4 Alasan Tanaman Hias Philodendron Sangat Digemari

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 14 Desember 2020 18:45
4 Alasan Tanaman Hias Philodendron Sangat Digemari
Tidak heran tanaman ini menjamur.

Dream - Tren tanaman hias tengah booming di masa pandemik Covid-19. Memiliki waktu lengang relatif lebih banyak, kini masyarakat mengalihkan tenaga yang masih tersisa untuk menanam atau merawat tanaman hias. 

Nama-nama seperti Monstera atau tenar dengan sebutan janda bolong, Aglonema, Sansiviera adalah beberapa jenis yang tengah booming di kalangan pecinta tanaman hias.   

Di luar dari tiga tanaman tersebut terdapat satu jenis yang cukup memikat masyarakat meski harus mengrogoh kocek cukup dalam. Tanaman hias tersebut adalah Philodendron yang saat ini dibanderol relatif mahal.

Namun ada beberapa jenis Philodendron yang dijual dengan harga yang relatif murah, seperti Philodendron epipremnum aureum, Philodendron patriciae dan Philodendron scandens medio pictum.

Jenis Philodendron lainnya yang masih dijual mahal adalah Philodendron florida beauty dan Philodendron minima variegata. Kamu tentu saja bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan ketika ingin merawat jenis tanaman ini.

Selain memiliki rentang harga yang cukup fleksibel, berikut alasan mengapa jenis tanaman Philodendron sangat digemari.

1 dari 4 halaman

1. Mudah dirawat

Philodendron© Shutterstock.com
Philodendron tergolong mudah dirawat. Tidak seperti tanaman yang memiliki bunga seperti krisan atau mawar. Sehingga, Philodendron juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Kamu hanya perlu menyiramnya sehari sekali.

Selain itu, Philodendron juga tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Jadi, kamu bisa meletakkannya di dalam maupun luar ruangan yang teduh.

2 dari 4 halaman

2. Mudah didapatkan

Tidak sulit menemukan Philodendron di plant nursery atau toko tanaman hias. Apalagi, mengingat tanaman hias ini cukup digemari banyak orang.

Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp15 ribu sampai jutaan rupiah. Jangan lupa untuk selalu memilih tanaman hias dengan kondisi yang sehat agar lebih mudah merawatnya.

3 dari 4 halaman

3. Bisa ditanam di tanah dan air

Philodendron© Shutterstock.com
Tidak semua orang nyaman menyimpan tanaman hias di rumah dengan menggunakan tanah sebagai media tanamnya.

Jika kamu salah satunya, pilihlah tanaman Philodendron yang dapat ditanam menggunakan air. Kamu juga bisa meletakkannya di ruangan dengan sinar matahari yang sangat minim untuk membuat kamarmu lebih hidup.

4 dari 4 halaman

4. Pertumbuhannya cukup cepat

Beberapa tanaman hias memerlukan pupuk atau vitamin pendorong pertumbuhan agar lebih cepat rimbun. Namun, Philodendron tidak termasuk dalam tanaman yang memerlukan perawatan ekstra.

Bahkan, cara propagasinya pun lebih mudah. Sehingga, tidak sulit dikembangbiakkan.

Jenis tanaman hias ini tumbuh lumayan cepat bahkan tanpa memerlukan pemupukan atau pemakaian vitamin.

Kamu hanya perlu menghindari adanya ulat, jamur dan bakteri yang sering merusak tanaman di musim hujan.

Beri Komentar