Awas, Kanker Payudara Pria Lebih Bahaya dari Wanita

Reporter : Amrikh Palupi
Kamis, 12 Maret 2015 09:15
Awas, Kanker Payudara Pria Lebih Bahaya dari Wanita
Kaum pria pun berisiko mengalami kanker payudara. Bahkan kanker payudara pada pria jauh lebih ganas dari kanker payudara yang menyerang kaum perempuan.

Dream - Kanker payudara tak hanya menyerang para perempuan. Kaum pria pun juga berisiko mengalami kanker payudara. Bahkan kanker payudara pada kaum laki-laki terbilang lebih ganas.

“ Kanker payudara pada laki-laki lebih ganas karena dindingnya tipis,” kata Walta Gautama, ahli bedah onkologi Rumah Sakit Dharmais, di Jakarta, Rabu 11 Maret 2015.

Menurut Walta, permukaan payudara perempuan memiliki semacam bantalan atau jaringan yang memisahkan dengan otot. Sementara payudara laki-laki langsung menempel pada otot.

“ Kalau langsung nempel di otot, stadiumnya beda, langsung naik. Kalau di perempuan butuh waktu tidak secepat pada laki-laki,” tambah dia.

Namun baik laki-laki maupun perempuan hendaknya mewaspadai gejala kanker payudara. Kemunculan penyakit ini bisa dideteksi lebih awal. “ Tanda seperti benjolan kecil yang ada pada payudara yang bentuknya tidak bulat atau rata,” kata dia.

“ Biasanya padat, keras, dan berada pada satu sisi payudara. Itu bisa dicurigai sebagai kanker payudara,” tambah Walta.

Menurut dia, jika dirasakan secara seksama, benjolak itu tidak rata. Cukup sulit membedakan dengan benjolan normal yang ada pada payudara. “ Untuk lebih mengetahui, segeralah memeriksakan ke dokter untuk mengetahui apakan benjolan tersebut kanker payudara atau bukan,” tutur dia.

Selain benjolan, keluarnya cairan berwarna merah pada puting payudara bisa menjadi pertanda gejala kanker payudara. “ Kalau ada benjolan dan keluar cairan merah pada puting, itu sudah pasti terkena kanker payudara,” kata Walta. 

Beri Komentar