Asal Mula Ginseng, Berawal dari Obat Misterius

Reporter :
Selasa, 17 September 2019 08:48
Asal Mula Ginseng, Berawal dari Obat Misterius
Akar kaya khasiat ini sejak dulu jadi incaran.

Dream - Ginseng dikenal luas sebagai obat untuk segala penyakit. Korea Selatan, termasuk salah satu negara penghasil ginseng berkualitas di dunia. Hal ini tak lepas sejarah.

Ada sebuah cerita bahwa dulu ginseng ditemukan di bibir pantai Seogwipo Jeongbang Falls. Saat itu ginseng dipercaya bisa membuat awet muda.

Dalam " Journey to the West" , salah satu novel klasik Tiongkok yang terbaik, mengisahkan seorang tokoh bernama Sun Wukong yang menemui berbagai musibah akibat keserakahannya terhadap ginseng, digambarkan sebagai obat mujarab yang misterius.

Lalu pada bad ke-19 di Vietnam, Kaisar Minh Mang kerap menikmati minuman kesehatan tradisional " Minh Mang Thang" yang terbuat dari beragam obat-obatan dan ginseng. Ginseng Korea menjadi bahan terpenting dari minuman tersebut.

1 dari 8 halaman

Terkenal di kalangan bangsawan

Ginseng Korea terkenal di tengah kalangan bangsawan dan masyarakat kelas atas di dunia Barat. Sejak Louis ke-15 di Perancis menerima ginseng sebagai hadiah dari seorang duta besar Thailand pada 1686, warga Prancis dan Inggris yang tertarik dengan ginseng kian bertambah banyak.

 Ginseng

Masyarakat kelas atas Perancis menganggap ginseng sebagai tanaman dari Timur untuk hidup yang awet muda. Ginseng juga termasuk koleksi penting Royal Society yang berdiri pada 1660. Di era modern, ginseng kembali menjadi pusat perhatian saat Paus Yohanes Paulus II menikmati teh ginseng merah, dan Presiden Francois Miteran menerima ginseng Korea.

2 dari 8 halaman

Kajian modern

Ginseng termasuk tanaman yang diteliti dengan cermat di seluruh dunia, dan banyak kajian yang menunjukkan bahwa ginseng Korea, secara khusus, mengandung beragam bahan seperti saponin (ginsenoside) yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Termasuk memulihkan kelelahan, serta meningkatkan sirkulasi darah, daya ingat, antioksidan/antipenuaan, dan kesehatan tulang.

 Ginseng

" Untuk seluruh era dan tempat, ginseng Korea dianggap sebagai obat segala penyakit. Ginseng Korea dikenal atas mutu istimewanya, dan kami di Korea Ginseng Association berupaya menyampaikan sejarah, nilai, dan informasinya dengan benar," kata Ban, Sangbae, President, Korea Ginseng Association, dikutip dari rilis yang diterima Dream, 16 September 2019.

Wah rasanya ingin segera menenggak minuman ginseng biar sehat dan awet muda, Sahabat Dream.

3 dari 8 halaman

5 Manfaat Buah Bit yang Baik untuk Kesehatan

Dream- Jenis buah yang berbentuk seperti umbi ini sangat terkenal dengan khasiatnya untuk ibu hamil karena mengandung zat besi dan asam folat yang melimpah. Selain itu, buah bit ternyata memiliki banyak manfaat lain yang tak kalah menakjubkan.

 Ini Dia 5 Manfaat Buah Bit yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tumbuhan yang berasal dari keluarga Amaranthaceae chenopodiaceae ini masih satu keluarga dengan lobak, wortel dan sayuran umbi lainnya. Kandungan buah bit yang kaya nutrisi sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu.

Tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, buah bertekstur lembut ini juga bisa diolah dengan dibuat jus, salad atau menu makanan menyehatkan lainnya.

Selain itu, bagian lain dari tumbuhan bit, seperti daun dan batangnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sayur. Namun, umbinyalah yang paling banyak dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti berikut.

4 dari 8 halaman

Kandungan Nutrisi Buah Bit

 Manfaat Buah Bit

Selain mengandung folat yang tinggi, buah bit juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Seperti nutrisi berikut ini:
-    Potassium
-    Kalsium
-    Zat Besi
-    Magnesium
-    Mangan
-    Sodium
-    Vitamin C

Buah bit juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan nyaris tidak mengandung lemak, sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan. Manfaat buah bit lainnya masih banyak, seperti 5 manfaat buah bit yang baik untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat buah bit yang pertama adalah mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan senyawa nitrat dalam buah bit mampu mengubah asam nitrat dalam darah, membantu memperlebar dan mengendurkan pembuluh darah.

Pembuluh darah yang longgar akan membuat aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah akan menurun dengan sendirinya. Mengonsumsi jus buah bit setiap hari juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan siastolik.

Manfaat ini bisa diperoleh apabila kita rutin mengonsumsi buah bit, baik dalam bentuk jus atau dalam bentuk lain, minimal 8 ons dalam sehari.

5 dari 8 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Mencegah Kanker

 Manfaat Buah Bit

Warna ungu pekat pada buat bit diperoleh dari kandungan betalaines yang ada di dalamnya. Betalaines adalah antioksidan yang mudah larut dalam air. Antioksidan jenis betalaines ini juga memiliki kemampuan preventif terhadap sel kanker.

Kandungan betalaines ini juga berperan sebagai penangkal radikal bebas dan mampu menghancurkan sel-sel yang tidak stabil dalam tubuh. Apabila sel-sel tidak stabil ini dibiarkan dan berkembang, maka dapat memicu risiko kanker.

Kandungan betalaines yang ada dalam buah bit ini juga bermanfaat sebagai pewarna yang alami, karena betalaines sangat mudah larut dalam air.

6 dari 8 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Menjaga Kesehatan Hati

 Manfaat Buah Bit

Kondisi hati yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Beberapa kondisi berikut ini dapat mempengaruhi kesehatan hati, seperti:
-    Diet yang buruk dan tidak sehat
-    Konsumsi alkohol yang berlebihan
-    Terpapar zat beracun yang berbahaya
-    Gaya hidup yang tidak sehat

Kondisi tersebut dapat menyebabkan hati harus bekerja lebih keras dan bisa mengalami penumpukan lemak. Untuk mengatasi kondisi tersebut, mengonsumsi buah bit bisa dijadikan solusi.

Buah bit mengandung betaine, zat yang dapat mencegah dan mengurangi timbunan lemak yang ada di hati. Selain itu, manfaat buah bit lainnya ialah mampu melindungi hati dari zat beracun yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sehingga mengonsumsi buah bit setiap hari dipercaya mampu menjaga kesehatan hati.

7 dari 8 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Mengontrol Kolesterol

 Manfaat Buah Bit

Bagi Sahabat Dream yang memiliki kolesterol yang tinggi, mengonsumsi jus buah bit mungkin bisa jadi solusi. Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2011, ekstrak buah bit ampuh menurunkan kolesterol total dan trigliserida, dan juga ampuh menaikkan kolesterol baik (HDL).

Manfaat buah bit yang satu ini juga didukung dengan kemampuan buah bit dalam mengurangi stres oksidatif pada hati. Hal ini disebabkan oleh kandungan fitonutrien berupa flavonoid yang terdapat dalam buah bit.

Selain bisa mengonsumsinya dengan cara dijus, manfaat buah bit ini juga bisa diperoleh dengan menambahkan jus buah bit ke dalam makanan yang akan dikonsumsi.

8 dari 8 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Meningkatkan Stamina

 Manfaat Buah Bit

Manfaat buah bit lainnya untuk kesehatan ialah mampu meningkatkan stamina tubuh. Seperti yang telah terbukti dari penelitian tahun 2012, bahwa dengan meminum jus buah bit dapat meningkatkan kadar nitrat plasma dan meningkatkan kinerja fisik.

Uji coba untuk membuktikan penelitian ini juga pernah dilakukan dengan memberikan jus buah bit kepada pengendara sepeda. Dan, terbukti dengan konsumsi jus buah bit, pengendara sepeda ini mampu meningkatkan latihan mereka sekitar 12 detik lebih cepat.

Banyak sekali manfaatnya, bukan? (mut)

Sumber: Healthline

Beri Komentar