Jangan Sepelekan Kebiasaan Terbangun Tengah Malam

Reporter :
Jumat, 24 Mei 2019 08:45
Jangan Sepelekan Kebiasaan Terbangun Tengah Malam
Segera konsultasi dengan dokter maupun psikolog.

Dream - Tidur berkualitas bagi sebagian orang jadi hal yang sangat langka. Bukan hanya sulit untuk tidur, namun saat sudah tidur terbangun berkali-kali.

Sebenarnya bangun di tengah tidur malam adalah hal normal, tapi jika berlebihan maka bisa jadi pertanda masalah.

" Adalah normal untuk bangun pada akhir siklus tidur, biasanya setiap 90 hingga 120 menit pada malam hari. Biasanya hanya sekitar lima menit, lalu tidur kembali," kata Brandon Peters, MD, seorang dokter spesialis tidur, seperti dikutip dari PopSugar.

Jika bangun lebih lama dari lima menit, lalu terjadi lebih dari tiga atau empat kali dalam semalam, tentunya akan membuat tubuh jadi tidak fit dan kepala terasa pusing.

" Penyebab paling umum dari hal ini adalah sleep apnea dan kebisingan lingkungan," kata Dr Peters.

Ada juga faktor lain yang jadi penyebabnya. Salah satu yang sering terjadi adalah serangan panik dan depresi. Jika khawatir menderita sleep apnea - yang dapat menyebabkan mendengkur atau terengah-engah dalam tidur, segera konsultasi dengan dokter.

" Perawatan mungkin termasuk alat pernapasan yang disebut terapi tekanan udara berkelanjutan (CPAP), alat oral dari dokter gigi khusus, pembedahan, penurunan berat badan, dan intervensi lainnya," kata Peters.

Jika menunjukkan gejala depresi atau kegelisahan, level stres yang tinggi, bisa jadi dibutuhkan konsultasi dengan psikolog atau psikiater. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kecemasan dan stres.

" Sulit tidur karena stres dan depresi tak bisa dibiarkan, harus segera diatasi karena bakal berdampak jangka panjang baik dalam hal kesehatan fisik maupun mental," ungkap Peters.(Sah)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida