Takut Kondom Bocor, Berikut Cara Mencegah Kehamilan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 24 Juni 2019 18:48
Takut Kondom Bocor, Berikut Cara Mencegah Kehamilan
Meski dianggap efektif, pemakaian kondom untuk mencegah kehamilan tidak terjamin seratus persen.

Dream - Alat kontrasepsi biasanya dipakai para istri untuk mengatur pola kelahiran keluarga. Berbagai jenis alat kontrasepsi bisa dipilih pasangan suami istri sesuai dengan kondisi tubuhnya. 

Tak semua alat kontrasepsi memang cocok dengan kondisi tubuh wanita. Ada yang bisa membuat wajah berjerawat atau tubuh melar setelah menggunakannya. Sebagian lagi merasa malas harus rutin mengonsumsi pil KB.

Beberapa pasangan suami istri memilih untuk menggunakan kondom karena diyakini bisa mencegah terjadinya kehamilan. Selain itu kondom juga berfungsi untuk melindungi diri dari kemungkinan tertular penyakit kelamin.

Sayangnya, meski dianggap efektif, pemakaian kondom untuk mencegah kehamilan tidak menjamin seratus persen takkan terjadi pembuahan. Ada kalanya wanita bisa hamil meski memakai kondom saat melakukan hubungan intim.

Lantas mengapa kehamilan bisa terjadi padahal sudah menggunakan kontrasepsi? Berikut penjelasannya yang dilansir Dream dari OnlyMyHealth.com.

 

1 dari 6 halaman

Tetap Bisa Hamil Meski Pakai Kondom

Kondom bisa saja robek sehingga sperma bisa bocor keluar dan bertemu dengan sel telur. Jika sudah begini, wanita bisa hamil akibat terjadi pembuahan sperma terhadap sel telur.

Karena itulah sangat penting untuk memeriksa kondisi kondom meski saat berhubungan intim. Kalau kondom robek, maka pasangan pria harus menggantinya dengan yang baru.

Lantas bagaimana jika kondom robek dan sperma terlanjur bocor keluar?

 

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Kondom yang Bocor

Terkadang kita tidak sempat memeriksa kondisi kondom saat berhubungan intim. Ketika kondom sudah robek, maka sperma bisa bocor keluar. Ini akan berpotensi terjadinya kehamilan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa trik yang perlu dilakukan oleh pasangan wanita.

1. Membuang Kelebihan Sperma

Pasangan wanita bisa segera berdiri tegak jika merasa kondom robek sehingga sperma bocor keluar. 

Posisi ini akan mencegah terjadinya kehamilan. Jangan biarkan sperma masuk. Tetap berdiri tegak dan biarkan gravitasi bekerja untuk menarik sperma keluar dari Miss V.

2. Membersihkan Sperma di Miss V

Cara lain untuk mencegah kehamilan jika kondom bocor adalah membersihkan sperma yang berada di dalam Miss V. Ingat, peluang Anda untuk hamil tergantung pada banyaknya sperma yang masuk ke dalam Miss V.

 

3 dari 6 halaman

3. Minum Obat Kontrasepsi Darurat

Jika kondom bocor, obat kontrasepsi darurat dapat memberimu kesempatan kedua untuk mencegah kehamilan. Namun ingat, meski obat kontrasepsi darurat tersedia tanpa resep dokter, tetapi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Pastikan untuk minum obat kontrasepsi darurat dalam waktu 72 jam setelah melakukan berhubungan intim. Jika terlalu lama, obat kontrasepsi darurat jadi tidak efektif lagi untuk mencegah kehamilan.

Sebagian besar organisasi kesehatan wanita merekomendasikan untuk menyimpan obat kontrasepsi darurat kapan pun saat dibutuhkan.

(Sah, Sumber: onlymyhealth.com)

4 dari 6 halaman

OMG! Alat Kontrasepsi Dipakai Warga Kuba Buat Tambal Ban

Dream – Alat kontrasepsi ternyata tak hanya bsia digunakan saat berhubungan intim pasangan suami istri. Di tangan para pecinta otomotif, benda ini ternyata bisa menjadi “ pelindung” yang lain.

Dilansir dari Otosia, Senin 10 September 2018, di Kuba, masyarakatnya menggunakan kondom sebagai alat tambahan reparasi ban. Pelumas yang ada di barang ini juga digunakan untuk memoles mobil agar tambah kinclong.

Tak hanya di sektor otomotif, kondom juga berfungsi untuk fermentasi anggur, mengikat rambut, dan balon ulang tahun. Bahkan, alat ini juga bisa membantu nelayan mencari ikan.

Kuat dan elastis menjadi alasan utama.

Teknik unik yang digunakan rakyat Kuba ini tak lepas dari kondisi negaranya yang pernah terkena sanksi perdagangan oleh Amerika Serikat. Warga Kuba harus berpikir beberapa kali dan memanfaatkan sejumlah barang yang ada, termasuk kondom.

Benda ini juga dijual murah karena pemerintah turut memberikan subsidi. Satu kotak alat kontrasepsi hanya dijual 4 sen dolar AS.

5 dari 6 halaman

Pasang Ban Dalam Tanpa Angin Sama Sekali Ternyata Keliru?

Dream – Bagi pengendara sepeda motor, kamu tentu pernah mengalami kejadian ban bocor. Selain terkena benda tajam, kebocoran ternyata bisa dipicu juga oleh ban dalam yang terlipat.

Mengalami ban bocor saat tengah dalam perjalanan tentu mengesalkan. Apalagi jika di lokasi tidak ada tukang tambal ban atau bengkel. 

Dikutip dari laman Suzuki, Kamis 30 Agustus 2018, ban dalam yang terlipat bisa terjadi karena faktor ukuran yang tidak sesuai dengan ban luar. Alhasil, sebagian ruang ban dalam tak terisi angin sehingga terlipat.

Selain ukuran, pemasangan velg yang tak sempurna ketika mengganti ban atau tambal ban juga bisa memicu kondisi tersebut.

Nah, menemukan ban dalam terlipat, bagaimana cara mengakalinya?

Pertama kamu harus memastikan ukuran ban dalam sesuai dengan ban luar. Tak hanya itu, pastikan juga ukuran pelek sesuai dengan ban luar kendaraanmu. Intinya, semua komponen roda harus seukuran. Kalau di bengkel tak ada, jangan memaksakan diri.

6 dari 6 halaman

Kalau Salah Pasang?

Pernah melihat petugas tambal ban yang memasang ban dalam dalam keadaan tanpa angin? Untuk memastikan ini, mereka mencopot dulu pentil ban, baru dipasangkan ke luar.

Ternyata, cara ini salah, guys.

Yang tepat, ban dalam harus dalam kondisi terisi sedikit angin ketika dipasang. Cara ini memang sedikit merepotkan dan memperlambat proses pemasangan. Tapi, trik ini merupakan cara paling tepat agar permukaan ban tertarik sempurna dan tak terlipat ke dalam. Cara ini juga menurunkan risiko ban bocor karena terlipat.

Kalau mau lebih maksimal, kamu bisa sedikit memberikan bedak antara ban dalam dan lapisan dalam ban luar agar tak seret dan posisinya mudah diatur. Atau, kamu juga bisa menggunakan ban tubeless. Ban ini tak menggunakan ban dalam, sehingga aman dari sobekan akibat ban dalam yang terlipat. 

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie