10 Bahaya Perokok Pasif, Hindari Sekarang Juga!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 24 September 2019 18:36
10 Bahaya Perokok Pasif, Hindari Sekarang Juga!
Siapa yang bilang, rokok hanya berbahaya bagi pemakainya saja? Yuk simak efek berbahaya merokok pasif berikut ini.

Dream – Tanpa perlu diingatkan kembali, merokok sudah banyak diketahui berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bagi si perokok, paparan asap dari rokok juga bisa mengancam kesehatan hingga nyawa orang di sekelilingnya.

Perokok pasif merupakan orang yang terkena imbas dari kebiasaan buruk teman atau anggota keluarganya yang merokok.

Tahukah kalian? Setiap tahunnya setidaknya ada lebih dari 7 juta orang meninggal akibat dari kebiasaan merokok. Parahnya, 900 ribu di antaranya adalah korban dari paparan asap rokok tersebut atau perokok pasif.

Perokok pasif rentan terkena serangan kanker paru-paru, kanker laring, dan kanker faring. Tiga penyakit berbahaya itu merupakan sedikit dari dampak yang bisa ditimbulkan akibat dari kobaran asap rokok.

Semakin banyak perokok pasif menghirup asapnya, maka semakin tinggi pula bahan kimia berbahaya masuk ke dalam tubuh kalian.

Berbicara mengenai efek berbahaya merokok pasif, berikut Dream kumpulkan informasi secara khusus untuk kalian. Simak informasinya berikut ini: 

1 dari 5 halaman

1. Efek Berbahaya Jadi Perokok Pasif: Asma

 10 Efek Berbahaya Merokok Pasif, Hindari Sekarang Juga!© shutterstock

Efek berbahaya yang paling utama adalah mampu memicu kambuhnya penyakit asma bagi para penderitanya.

Asap rokok memiliki konstribusi yang besar dalam perkembangan masalah pada sistem pernafasan.

Semakin sering kalian menghirup asap rokok maka semakin buruk pula penyakit asma yang kalian derita. Bahkan, kalian yang tadinya tidak memiliki penyakit asma bisa menjadi memilikinya jika sering terpapar asap rokok.


2.    Efek Berbahaya Merokok Pasif: Masalah Pernafasan


Asap rokok juga merupakan penyebab utama seseorang terkena beberapa masalah pada sistem pernafasannya. Tidak hanya akan menyerang orang dewasa saja namun asap rokok juga menyerang anak-anak.

Tidak heran, saat ini banyak sekali anak-anak yang terserang berbagai masalah pada sistem pernafasan. Sebab saat ini sebagian besar orang sudah tidak lagi mempedulikan dimana mereka merokok meskipun terdapat anak kecil di sekitarnya.

2 dari 5 halaman

3. Efek Berbahaya Jadi Perokok Pasif: Serangan Jantung

 10 Efek Berbahaya Merokok Pasif, Hindari Sekarang Juga!© shutterstock

Tahukah kalian? Asap rokok pasif ini dapat menyebabkan darah menjadi lengket dan kental di dalam pembuluh darah.

Kondisi itu sangat memungkinkan pembuluh arteri kalian akan menjadi tersumbat. Terlebih, asap rokok memiliki berbagai macam bahan kimia yang mampu meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.


4.    Efek Berbahaya Merokok Pasif: Penyakit Koroner


Telah dilakukan sejumlah penelitian terkait efek berbahaya dari asap rokok. Hasil dari berbagai peneliitian menunjukkan, perokok pasif memiliki resiko cukup tinggi terkena penyakit koroner. Penyakit tersebut meliputi penyakit jantung, arteri koroner hingga penyakit jantung bawaan.

3 dari 5 halaman

5. Efek Berbahaya Merokok Pasif: Kanker Paru-Paru

 10 Efek Berbahaya Merokok Pasif, Hindari Sekarang Juga!© pixabay.com

Tidak hanya bagi perokok aktif saja, perokok pasif juga memiliki risiko cukup tinggi terkena kanker paru-paru. Setidaknya sekitar 20%-30% adanya peningkatan risiko yang dialami oleh para perokok pasif.

Asap rokok diketahui mengandung lebih banyak bahan kimia berbahaya yang dimana 69 di antaranya mampu menyebabkan sel kanker paru-paru menjadi aktif.


6.    Efek Berbahaya Merokok Pasif: Kematian Premature


Berhati-hatilah bagi kalian yang sedang mengandung, menghirup asap rokok terlalu lama mampu mengganggu  kesehatan terutama kandungan kalian.

Asap rokok dapat menimbulkan beberapa komplikasi internal bahkan hingga mengakibatkan kematian dini pada janin. Mengapa demikian? Asap tersebut secara efektif mampu mengurangi oksigen yang tersedia untuk sang janin maupun ibunya.

4 dari 5 halaman

7. Efek Berbahaya Merokok Pasif: Bayi Kurang Berat badan

 10 Efek Berbahaya Merokok Pasif, Hindari Sekarang Juga!© pixabay.com

Terpapar asap rokok secara berlebih mampu menimbulkan berat badan janin menjadi di bawah standar dari yang seharusnya. Pada kasus lainnya, sang anak akan rentan terkena sejumlah masalah kesehatan di masa yang akan datang.

Sederhananya, asap rokok tidak hanya menimbulkan efek berbahaya di satu waktu tertentu saja, namun efek tersebut akan terus terbawa hingga si anak menjadi dewasa.


8.    Efek Berbahaya Merokok Pasif: SIDS


SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak memang tengah menjadi perbincangan hangat di beberapa waktu kebelakang. Tahukah kalian? Penyebab tunggal dan sentral teradinya SIDS adalah paparan asap rokok.

Namun, perlu untuk diketahui juga bahwa tidak hanya ini saja penyebab utama SIDS pada bayi baru lahir. Meskipun begitu, untuk mencegahnya sebaiknya kalian menghindari paparan asap rokok baik selama sedang mengandung ataupun menyusui.

5 dari 5 halaman

9. Efek Berbahaya Merokok Pasif: Masalah Pendengaran pada Bayi

 10 Efek Berbahaya Merokok Pasif, Hindari Sekarang Juga!© shutterstock

Anak yang terpapar asap rokok di usia sangat muda memungkinkan akan mengalami masalah pada pendengarannya. Mulai dari telinga berdengung hingga terus mengeluarkan cairan telinga.

Bahkan, sang anak bisa mengalami tuli loh Sahabat Dream. Mengapa demikian? Pasalnya, asap rokok mampu menyebabkan infeksi pada telinga tengah serta cairan dalam telinga.


10.    Efek Berbahaya Merokok Pasif: Sistem Imun Lemah


Efek berbahaya lainnya adalah si kecil nantinya akan memiliki sistem imun yang lemah. Menghirup asap rokok secara berlebih menyebabkan sistem imun mereka tidak akan berfungsi sama seperti sebagaimana seharusnya.

Jangan kaget jika si kecil akan mudah sekali terserang sebuah penyakit baik ringan maupun berat ke depannya ya Sahabat Dream


(ism, Sumber: Boldsky)

Beri Komentar