaian skincare yang ternyata tak cocok.

“ Semua orang beda-beda kulitnya dan gak bisa disamain. Jadi kita harus tahu apa jenis kulit kita dan apa yang kita butuhkan. Jangan sampai salah karena ikut-ikutan rekomendasi teman atau influencer saja,” jelas Abel Cantika pada acara Potensi Produk Kecantikan Lokal di Era Modern, 2 September 2021.

Abel© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Cara mengetahui jenis kulit bisa dilakukan dengan memeriksa keseluruhan bagian wajah. Jika cenderung mudah berminyak dan mengilap beberapa jam setelah membersihkan wajah, bahkan ketika memakai makeup, ini bisa jadi penanda kamu memiliki wajah berminyak.

Jika wajah kamu hanya berminyak di beberapa bagian seperti T-zone, tandanya kamu adalah pemilik kulit kombinasi. Sedangkan jika kamu seperti merasa wajah sering ditarik, ini bisa jadi penanda jenis kulit kering, Sahabat Dream.

Untuk mengetahui jenis kulit, Sahabat Dream bisa mencoba metode The Bare-faced, Mid-day check, atau Photo check. Tidak lupa untuk perhatikan apakah kulitmu mudah bereaksi terhadap beberapa bahan dalam produk (sensitive) atau tidak mudah bereaksi (resilient). 

1 dari 5 halaman

2. Ketahui Skin Concern atau Permasalahan Kulit

Cari tahu permasalahan kulit Sahabat Dream. Apakah berjerawat, hyperpigmentation, kulit tampak kusam, kulit kemerahan, kulit kering atau kerutan halus. Setelah itu, tentukan apa yang ingin didapatkan agar kulit lebih baik lagi.

Permasalahan pada kulit harus jadi pertimbangan dalam memilih produk skincare yang sesuai.

Shopee© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kita harus tau kekurangan kulit kita yang kita butuhin, jangan teracun sama kita beauty influencer saja. Karena banyak permasalahan yang beda beda, jerawat atau noda hitam atau kusam. Jadi harus disesuaikan,” tambah Abel.

2 dari 5 halaman

3. Ketahui Kandungan dan Jangan Asal Campur

Hal utama mempelajari dalam dunia perawatan kulit adalah skincare dasar. Jangan sampai salah pakai bahan aktif yang keras dan bisa jadi iritan seperti acid (AHA, BHA, Retinoid, salicylic acid, Vitamin C).

Apalagi mencampur-campur berbagai bahan aktif, bisa bisa jadi iritasi.

Abel© Instagram abellyc

“ Sebelum pakai aku selalu cari kandungan artikel kira kira yang ini fungsinya apa, kulitku butuh gak kandungan ini, dan bisa gak produk A dicampur produk B,” tambah Abel.

Seperti jangan menggunakan produk yang memiliki bahan aktif Retinoids, Vitamin C, AHA, BHA & Benzoyl Peroxide secara bersamaan. Hal ini karena setiap kandungannya memiliki potensi untuk mengiritasi kulit. 

3 dari 5 halaman

4. Atur Rutinitas Perawatan Kulit Siang dan Malam

abellyc© Instagram abellyc

Rutinitas skincare yang dimiliki setiap orang itu biasanya berbeda. Tidak hanya berangkat dari jenis, kondisi kulit serta tujuan nya, tetapi preferensi skincare step layering pun berbeda-beda.

Skincare step yang basic adalah Cleanser, Toner, Serum, Eye cream dan Moisturizer. Untuk siang jangan lupa untuk menambahkan Sunscreen di akhir.

Perbedaan skincare routine setiap individu terdapat dalam teknik layering hingga perbedaan kandungan toner maupun serum yang disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. 

4 dari 5 halaman

5. Cari Rekomendasi Produk dan Review

Produk-produk skincare saat ini sangat beragam dan mengandung berbagai bahan aktif dengan kualitas terbaik.

Setelah mengetahui bahan aktif yang cocok untuk jenis kulitmu hingga skincare routine saat pagi dan malam hari, coba cari tahu rekomendasi produk lokal yang cocok dengan kebutuhanmu.

Abel© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Aku juga lihat review teman-teman. Karena kulit orang beda beda aku mau tau nih apa nih hasilnya di temen temen youtuber lain,” tambah Abel.

Yang harus diingat bahwa skincare tidak instan tapi butuh proses. Jadi, pastikan sabar untuk melihat hasil atau efek penggunaan rutin skincare.

Jangan gegabah dalam menentukan produk yang tidak cocok atau cocok. Kita bisa menunggu sekitar 2 minggu untuk tahu hasilnya.

5 dari 5 halaman

6. Gunakan Promo agar Ramah Kantong

Perawatan kulit tidak harus mahal. Selain karena saat ini sudah banyak opsi produk skincare lokal yang terjangkau,kamu juga bisa menikmati penawaran terbaik dari beragam e-commerce salah satunya.

Shopee© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Setiap harinya shopee akan ada puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day, kamu bisa mengakses rangkaian produk skincare lokal, mulai dari Face Wash, Sheet Mask, Eye Cream, dan masih banyak lainnya dengan Voucher Diskon sampai dengan 99 ribu RB dan Gratis Ongkir Rp0 Seharian.

Beri Komentar