Buku Fisik atau Digital, Mana Lebih Baik untuk Anak?

Reporter : Ervina
Rabu, 26 November 2014 17:05
Buku Fisik atau Digital, Mana Lebih Baik untuk Anak?
Buku digital dinilai sangat praktis. Namun, apakah keberadaan buku digital telah menggeser fungsi buku fisik?

Dream - Kemajuan teknologi mendorong perkembangan buku digital. Alat ini diyakini mampu membantu menumbuhkan dan mengembangkan minat baca, terutama pada anak-anak. Terlebih lagi, buku digital dinilai sangat praktis.

Meski demikian, bukan berarti buku fisik sudah tergusur fungsinya. Buku konvensional itu tetap penting untuk menunjang minat baca anak-anak. Ada saat tertentu yang membuat anak-anak lebih membutuhkan buku fisik sebagai sumber bacaan.

" Buku fisik terutama dibutuhkan misalnya untuk membaca materi pelajaran, karena secanggih apapun teknologi pasti ada keterbatasan dan dampaknya bagi anak," kata Dinny Resmiati, Kepala Bidang Layanan Otomasi Perpustakaan dan Kearsipan Jawab Barat dalam acara UI Islamic Book Fair di Depok, Rabu 26 November 2014.

Salah satu keterbatasan yang dimiliki buku digital adalah ketergantungan pada koneksi internet. Faktor inilah yang membuat akses buku digital tidak semudah menggunakan buku fisik. Tak hanya itu, penggunaan keduanya juga harus dilihat dari segi prioritas.

" Ada saat-saat tertentu buku fisik lebih dibutuhkan anak misalnya saat di rumah, sementara kalau e-book bisa diakses untuk mengusir rasa bosan saat menunggu di perjalanan. Jadi keduanya saling melengkapi dan ada kelebihan kekurangan juga," ucap Dhinny yang hadir mewakili Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, itu. (Ism)

Beri Komentar