Hipertensi Harus Dikontrol dengan Obat, Ini Alasannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 24 Februari 2020 18:42
Hipertensi Harus Dikontrol dengan Obat, Ini Alasannya
Hipertensi tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol.

Dream - Tekanan darah tinggi atau hipertensi seringkali dianggap sepele. Padahal kondisi tersebut bisa menyebabkan masalah komplikasi yang berat seperti strok. Pengobatan rutin sangat penting dilakukan pada pasien hipertensi.

Banyak yang mengira bahwa setelah mengonsumsi obat hipertensi dan kondisi tekanan darah normal, pengobatan bisa dihentikan. Padahal tak demikian, kondisi tekanan darah yang normal hanya sementara. Jika berhenti minum obat maka tekanan darah akan naik lagi.

“ Hipertensi seumur hidup tidak sembuh, jadi hampir tidak mungkin sembuh dan mengonsumsi obat seumur hidup,” ujar dr. Erwinanto, SpJP(K), Anggota Perhimpunan Hipertensi Indonesia, di Jakarta, Senin 24 Februari 2020.

Hipertensi juga dapat menimbulkan penyakin kronis lainnya seperti jantung, strok diabetes dan gagal ginjal. Banyak sekali pasien tidak menyadari akan hal itu.

Hipertensi tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol. Orang yang mengidap penyakit hipertensi dapat mengontrol dengan cara menjalani hidup sehat dan tidak berhenti untuk mengonsumsi obat.

 

1 dari 6 halaman

Pilihan obat hipertensi

Untuk di Indonesia, melalui Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) pada 2018 memperlihatkan prevalensi hipertensi di Indonesia mencapai 34,1 persen yang mengindikasikan adanya peningkatan penyakit hipertensi di Indonesia. Hipertensi dapat menyebabkan kematian secara tiba-tiba.

 Menarini© Dream

Untuk meningkatkan kesadaran terkait penanganan hipertensi, Menarini Indonesia baru saja merilis hasil penelitian BENEFIT yaitu manfaat setelah 24 minggu penggunaan nebivolol untuk pasien hipertensi dengan berbagai komorbiditas dan lingkungan perwatan di Korea. Penelitian tersebut mengevaluasi efektivitas dan profil keamanan nebivolol pada pasien hipertensi sesuai kondisi praktik dokter sehari-hari dengan skala besar.

“ Dengan berbagi hasil penelitian BENEFIT ini kepada masyarakat luas, kami berharap bisa membantu para dokter di Indonesia dalam melayani pasien dengan memberikan mereka akses terhadap riset dan pengetahuan baru,” ujar Reinhard Ehrenberger, Presiden Direktur Menarini Indonesia, di Jakarta, Senin 24 Februari 2020.

Nebivolol merupakan jenis obat hipertensi betablocker generasi terbaru. Dibandingkan dengan generasi betablocker sebelumnya, nebivolol diklaim memiliki efek samping yang lebih baik, termasuk efek pada fungsi seksual.

Laporan Cindy Azari

2 dari 6 halaman

5 Langkah Agar Terhindar dari Tekanan Darah Tinggi

Dream - Meningkatnya penderita hipertensi di Indonesia tiap tahunnya sangat mengkhawatirkan. Hal ini karena hipertensi menjadi 'pintu pembuka' penyebab komplikasi penyakit lainnya seperti jantung, strok, dan ginjal.

“ Hipertensi itu terbagi menjadi primer dan sekunder. Hipertensi primer biasanya keturunan sedangkan yang sekunder, biasanya ada keluhan pada organ tubuh, seperti pada jantung, ginjal, dan otak. Oleh sebab itu, kontrol dalam konsumsi garam sangat penting dilakukan,” kata Dr. dr. Yuda Turuna, Sp.S di acara kampanye CERAMAH di Jakarta, 19 September 2019.

Untuk itu penting untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Jika hasilnya menuju hipertensi atau sudah hipertensi, segera konsultasi dengan dokter. Penting juga untuk menjaga tekanan darah dengan lima langkah berikut.

3 dari 6 halaman

Olahraga

 Olahraga Kecil Atasi Ketegangan Otot Saat Bekerja© MEN


Olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda santai, jogging atau jalan santai. Lakukan olahraga ringan selama 30-40 menit selama 3 kali dalam seminggu.

4 dari 6 halaman

Diet Seimbang

 Resep Menu Diet Sehat Siang Hari © MEN

Bagi penderita darah tinggi, konsultasi juga ke dokter gizi untuk mendapatkan diet yang sesusai. Perbanyaklah makanan yang mengandung kalium, kalsium dan magnesium.

“ Penderita hipertensi harus menjaga pola diet, kurangi konsumsi garam dan perbanyak sabu-sabu (sayur dan buah),” ujar dr. Tunggul Situmorang SpPD-KGH.

5 dari 6 halaman

Jangan Banyak Konsumsi Garam dan Sodium

 Garam Jangan Sampai Setengah Sendok Makan© MEN

Jika memang sulit untuk tidak makan garam, lebih baik kurangi takaran garam dan kurangi konsumsi makanan yang terkandung sodium. Perhatikan juga kandungan garam di minuman dan camilan yang levelnya juga sangat tinggi

6 dari 6 halaman

Kontrol Berat Badan

 Ngemil Malam Tak Pengaruhi Berat Badan?© MEN

Mengontrol kolesterol dan cek diabetes sangatlah penting bagi penderita hipertensi. Konsultasikan pada ahli gizi agar pola makan bisa disesusaikan dan tidak meningkatkan tekanan darah.

Tidak Merokok

Merokok dan meminum alkohol dapat melukai pembuluh darah. Dengan berhenti merokok dan meminum alkohol, kita secara langsung sudah berupaya menuju pola hidup sehat agar terhindar dari hipertensi.

Dengan menjaga pola hidup sehat dan sadar akan pentingnya pengecekan tekanan darah, dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi penyakit seperti strok, serangan jantung, diabetes dan lain-lain.

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak