Sumber: Dok. Tokopedia
Dream – Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan bahwa potensi nilai pasar tanaman hias dunia mencapai Rp3 ribu triliun, namun Indonesia baru memenuhi sebesar 0,01 persen saja.
Karena itulah, tanaman hias masih punya potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Menurut data Tokopedia, terdapat peningkatan jumlah penjual dan pembeli kerajinan bunga di berbagai wilayah.
Peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada Januari 2023 dibandingkan Januari 2022, adalah di wilayah Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Bali. Adapun peningkatan jumlah pembeli paling tinggi pada periode yang sama adalah di Kepulauan Riau, Lampung, dan Bali.
Salah satu pengusaha bunga Lunette Flower and Gift, Chrisfella Cokro Handoyo, mengatakan, berkat Tokopedia perusahaannya bisa mengirim produk ke luar kota, bahkan ke seluruh Indonesia.
“ Jadi dengan adanya Tokopedia ini jangkauan kita bisa lebih luas lagi, kan kita di Tangerang jadi enggak cuma di sekitar Tangerang aja, tapi bisa dikirim ke kota lain bahkan ke luar pulau,” ungkap Chrisfella.
Dia juga membagikan tips untuk masyarakat yang baru ingin mulai membangun usaha kerajinan bunga, terutama dalam memanfaatkan momen-momen spesial.
Dia menyarankan agar pengusaha yang baru memulai harus berani untuk memulai terlebih dahulu, karena awalnya ia juga hanya iseng mencobanya dan kemudian usahanya berjalan. Dia juga menganjurkan pengusaha yang baru memaksimalkan fitur-fitur di Tokopedia sehingga bisa meningkatkan penjualannya.
“ Akhirnya kita juga banyak menggunakan fitur-fitur di Tokopedia seperti TopAds, terus kita juga ada diskon produk, yang seperti itu sangat membantu kita meningkatkan penjualan dan itu cukup signifikan,” tambah Chrisfella.
Tokopedia memang memberi panggung kepada pelaku usaha lokal, terutama UMKM. Menurut Ekhel Chandra Wijaya, panggung sangat penting untuk memberikan jangkauan lebih kepada para pegiat usaha lokal.
“ Dari kita sendiri, panggung itu menjadi sangat penting, karena banyak sekali warga Indonesia punya produk yang keren, karya yang mengembangkan masyarakat setempat, kearifan lokal,” ungkap Ekhel.
Saat ini, kata dia, terdapat sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100 persen adalah UMKM lokal, termasuk yang menjual produk kerajinan bunga.
Karena itu, untuk mendukung pegiat usaha lokal tersebut Tokopedia melakukan inovasi salah satunya adalah Inisiatif Hyperlocal dengan Teknologi Geo-Tagging. Dimana halaman penjual produk akan dikurasi sesuai yang terdekat dari lokasi pembeli.
Selain itu, penjual juga bisa menitipkan produknya di gudang pintar pada wilayah dengan permintaan tertinggi.
Tak hanya kepada penjual, inovasi yang dilakukan oleh Tokopedia ini juga akan memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang dan jasa yang diperlukan.
“ Di satu sisi, kita juga bisa menjadi jembatan untuk para pembeli ini untuk bisa mendapatkan akses terhadap barang dan jasa dengan transparan dimanapun mereka berada,” ungkapnya.
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib