Langkah Penting Saat Membersihkan Botol Bayi

Reporter :
Kamis, 22 Desember 2016 05:30
Langkah Penting Saat Membersihkan Botol Bayi
Diare sangat mungkin terjadi jika botol susu si kecil tidak dibersihkan dengan baik.

Dream - Botol susu jadi salah satu perlengkapan pokok bayi dan anak berumut di bawah tiga tahun (Batita). Pada usia ini, daya tahan tubuh anak masih rentan. Sehingga semua hal yang masuk mulutnya harus dijaga dari kuman dan terjamin kebersihannya.

Diare sangat mungkin terjadi jika botol susu si kecil tidak dibersihkan dengan baik. Untuk itu selalu ikuti langkah-langkah penting berikut saat membersihkan botol susu si kecil

1. Cuci tangan
Sebelum mulai membersihkan botol, sebaiknya cuci tangan dengan sabun. Hal ini agar tak terjadi kontaminasi silang baik dari tangan maupun botol.

2. Lepaskan semua bagian botol
Bagian-bagian botol sebaiknya dilepaskan semua, sehingga seluruh kotoran bisa dibersihkan secara maksimal.

3. Gunakan sabun
Gunakan sabun khusus untuk membersihkan botol bayi. Biasanya sabun ini terbuat dari bahan alami yang aman untuk mencuci peralatan bayi.

4. Gunakan sikat khusus untuk dot
Untuk membersihkan bagian dot, gunakan sikat kecil berbulu halus, agar dapat menjangkau bagian dalam. Bersihkan dengan teliti, agar tidak ada bekas susu yang tertinggal, karena bisa mendatangkan bakteri.

5. Gunakan sikat khusus untuk bagian dasar
Gunakan sikat yang bisa menjangkau bagian dasar botol susu dengan gerakan memutar. Setelah itu, bersihkan keempat sisi botol dengan sikat yang sama dengan gerakan naik turun. Lanjutkan dengan membersihkan bagian bibir botol.

6. Spons khusus untuk keseluruhan botol
Spons khusus digunakan untuk membersihkan seluruh botol beserta tutupnya.

7. Bilas
Bilas hingga bersih semua bagian botol yang sudah dicuci dengan air yang mengalir. Jangan bilas botol dengan merendam dalam wadah, karena kotoran akan menempel lagi pada botol 
yang sudah dibersihkan.

8. Steril dan keringkan 
Setelah dicuci, botol harus disterilkan. Bisa dengan alat steril atau direbus.

(Sah/Sumber: Baby Center)

 

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham