Tak Perlu Hindari Susu Saat Diet

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 7 Februari 2022 12:46
Tak Perlu Hindari Susu Saat Diet
Pengonsumsian dilarang untuk berlebihan.

Dream - Tubuh manusia perlu asupan nutrisi, baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Salah satu asupan penting adalah susu yang mampu menyuplai protein dan berbagai vitamin untuk tubuh.

" Banyak makanan yang dapat kita konsumsi untuk membantu melengkapi asupan gizi harian, salah satunya adalah produk dairy seperti susu sapi segar dan produk olahan susu lainnya yaitu yogurt dan keju," ujar dokter spesialis gizi klinik, Christin Santun Sriati Lumbantobing, dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, produk produk dairy itu mengandung banyak nutrisi, seperti protein, Vitamin A, B1, B2, kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. Produk susu itu juga baik untuk kesehatan jantung dan syaraf.

Namun, sebagaimana bahan makanan lain, susu juga harus dikonsumsi dalam jumlah wajar. Tidak baik mengonsumsi makanan maupun minuman secara berlebihan, termasuk susu.

Sehingga, Christin mengatakan, susu tidak perlu dihindari sebagaimana selama ini dilakukan banyak orang yang sedang melakukan diet.

" Misalnya, jika kamu biasa mengonsumsi susu sebanyak 250 ml, coba untuk kurangi takarannya menjadi 150 ml jika ingin mengonsumsinya bersama yogurt atau keju," jelas dia.

Christin juga membagikan cara mengonsumsi susu secara sehat:

1 dari 3 halaman

1. Minum susu di malam hari tidak pengaruhi berat badan

Salah satu faktor yang bisa menambah berat badan adalah melewati batas konsumsi kalori harian. Selama kita tidak melewati batas kalori harian, minum susu di malam hari tidak akan berpengaruh pada berat badan.

Yang perlu diperhatikan adalah jarak antara waktu mengonsumsi susu dan tidur di malam hari. Pastikan kamu memberi waktu yang cukup untuk badan kamu mencerna susu sebelum kamu tidur.

2. Susu sebagai 'tabungan' asupan energi

Secara ilmiah, susu kaya akan protein dan mengandung asam amino yang tinggi, yang penting untuk pertumbuhan. Di malam hari, ada beberapa asam amino yang bekerja lebih optimal saat kita beristirahat.

Saat kita tidur, kita berada dalam kondisi puasa dan tubuh kekurangan energi. Dalam kondisi ini, tubuh kita akan mengambil energi cadangan, salah satunya dari otot. Dengan minum susu sebelum tidur, kita “ menabung” asupan energi yang nantinya akan digunakan oleh tubuh saat kita tidur.

2 dari 3 halaman

3. Penyimpanan susu harus benar

Terdapat beberapa macam susu, seperti susu sapi segar dan susu UHT. Cara menyimpannya pun berbeda.

Kalau tidak disimpan dengan benar, kandungan nutrisi pada susu akan hilang. Rekomendasi penyimpanan dari Greenfields adalah:

  • Susu segar yang telah dikemas harus disimpan pada suhu 0-4 derajat Celsius. Susu dengan kemasan yang telah dibuka dapat bertahan selama kurang lebih 4 hari di dalam lemari es dan kurang lebih 4 jam pada suhu ruangan.
  • Susu UHT sekali minum, dapat disimpan dalam suhu ruangan dan dapat bertahan hingga 9 bulan. Susu UHT 1 liter sebaiknya langsung disimpan di dalam lemari es setelah dibuka.
3 dari 3 halaman

4. Perhatikan ketika memasak susu

Produk susu mengandung protein, vitamin, dan mineral yang rentan mengalami kerusakan saat dimasak.

Saat memasak menggunakan bahan produk turunan susu, sebaiknya tidak terlalu lama atau hingga mengeluarkan asap (mencapai smoking point) yang artinya suhu sudah terlalu panas dan kandungan nutrisi di dalamnya sudah mulai terganggu.

Selain mengganggu nutrisi, pemanasan dengan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu panas juga dapat mengubah tekstur susu menjadi pecah atau bahkan menggumpal.

Beri Komentar