CONNECT WITH US!
CONNECT WITH US!

Gemar Jajan? Selektif Agar Tak Konsumsi Timbal

Reporter : Dwi Ratih | Jumat, 21 April 2017 18:43
(Foto: Siomay/masakanpraktis.com)
Gangguan kesehatan yang Anda alami belum tentu disebabkan oleh bakteri pada makanan, mungkin saja Anda telah mengonsumsi logam berat tanpa Anda menyadarinya.

Dream - Sahabat Dream, siapa sih yang tak suka jajan atau membeli makanan yang dijual di pinggir jalan kadang kita lakukan?

Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga mudah tergoda melihat ragam makanan yang dijual di tepi jalan. Apalagi di waktu kritis seperti jam makan siang atau pulang kantor. Siomay, batagor, ketoprak, sate, semua tampak menggiurkan.

 Ketoprak/Kaskus

Foto: Ilustrasi gerobak ketoprak/Kaskus

Sahabat Dream pernah sakit perut setelah jajan, bahkan sampai buang-buang air? Biasanya kita menyimpulkan kalau makanan yang barusan dikonsumsi itu kotor atau tidak diproses dengan baik.

Namun, selain dua hal itu ada satu penyebab yang jarang kita pikirkan, yaitu jajanan Anda telah terpapar oleh logam berat. Bagaimana mungkin?

Dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, terbukti, meskipun tidak melampaui ambang batas maksimum, makanan yang dijual di pinggir jalan mengandung timbal. Terutama makanan yang dijual tanpa penutup.

Untuk Sahabat Dream ketahui, logam berat seperti Timbal (Pb), Merkuri atau Air Raksa (Hg), Arsenik (As), dan Cadmium (Cd) sangat bahaya bagi tubuh karena selain selain ukurannya sangat kecil, juga bersifat  toksik dan punya sifat bioakumulasi atau cenderung terakumulasi lebih cepat daripada kemampuan tubuh untuk membuangnya, dampaknya akan merusak organ terutama darah

Dampaknya adalah timbul penyakit seperti kanker, kerusakan saraf, paru-paru, gagal ginjal, menurunnya tingkat kecerdasan, anemia, pengeroposan tulang hingga kemandulan.

Apa yang harus dilakukan?

Timbal sendiri berasal dari asap pembuangan kendaraan bermotor. Semakin dekat lokasi berjualan dengan pinggir jalan, dan semakin ramai situasi jalan, tentu saja berdampak pada semakin tingginya kandungan timbal dalam makanan.

Oleh karena itu Sahabat Dream harus lebih selektif dalam membeli makanan. Perhatikan lokasi tukang jajanan jangan yang terlalu dekat dengan jalan, apalagi jalanan kota besar yang selalu macet.

Cari juga makanan yang ditutup. Atau untuk lebih amannya, buat sendiri dan bawa makanan dari rumah.

Detoksifikasi

Lalu, bagaimana cara mengatasi logam berat yang mungkin sudah masuk ke tubuh selama ini?

Ada tiga hal utama yang mudah dilakukan Sahabat Dream:

Poin pertama dan kedua barangkali kita sudah mengetahuinya, tapi yang sering dianggap sepele adalah menjalani gaya hidup yang sehat dan pola makan yang baik untuk mendetoksifikasi racun-racun dalam tubuh kita.

Tapi, tentunya butuh waktu untuk membersihkan racun sudah bertahun bahkan puluhan tahun mengendap.

Untungnya saat ini ada produk kesehatan yang dapat membantu mempercepat proses detoksifikasi. Untuk lebih jelasnya dapat di klik di sini.

 Ginsamyong

Cooking With Filma - Risoles

Rekomendasi Pilihan



Kisah Abu Bakar As Shiddiq, Sahabat Terdekat Rasulullah

Selasa, 27 Juni 2017 18:04

Abu Bakar begitu setia menemani Rasulullah hingga Sang Junjungan Umat itu meninggal.

Elektabilitas Azwar Anas di Cawagub Pilgub Jatim Tertinggi

Selasa, 27 Juni 2017 16:24

Anas punya beberapa faktor yang mendukung sebagai cawagub Jatim.

Tutorial Makeup Natural untuk Tampil Cantik Saat Lebaran

Selasa, 27 Juni 2017 16:02

Riasan tipis seperti yang dikenakan Irna Dewi ini bisa membuat wajah tetap terlihat fresh sepanjang hari.

Cerita di Balik Teriakan Atap Masjid Runtuh

Selasa, 27 Juni 2017 15:48

Teriakan ini membuat pengunjung masjid panik.

Ini yang Dibahas GNPF-MUI Saat Bertemu Presiden

Selasa, 27 Juni 2017 15:36

Jokowi menjelaskan tuntutan persoalan ekonomi yang digugat GNPF-MUI.

Viral, Aksi Polisi Hadang Bus Pakai Motor Trail

Selasa, 27 Juni 2017 14:00

Seperti apa aksinya?