5 Manfaat Daun Sirsak Buat Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 15 Agustus 2019 10:12
5 Manfaat Daun Sirsak Buat Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Selain memiliki buah dengan cita rasa yang segar, ternyata daun sirsak juga mengandung segudang manfaat. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Bagi para pecinta buah-buahan, tentu saja sudah kenal dengan buah sirsak. Buah ini sering diolah menjadi minuman yang begitu segar. Rasanya yang sedikit asam memberi sensasi menyegarkan saat menyeruputnya. 

Selama ini mungkin Sirsak lebih banyak dimanfaatkan buahnya. Bisa dimakan langsung atau dijadikan jus untuk menghilangkan dahaga di saat cuaca terik.

Tapi tahukah Sahabat Dream jika ada bagian lain dari tumbuhan sirsak yang kaya manfaat? Daun buah sirsak ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, telah terdapat beberapa penelitian yang mengkaji manfaat dan kandungan yang tersimpan di dalam daun sirsak ini.

Daun sirsak ini diakui mengandung ektrak yang bermanfaat dan banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama pembuatan obat tradisional.

Nah agar kamu tahu lebih banyak tentang buah sirsak, berikut Dream merangkum informasi mengenai manfaat dari daun sirsak yang dlansir dari beberapa sumber.

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak: Mengatasi Diabetes

 5 Manfaat Daun Sirsak, Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah mengatasi diabetes. Pola hidup yang semakin banyak mengonsumsi gula membuat diabetes menjadi penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia.

Diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang berbahaya sebab bisa mengakibatkan kematian pada si penderita.

Beberapa studi dan penelitian menyarankan para penderita diabetes mengonsumsi daun sirsak secara rutin untuk mengatasi penyakitnya. Cara mengonsumsi bisa dengan membuatnya menjadi teh herbal atau ekstrak daun sirsak dimasukkan ke dalam kapsul.

Daun sirsak ternyata bisa membantu mengontrol jumlah kadar glukosa di dalam darah seseorang.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak: Mengatasi Kolesterol

 5 Manfaat Daun Sirsak, Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah membantu mengatasi kolesterol yang bersarang di dalam tubuh seseorang. Beberapa riset menyatakan daun sirsak secara efektif membantu menurunkan kadar jumlah kolesterol jahat di dalam darah.

Daun sirsak ternyata mengandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi loh Sahabat Dream.

Untuk mengonsumsi daun sirsak sebagai pengendali kolesterol cukup mudah dilakukan. Kalian hanya perlu menyiapkan 1 gelas air yang direbus bersama beberapa lembar daun sirsak. Didihkan air tersebut dan matikan api jika dirasa air telah menjadi setengah gelas.

Minumlah air rebusan daun sirsak saat sedang dalam kondisi hangat dan konsumsi secara rutin paling tidak 2 kali dalam sehari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak: Mengobati Kanker

 5 Manfaat Daun Sirsak, Sayang untuk Dilewatkan

Salah satu manfaat daun sirsak yang satu ini mampu membuat sebagian besar orang menjadi tercengang. Daun sirsak disebut mampu mengobati kanker yang banyak menyerang tubuh seseorang.

Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penelitian yang dilakukan terhadap daun sirsak. Riset yang dirilis Food & Function menyatakan bahwa komponen bioaktif dalam daun sirsak mampu utnuk mendeteksi radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu saja, daun sirsak juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini berperan aktif membunuh sel kanker yang menyerang seseorang dengan cara menghambat produksi ATP (Adenosine Triphosphate)

Tidak heran, jika daun sirsak bekerja lebih efektif daripada melakukan perawatan kemoterapi untuk menyembuhkan kanker.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak: Mengatasi Asam Urat

 5 Manfaat Daun Sirsak, Sayang untuk Dilewatkan

Di era serba instan seperti saat ini, asam urat tak hanya menyerang orang tua saja. Mulai banyak remaja yang terserang penyakit ini. Sebagian menganggap penyakit asam urat merupakan penyakit yang sepele.

Asam urat sendiri akan menimbulkan rasa ngilu, linu, nyeri, kesemutan hingga bengkak pada area persendian baik itu di tangan maupun di kaki.

Penyakit asam urat yang tidak dapat ditangani dengan cepat dan benar bisa menyebabkan munculnya penyakit lain seperti gangguan pada ginjal hingga jantung koroner.

Salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Daun sirsak dipercaya mengandung Acetogenin, Caclourin, asam gentisic, Annocatalin serta asam Linoleate. Beberapa kandungan tersebut merupakan kandungan yang sangat berperan penting dalam mengobati asam urat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirsak: Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

 5 Manfaat Daun Sirsak, Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan seseorang. Daun sirsak memiliki kandungan berbagai macam vitamin, mineral, kalsium yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu saja, daun sirsak juga memiliki sifat sebagai antiinflamasi hingga antimikroba.

Mengonsumsi teh daun sirsak mampu membantu melancarkan sistem pencernaan dengan mencegah terjadinya sembelit, kembung, diare serta gangguan pencernaan lainnya.

Antimikroba yang terkandung di dalam daun sirsak juga mampu menyeimbangkan microflora pada usus.

Namun ingat ya Sahabat Dream. Jangan mengonsumsi teh daun sirsak secara berlebihan karena bisa berefek munculnya gangguan pencernaan lainnya.

(Sah, Sumber: doktersehat dan honestdocs)

Beri Komentar
Summer Style 2019