Cara Tepat Menikmati Makanan Pedas

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 26 November 2017 16:15
Cara Tepat Menikmati Makanan Pedas
Selain rasa, aroma yang muncul dari makanan pedas kerap menggugah selera.

Dream - Sensasi pedas dan panas di mulut, memang selalu pilihan buat para 'spicy lover'. Semakin pedas makanan, biasanya si pecinta kuliner ini makin bahagia.

Dikutip dari LifeHacker makanan pedas merupakan makanan terbaik dengan sensasi pengalaman berbeda. Selain rasa, aroma yang muncul dari makanan pedas kerap mengundang air liur menetes.

Rasa pedas muncul karena zat capsaicin yang terkandung dalam cabai atau paprika. Zat inilah yang merangsang reseptor rasa sakit hingga menciptakan sensasi panas.

Capsaicin ini juga yang bikin kepala terasa pusing usai mencicipi makanan pedas. Tetapi, rasa sakit yang ditimbulkan capsaicin inilah penambah cita rasa dari masakan tersebut.

Lantas bagaimana cara tepat untuk menikmati makanan pedas itu?

 shutterstock

Yang harus dilakukan ialah mencicipi secara perlahan-lahan. Seperti yang ditunjukkan The Kitchen, semakin banyak capsaicin akan memunculkan reaksi yang kuat.

Jadi, alangkah baiknya cicipi makanan pedas secara perlahan agar lidah dan mulut mengetahui kadar pedas.

Efek makanan pedas hanya bertahan sekitar 15 menit. Seandainya kamu sedang mengemil makanan pedas maka kamu akan mengingat rasa pedas itu.

Biarkan rasa panas dan pedas pada mulut itu berlalu. Kemudian lanjutkan lagi.

Trik lain untuk merasakan makanan pedas yaitu menciptakan merasakan lezatnya bumbu-bumbu yang menjadi campuran makanan itu.

Cara ini dapat membantu `melupakan` sejenak rasa pedas yang terasa menyengat.

Tetapi, bagi yang memiliki kondisi maag buruk jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini. Cukup cicipi sekadarnya.

Selain dapat mengganggu lidah, rasa pedas juga dapat menganggu lambung dan berakibat pada dehidrasi.

Nah, bagi Sahabat Dream yang gemar mengonsumi makanan pedas ada baiknya siapkan Larutan Penyegar Cap Badak.

 lpcb

Kandungan Gypsum Fibrosum, Cornu Antelopis, dan Galcareus Spar, dalam Larutan Penyegar Cap Badak mampu membentengi tubuh dari kekurangan mineral penting yang dapat melawan bibir pecah-pecah, sariawan, hingga sembelit. Rasakan kesegarannya di sini.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary