Jangan Panik Bila Ada Bintik-Bintik di Payudara, Ini Penyebabnya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 19 Agustus 2020 19:48
Jangan Panik Bila Ada Bintik-Bintik di Payudara, Ini Penyebabnya
Jangan panik dulu.

Dream - Berbagai perubahan kulit yang menjadi penanda kondisi kesehatan kita masih banyak yang belum diketahui publik. Salah satunya kondisi itu adalah munculnya bintik di sekitar areola yang sebagian besar dialami para perempuan.

Areola sendiri merupakan area gelap yang mengelilingi puting payudara. Jika di sekitar areola terdapat bintik-bintik, jangan panik dulu.

Ada beberapa penyebab ringan sampai kronis. Dilansir dari Sehatq.com, berikut beberapa penyebabnya.

 

 

1 dari 3 halaman

Kehamilan atau Perubahan Hormon

Hamil© Shutterstock.com

Bintik yang terlihat seperti jerawat dan dikenal dengan istilah kelenjar Montgomery ini bisa menjadi pertanda kehamilan.

Fungsinya adalah membuat puting tetap lembut. Kelenjar ini jugalah yang memberi aroma khas pada bayi untuk memberi sinyal menyusui.

Saat hamil atau mengalami perubahan hormon seperti menstruasi, mengonsumsi pil KB atau menopause, kelenjar ini akan membesar. 

2 dari 3 halaman

Pori-pori Puting dan Saluran Air Tersumbat

Ibu dan Anak© Shutterstock.com

Pori-pori tempat keluarnya ASI bisa tersumbat oleh gumpalan susu atau kulit. Sumbatan pori-pori puting yang disebabkan oleh kulit akan menyebabkan lepuhan susu.

Inilah yang akan menyebabkan munculnya bintik-bintik di sekitar areola. Bintik tersebut bisa berwarna kuning, pink hingga merah. 

Rasanya juga nyeri dan seperti tertusuk. Jika sumbatan tidak kunjung teratasi dengan cara alami atau menyusui, segera konsultasikan ke dokter.

3 dari 3 halaman

Tekanan Pada Payudara

Pemakaian bra ketat dan gendongan bayi yang kencang dapat menyebabkan tekanan pada payudara serta penyumbatan ASI.

Pakailah bra yang tidak terlalu ketat dan jangan memakai gendongan bayi terlalu kencang.

Abses Subareolar

Abses subareolar terjadi ketika terdapat penumpukan nanah pada jaringan payudara akibat infeksi bakteri. Biasanya, hal ini disebabkan oleh penanganan mastitis yang belum sempurna.

Infeksi bakteri yang terjadi ketika mengalami luka atau jerawat juga bisa menyebabkan hal ini. Penderita abses subareolar akan memiliki bintik pada payudara, merasa nyeri di sekitar areola, perubahan warna bintik serta pembengkakan kulit.

Jika mengalaminya, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar