Anak Meriang, Jangan Pergi ke Dokter Dulu

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 21 Juli 2017 06:30
Anak Meriang, Jangan Pergi ke Dokter Dulu
Namun para ahli menganjurkan para orang tua berhati-hati meredakan batuk buah hatinya dengan obat yang dijual di pasaran.

Dream – Orang tua mana yang tak sedih saat lihat buah hati sedang sakit. Perasaan was-was akan muncul manakala melihat anak tidak nafsu makan, lesu, menangis kesakitan. Menyaksikan kondisi itu, orang tuanya biasanya buru-buru membawanya ke dokter.

Padahal tahukah Sahabat Dream, tidak semua jenis penyakit yang diderita anak perlu penanganan dokter.

Beberapa penyakit yang sering dialami si kecil seperti batuk, pilek, dan demam sebetulnya muncul karena paparan bakteri, makanan yang tak sehat, dan perubahan cuaca yang tak menentu.

Dilansir Huffington Post, pertolongan pertama batuk pilek serta meriang bisa dilakukan di rumah. Namun ingat, para ahli tidak menganjurkan orang tua meredakan batuk buah hatinya dengan obat yang dijual di pasaran.

Mereka lebih menyarankan untuk memberikan campuran air hangat, madu, da jeruk nipis. Ramuan ini bisa melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi.

Madu mempunyai sifat anti-bakteri sedangkan jeruk nipis memperbaiki daya tahan tubuh anak.

Shutterstock© dream.co.id

Untuk anak usia dua hingga lima tahun, madu dan jeruk nipis dapat dikonsumi dengan takaran setengah sendok teh. Sedangkan enam sampai 11 tahun berkisar satu sendok makan.

Kemudian untuk usia di atas 12 tahun, ukuran mencapai dua sendok makan. Sedangkan anak berusia kurang dari dua tahun sebaiknya banyak mengonsumsi ASI karena belum bisa mencerna zat madu dan jeruk nipis dengan baik.

Salah satu cara yang dapat Sahabat Dream lakukan di rumah dalam mengatasi anak pilek yaitu dengan uap air hangat yang ditetesi minyak telon atau kayu putih. Matikan AC kamar si kecil dan ganti dengan emeber air panas yang telah ditambahkan minyak kayu putih.

Cara ini bertujuan melegakan pernafasan dan mengencerkan lendir pada anak.

Pemakaian herbal untuk menyembuhkan demam pada anak rupanya keliru karena suhu tubuh anak tak lekas turun, sebaiknya baluri tubuh anak dengan campuran minyak kayu putih dan parutan bawang merah.

Bila minyak kayu putih terlalu keras, orang tua bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Balurkan ramuan ini di punggung dan perut agar anak terasa nyaman. Agar demam lebih cepat turun, kompres dahi dengan air dingin dan pakaikan kaos kaki.

Kamu juga bisa memberikan Larutan Penyegar Cap Badak Anak, minuman produksi Sinde ini berfungsi mengobati panas dalam pada anak dan mengembalikan nafsu makan. Tak hanya itu, Larutan Penyegar Cap Badak Anak memperbaiki daya tahan tubuh sehingga cepat sembuh dari batuk pilek dan demam.

LPCB© dream.co.id

Mempunyai dua varian rasa, jambu dan strawberi, Larutan Penyegar Cap Badak Anak aman dikonsumsi sejak berusia enam bulan. Untuk anak berusia enam bulan hingga satu tahun, takarannya setengah kaleng tiga kali sehari selama masa penyembuhan.

Sedangkan anak 2-12 tahun berikan satu kaleng tiga kali sehari. Kini tak perlu khawatir saat anak demam, batuk, dan pilek, berikan Larutan Penyegar Cap Badak Anak.

Beri Komentar