Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Manfaatnya Untuk Ibu Muda

Reporter : Sugiono
Jumat, 14 September 2018 14:16
Cara Menghitung Usia Kehamilan dan Manfaatnya Untuk Ibu Muda
Ada 5 cara menghitung usia kehamilan dan manfaatnya untuk ibu muda yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya. Cara ini juga bisa jadi panduan untuk memperkirakan tanggal lahir sang buah hati.

Dream - Menantikan lahirnya buah hati merupakan kebahagiaan yang tak terkira bagi pasangan yang sudah menikah. Apalagi jika proses penantian kelahiran tersebut memakan waktu yang lama.

Karena itulah wanita yang hamil tidak hanya dituntut untuk bisa menjaga kesehatan kandungannya. Tapi mereka juga harus tahu usia kehamilan bayi yang dikandungnya.

Bicara tentang cara menghitung usia kehamilan, ada sebagian wanita yang ketika hamil rutin ke dokter untuk mengetahui usia kandungan. Namun ada juga yang jarang ke dokter karena alasan tidak ada waktu atau tidak ada biaya.

Nah bagi Sahabat Dream yang jarang ke dokter, bisa menghitung sendiri usia kehamilannya. Yuk, kita simak bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Ada 5 cara menghitung usia kehamilan dan manfaatnya untuk ibu muda yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya.

1 dari 6 halaman

Cara menghitung usia kehamilan dengan kalender (Rumus Naegele)

Dream - Sebelum mulai menghitung usia kehamilan dengan kalender (Rumus Naegele), kamu harus tahu dulu siklus haid kamu.

Sebenarnya Rumus Naegele ini tidak tepat jika dipakai untuk mengetahui usia kehamilan karena rumus ini dibuat untuk menentukan hari perkiraan lahir atau disingkat HPL.

Namun dari HPL itulah kita bisa mengetahui bulan pertama usia kandungan wanita yang sedang hamil.

Cara menghitung usia kehamilan dengan Rumus Naegele biasanya digunakan pada wanita dengan siklus haid yang teratur seperti setiap 28 hari atau 30 hari. Hal yang pertama perlu dilakukan adalah mengetahui hari pertama haid terakhir atau biasa disingkat dengan HPHT.

 Cara menghitung usia kehamilan dengan kalender

Nama rumus ini berasal dari nama penemunya, Franz Karl Naegele, dokter kandungan di Jerman yang hidup di abad 19.

Cara menghitung usia kehamilan dengan Rumus Naegele ini ada dua macam. Rumus pertama jika HPHT ada di bulan Januari sampai Maret. Rumus yang kedua jika HPHT ada di bulan April sampai Desember.

Cara menghitung usia kehamilan dengan Rumus Naegele 1:

Jika HPHT ada di bulan Januari sampai Maret, maka HPHT ditambah 7, bulan HPHT ditambah 9 sementara tahun HPHT tetap. Misalnya, HPHT adalah 20 Januari 2018, maka perkiraan hari kelahiran buah hati Sahabat Dream adalah sebagai berikut:

Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)
Bulan HPHT ditambah 9 (+9)
Tahun HPHT tetap

Contoh:

HPHT 20 Januari 2018
Tanggal HPHT 20+7=27
Bulan HPHT 1+9=10
Tahun HPHT 2018
Maka hari perkiraan lahir adalah 27 Oktober 2018

Lalu bagaimana cara mengetahui usia kandungan? Cukup dengan menambahkan bulan HPHT.

Misal:

HPHT 20 Januari 2018 maka bulan pertama usia kandungan adalah 20 Februari 2018.

Cara menghitung usia kehamilan dengan Rumus Naegele 2:

Jika HPHT ada di bulan April sampai Desember, maka hari HPHT ditambah 7, bulan HPHT dikurang 3, dan tahun HPHT ditambah 1. Misalnya, HPHT adalah 20 Juni 2018, maka perkiraan hari kelahiran buah hati Sahabat Dream adalah sebagai berikut:

Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)
Bulan HPHT dikurang 3 (-3)
Tahun HPHT ditambah 1 (+1)

Contoh:

HPHT 20 Juni 2018
Tanggal HPHT 20+7 = 27
Bulan HPHT 6-3=3
Tahun HPHT 2018+1=2019
Maka hari perkiraan lahir adalah 27 Maret 2019

2 dari 6 halaman

Cara menghitung usia kehamilan dengan Sistem Fundus Uteri

Dream - Cara menghitung usia kehamilan dengan Sistem Fundus Uteri dihitung dari tingginya rahim. Puncak rahim akan meninggi seiring dengan perkembangan janin. Cara ini merupakan cara menghitung usia kehamilan secara manual.

 Cara mengetahui usia kehamilan dengan Sistem Fundus Uteri

Caranya adalah dengan meraba puncak rahim yang terasa menonjol pada bagian perut. Hitung jaraknya dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Jika jaraknya adalah 17 cm, maka usia kehamilan 17 minggu.

Berikut adalah patokan standar sebagai panduan cara menghitung usia kehamilan dengan Sistem Fundus Uteri:

Tinggi Fundus Uteri = Umur Kehamilan
3 jari di atas simfisis = 12 minggu
Pertengahan simfisis-pusat = 16 minggu
3 jari di bawah pusat = 20 minggu
Setinggi pusat = 22 minggu
2 jari di atas pusat = 28 minggu
Pertengahan pusat-prosesus xifoideus = 34 minggu
Setinggi prosesus xifoideus = 36 minggu
2 jari (4cm) di bawah prosesus xifoideus = 40 minggu

Keterangan:

Simpisis merupakan tulang yang menonjol di atas kemaluan. Sedangkan prosesus xipoideus merupakan ujung tulang dada paling bawah.

