Bahaya di Balik Minum Es Saat Berbuka Puasa

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 16 Juni 2017 08:47
Bahaya di Balik Minum Es Saat Berbuka Puasa
Minum air dingin seolah bisa menghapus dahaga setelah kurang lebih 14 jam menahan haus dan lapar.

Dream - Minuman dingin seperti es buah, cendol, atau sekadar es teh memang terasa nikmat dikonsumsi saat berbuka puasa. Minum air dingin selalu dianggap sebagai penghapus dahaga setelah kurang lebih 14 jam menahan haus dan lapar.

Namun anggapan itu tak selamanya benar. Ternyata, minum es saat berbuka puasa tidak baik untuk kondisi tubuh.

Minuman dingin akan membuat kerja lambung melambat karena harus menyesuaikan air es dengan kondisi tubuh. Lambung yang telah lama tidak dimasuki makanan akan terkejut ketika menerima air dingin.

Air dingin akan menyebabkan perut kembung dan terasa penuh. Padahal, kita masih perlu mengonsumsi nutrisi cukup saat berbuka puasa.

Ketika berbuka, sebaiknya dahulukan minum air putih dengan suhu normal. Setelah itu, kamu bisa minum dan makan yang manis seperti teh manis atau kurma.

Shutterstock© dream.co.id

Sahabat Dream, kamu juga perlu menjaga asupan gula saat berbuka puasa. Saat sudah berbuka puasa dengan teh manis, sebaiknya mengurangi camilan legit atau hidangan manis lainnya.

Makanan yang dianjurkan adalah buah-buahan yang manis seperti kelengkeng. Buah punya kandungan air yang tinggi dan mampu menaikkan gula darah dalam waktu cepat setelah sekian jam berpuasa.

Untuk menyembuhkan panas dalam karena mengkonsumsi hidangan yang berlebihan, Larutan Penyegar Cak Badak bisa diminum setelah berbuka puasa. Larutan Penyegar telah mendapatkan pengakuan MUI sebagai minuman yang halal dikonsumsi.

LPCB© dream.co.id

Beri Komentar