Buang Makanan yang Dihinggapi Lalat, Ngeri Lihat Bahayanya!

Reporter : Irma Suryani
Kamis, 27 April 2017 08:15
Buang Makanan yang Dihinggapi Lalat, Ngeri Lihat Bahayanya!
Jika makanan dihinggapi lalat, jangan dimakan.

Dream - Reaksi sebagian orang saat melihat lalat hinggap pada makanan adalah mengusirnya. Setelah lalat pergi, aktivitas makan berlanjut. 

Tampaknya hal itu perlu kita pikirkan kembali. Karena hampir setiap lalat yang hinggap di makanan juga memuntahkan isi perutnya.

Meski berukuran kecil, lalat dihinggapi banyak bakteri dan kuman. Satu ekor lalat rata-rata membawa 200 jenis bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Sebagian bakteri tersebut berasal dari feses dan makanan busuk yang mereka hinggapi sebelumnya.

Tim peneliti di University of Florida sebelumnya menemukan lalat mengandung bakteri penyebab infeksi pernafasan dan keracunan makanan. Mereka melakukan percobaan dengan lalat yang hinggap di tempat sampah dan pintu masuk di empat restoran.

Hasilnya sungguh mengejutkan. Tim peneliti itu menemukan lebih banyak penyakit dari yang mereka duga.

 

1 dari 2 halaman

Cuma Butuh Sedetik

Ron Harrison dari Lembaga Pengendalian Hama Orkin, mengatakan, " Lalat-lalat itu hanya perlu menyentuh makanan Anda sedetik dengan kaki atau rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh mereka, untuk menularkan kuman dari semua benda menjijikkan di mana mereka hinggap sebelumnya.

" Dan karena lalat dapat menularkan penyakit serius dan menular seperti kolera, disentri, dan tipus, mungkin lebih baik jika Anda menghindari makan makanan yang pernah dihinggapi lalat."

Lalat juga dapat menularkan salmonella, antraks dan TBC.

 

2 dari 2 halaman

Bagian yang Mengerikan

Tidak hanya itu, lalat diketahui juga bisa membawa telur cacing parasit di kaki dan tubuhnya.

Tim peneliti mengatakan orang dewasa yang sehat bisa melawan bakteri dibawa lalat. Tapi anak-anak, orang tua dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah (termasuk orang yang sedang sakit atau menjalani kemoterapi) berisiko tertular kuman yang dibawa lalat.

Jika merasa sayang dengan makanan, Anda mungkin hanya perlu membuang bagian yang dihinggapi lalat saja.

 

(Sumber: metro.co.uk)

Beri Komentar