Jika mengukur menggunakan pita ukur, angka nol diletakkan pada simpisis ditarik ke atas sampai dengan puncak rahim (TFU). Pengukuran ini untuk usia kehamilan lebih dari 22 minggu, ketika TFU telah melebihi pusat.

3 dari 6 halaman

Cara menghitung usia kehamilan dengan deteksi gerakan janin

Dream - Cara menghitung usia kehamilan secara manual selanjutnya adalah dengan mendeteksi gerakan janin. Namun perlu diingat bahwa cara ini tidak 100 persen akurat.

 Cara menghitung usia kehamilan dengan deteksi gerakan janin

Caranya pun sangat mudah sesuai dengan namanya:

  • Kamu hanya perlu merasakan gerakan janin

  • Jika kamu merasa bahwa janin sudah mulai bergerak maka diperkirakan usia kehamilannya adalah 18-20 minggu

  • Hal ini hanya berlaku bagi wanita yang baru pertama kali hamil

  • Bagi wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil, jika sudah bisa merasakan gerakan janin, maka usia kehamilan diperkirakan 16-18 minggu.

4 dari 6 halaman

Cara menghitung usia kehamilan dengan Rumus 4 1/3

Dream - Cara menghitung usia kehamilan secara manual berikutnya adalah dengan Rumus 4 1/3. Cara ini tetap membutuhkan informasi mengenai hari pertama terakhir haid (HPHT). Caranya pun mudah dengan menggunakan rumus berikut ini:

Umur kehamilan {(Tanggal sekarang-HPHT) x (4 1/3)}

Contoh:

Sekarang tanggal 14 September 2018 (14-9-2018)
HPHT 5 April 2018 (5-4-2018)

Maka,

(tanggal-tanggal), (bulan-bulan) x 4 1/3
(14-5) (9-4) x 4 1/3
9 hari, 5 bulan x 4 1/3
Kemudian yang dikalikan hanya bulannya saja menjadi 5 x 4
(5 x 4) + (5 x 1/3)
20 + 1.6
21.6 minggu

Lalu kita tambahkan dengan 7 hari yang berarti 1 minggu.
Maka usia kehamilan adalah 22.6 minggu atau 5 bulan lebih 6 minggu.

Nah, menghitung usia kehamilan dengan Rumus 4 1/3 mudah, bukan? Selain dengan rumus secara manual, kita juga memakai cara menghitung usia kehamilan menggunakan kalkulator kehamilan online.

5 dari 6 halaman

Cara menghitung usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan online

Dream - Cara yang satu ini bisa menjadi solusi jika ingin mendapatkan hasil perhitungan yang cepat dan tidak ingin repot.

Jika sedang mencari cara menghitung usia kehamilan dalam minggu ataupun cara menghitung usia kehamilan dalam bulan bisa memanfaatkan metode ini.

 Cara menghitung usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan

Kalkulator kehamilan bisa dicari dengan mudah di Internet secara gratis. Cara menghitung usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan ini terbilang mudah.

Sahabat Dream hanya diminta untuk memasukkan tanggal, bulan dan tahun hari pertama haid terakhir (HPHT) dan siklus haid. Setelah itu sistem akan menghitungnya secara otomatis dan menampilkan hasil perhitungannya.

6 dari 6 halaman

Manfaat mengetahui usia kehamilan bagi calon ibu

Dream - Berikut adalah beberapa alasan calon ibu harus tahu usia kehamilan yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Memberikan asupan gizi yang tepat yang sedang dibutuhkan oleh janin

 Manfaat mengetahui usia kehamilan bagi ibu muda

Selama hamil, ada makanan yang harus dikonsumsi dan ada pula makanan yang harus dihindari oleh wanita hamil. Hal ini dilakukan untuk memenuhi gizi dan menjaga kesehatan bagi janin dan ibunya.

Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sudah pasti berbeda sesuai dengan usia kandungan. Karena itulah penting bagi ibu untuk mengetahui usia janin yang tengah dikandungnya.

Beraktifitas sesuai yang diperbolehkan

Sama halnya dengan makanan, aktivitas pun juga harus disesuaikan dengan usia janin. Pada usia kehamilan trisemester pertama, ada beberapa aktivitas yang harus dihindari karena dapat memungkinkan terjadinya goncangan yang dapat berbahaya bagi janin. Hal-hal yang harus dihindari ketika hamil muda, bisa dilakukan ketika sudah masuk pada trisemester kedua dan ketiga.

Mengetahui hari perkiraan lahir (HPL)

Tentu saja ketika hamil, yang dinanti-nantikan adalah hari kelahiran. Nah, dengan mengetahui cara menghitung usia kehamilan, maka perkiraan hari kelahiran bayi dapat diprediksi dengan tepat.

Mempersiapkan kebutuhan bayi

Manfaat lain dari mengetahui cara menghitung usia kehamilan adalah dapat mempersiapkan kebutuhan bayi dengan tepat. Maksudnya tepat adalah tahu kapan harus mempersiapkan kebutuhan bayi yang akan lahir ini. Tidak mempersiapkan kebutuhan bayi terlalu cepat atau mendadak.

Demikianlah 5 cara menghitung usia kehamilan dan berbagai manfaatnya. Tapi disarankan untuk secara rutin memeriksakan diri ke dokter, karena bagaimana pun juga, cara menghitung usia kehamilan yang sudah dipaparkan di atas tidak dijamin 100 persen akurat.

Cara menghitung usia kehamilan ini hanya sebagai salah satu cara untuk menyongsong kelahiran buah hati tercinta. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar
Detik-Detik Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju