`Banjir` Saat Haid, Hati-hati Endometriosis

Reporter : Kusmiyati
Senin, 31 Agustus 2015 15:26
`Banjir` Saat Haid, Hati-hati Endometriosis
Mengalami 'banjir' menstruasi yang juga disertai keluhan rasa nyeri, mungkin itu akibat endometriosis. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan.

Dream - Beberapa wanita mengalami 'banjir' menstruasi yang juga disertai keluhan rasa nyeri, mungkin itu akibat endometriosis. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman, Caroline Tirtajasa, kedua hal tersebut merupakan gejala endometriosis.

Untuk yang ingin hamil, menurut Caroline, penderita endometriosis sebaiknya jangan menunda kehamilan. Karena sifatnya yang terus kambuh walaupun sudah diterapi.

" Kalau sudah nyeri, banjir saat menstruasi itu perlu dilakukan pemeriksaan. Dikhawatirkan ada endometriosis, untuk itu perlu diperiksa. Untuk yang ingin hamil tentunya operasi terpaksa dilakukan dengan hanya mengangkat adenomiosisnya saja walaupun dengan risiko akan kambuh lagi dalam waktu sekitar 2 tahun," kata Caroline saat ditemui di Omni Hospital Pulomas, Jakarta, Senin 31 Agustus 2015.

Sementara untuk gejala klinis endometriosis yaitu nyeri saat haid, menstruasi yang banyak, nyeri saat berhubungan, nyeri panggul menahun, nyeri bokong, keluar darah di kotoran atau air seni saat haid dan nyeri menjalar dari perut bawah ke atas atau belakang.

" Kehamilan tidak dapat ditunggu tetapi harus diupayakan dengan berbagai macam program kehamilan, jangan menunda kehamilan," ujar Dr. Caroline

Endometriosis adalah penyakit inflamasi yang ditemukan adanya jaringan endometrium atau dinding dalam rahim di tempat yang tidak seharusnya.

" Endometriosis itu ada jaringan endometrium biasa di indung telur, otot rahim, selaput dinding panggul dan organ lainnya. Penyakit ini ditandai dengan nyeri saat haid ataupun menstruasi yang banyak," katanya.

Penyakit ini dibagi menjadi stadium I-II dan stadium III-IV, pada stadium I-II menurut Caroline, endometriosis ditemukan hanya berupa bercak-bercak endometriosis di dinding perut atau panggul sedangkan pada stadium III-IV endometriosis ditemukan berupa kista endometriosis di ovarium atau adenomiosis di otot rahim. (Ism)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen