Kenalkan Sikat Gigi Sejak Anak 1 Tahun

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 6 Desember 2016 06:42
Kenalkan Sikat Gigi Sejak Anak 1 Tahun
Saat anak dua tahun dan mulai memakan banyak makanan manis, sikat gigi secara rutin harus dilakukan.

Dream - Membiasakan anak untuk menyikat gigi memang bukan proses mudah. Saat ingin menyikat gigi, biasanya yang terjadi malah 'perang' di kamar mandi. Si kecil berlarian tak mau giginya disikat.

Mengajarkan si kecil untuk menjaga kesehatan giginya sangat penting agar gigi si kecil tumbuh dengan baik. Anda bisa memulainya ketika gigi anak mulai tumbuh. Lalu ketika usia satu tahun, coba kenalkan sikat gigi berbulu lembut.

Saat anak dua tahun dan mulai memakan banyak makanan manis, sikat gigi secara rutin harus dilakukan. Untuk membiasakan anak sikat gigi, coba lakukan langkah-langkah berikut.

- Ekstra sabar
Anak-anak dapat menyikat giginya sendiri sekitar usia 2 atau 3 tahun. Tapi, anak masih perlu dampingan setidaknya sampai ia berusia 6 tahun. Untuk itu diperlukan kesabaran yang ekstra dari orangtua. Setiap malam ajak si kecil untuk sikat gigi bersama, jangan hanya menyuruhnya. Ingat, anak selalu butuh contoh dan bukan perintah.

- Pilih waktu yang tepat
Gosok gigi sebelum tidur memang penting, tapi jangan menunggu sampai anak benar-benar ngantuk. Kira-kira 30 menit sebelum jam tidurnya ajak anak untuk menyikat gigi, bisa sambil bermain atau memilih sikat gigi yang berbentuk lucu.

- Biarkan anak memilih perlengkapannya
Membiarkan anak memilih jenis pasta gigi favorit akan menarik minatnya. Untuk itu, jika anak sudah berusia lebih dari 5 tahun dan ingin mengganti pasta gigi sesuai yang diinginkan, jangan melarangnya.

Tapi tetap periksa apakah pasta gigi tersebut mengandung zat berbahaya atau tidak. Begitu juga saat memilih sikat gigi, biarkan ia memilih sikat gigi favoritnya. Hal ini agar suasana sikat gigi jadi rutinitas menyenangkan untuknya.

- Konsisten
Butuh konsistensi tinggi dalam mengajarkan anak untuk sikat gigi. Pastikan setiap malam Anda mendampinginya untuk membersihkan gigi. Nantinya jika sudah terbiasa, anak akan merasa tak betah jika tidur belum gosok gigi.

(Sumber: Web MD)

Laporan Nanda Febriani

Baca Juga: Berinteraksi di Taman Membuat Anak Lebih Cerdas 8 Kalimat Terlarang yang Diucapkan Ibu ke Anak Benarkah Anak Keras Kepala Bakal Jadi Orang Sukses? Tips Umrah Nyaman Bareng Anak Ajarkan 4 Hal Ini Agar Anak Aman ke Sekolah Kunci Agar Buah Hati Jadi Pribadi Penuh Empati

Beri Komentar