Latih Motorik Kasar Si Kecil dengan Aktivitas Ini

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 6 Desember 2016 19:15
Latih Motorik Kasar Si Kecil dengan Aktivitas Ini
Anak berusia 2 sampai 4 tahun atau anak usia prasekolah sangat suka bergerak daripada duduk diam.

Dream - Jangan khawatir jika anak Anda terlalu energik dan tidak mengenal lelah. Dalam proses tumbuh kembang, anak yang penuh energi lebih cepat memaksimalkan fungsi otot dan bagian tubuh lainnya.

Anak berusia 2 sampai 4 tahun atau anak usia prasekolah memang lebih suka bergerak daripada duduk berdiam diri. Dengan banyak aktivitas fisik, keterampilan motorik kasar mereka juga cenderung lebih cepat berkembang.

Motorik kasar ini merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot besar atau seluruh anggota tubuh, seperti menendang, berlarian, atau naik turun tangga. Perbanyak aktivitas berikut agar fisik anak jadi lebih kuat dan melatih motorik kasarnya.

1. Lari-larian
Olahraga ringan bersama orang tua, seperti jogging, dapat melatih kekuatan fisik anak usia prasekolah. Akan lebih baik, jika orang tua membuat permainan untuk mengalihkan perhatian anak agar mereka tidak mudah merasa letih.

2. Bermain pasir
Mengisi kotak mainan dengan pasir untuk kemudian meminta anak untuk mendorongnya sambil bermain, dinilai dapat melatih kekuatan fisik anak.

3. Bermain air
Bermain air di halaman belakang rumah umumnya sangat disukai anak-anak. Tapi, pastikan untuk selalu menemani dan mengawasinya.

4. Bermain petak umpet
Orangtua dapat membuat permainan teka-teki, seperti menyembunyikan mainan dan meminta anak menemukannya. Permainan ini dapat juga melatih daya awas dan kecermatan anak.(Sah)

1 dari 1 halaman

Lakukan juga empat aktivitas ini

5. Menirukan gaya
Bermain dengan menirukan suatu gaya hewan atau tokoh kartun favoritnya adalah hal menarik yang dapat dilakukan bersama anak.

6. Bermain bola
Permainan yang sekaligus melatih cara menendang, melempar, dan menangkap adalah bentuk latihan fisik yang baik untuk anak. Anak akan merasa seperti seolah sedang bermain, padahal mereka sedang berlatih. Tapi, pastikan untuk tidak terlalu keras dan tetap awasi.

7. Menari
Selain menyenangkan, menari juga dapat meningkatkan kekuatan fisik dan melatih keterampilan motorik. Untuk lebih membuat anak bersemangat, putarkan juga musik sehingga anak menari sambil mengikuti alunan musik.

8. Mencuci mobil atau sepeda
Anak selalu menyukai busa dan air. Mengajak anak untuk ikut mencuci mobil atau sepeda akan terasa menyenangkan dan dapat melatih kekuatan fisiknya.

(Sumber: Baby Center)

Laporan Nanda Febriani

 

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya