4 Jenis Latihan Menyehatkan Otak

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 20 Januari 2020 11:42
4 Jenis Latihan Menyehatkan Otak
Olahraga ini mampu membantu memperkuat fungsi otak dan daya ingat.

Dream - Selama ini banyak orang yang menganggap untuk menjadi pintar harus mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi. Taku lupa juga rajin belajar, diselingi sering bermain permainan asah otak seperti teka-teki silang.

Padahal, untuk menajamkan pikiran dan melatih otak tidak hanya dengan melakukan aktivitas di atas. Ada hal lain yang harus dilakukan, yaitu berolahraga. Hal ini dilakukan agar keduanya berjalan seimbang.

Berolahraga secara teratur tidak hanya diperlukan untuk tubuh, tetapi juga baik untuk otak. Dilansir dari Times of India, berikut empat jenis olahraga yang cocok untuk melatih dan menyehatkan otak.

 

1 dari 4 halaman

1. Lari

Berlari© Shutterstock.com

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, berlari membantu dalam pembentukan sel-sel baru di hippocampus, bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk mempelajari dan mengingat kejadian. 

Latihan ini membuat lebih mudah bagi otak untuk mengelola stres, yang merupakan yang umum ditemui saat ini. Ini juga meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

2 dari 4 halaman

2. Latihan Aerobik

Aerobik adalah bentuk latihan yang dianggap sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Melakukan latihan aerobik intensitas sedang selama 150 menit dalam seminggu, bermanfaat bagi otak.

Ilustrasi Hijab Sporty© Ilustrasi Hijab Sporty (Foto: Shutterstock)

Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik meningkatkan kinerja memori spasial dan mengurangi risiko masalah kesehatan seperti demensia, depresi serta kecemasan.

3 dari 4 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda© Shutterstock.com

Sesuai penelitian, bersepeda meningkatkan aliran darah ke otak, yang memicu pertumbuhan sel-sel baru dan meningkatkan fungsi otak.

Bersepeda penting bagi yang menderita hipertensi, karena bisa memengaruhi suasana hati dan memperkuat mental. Selain itu, bersepeda mampu mengontrol kortisol (hormon stres) dan adrenalin dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

4. Meditasi

Meditasi© Shutterstock.com

Tidak ada yang seefektif meditasi dalam hal meningkatkan fungsi otak. Meditasi membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan level konsentrasi. Ini adalah cara yang ampuh untuk mengelola tingkat stres dan meningkatkan daya ingat.

Beri Komentar