Pengobatan Alternatif Sembuhkan Kanker?

Reporter : Kusmiyati
Kamis, 23 Juli 2015 15:17
Pengobatan Alternatif Sembuhkan Kanker?
Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia masih percaya dengan pengobatan alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun menurut Dokter Boby Nuryadi hal tersebut hanyalah bentuk testimoni.

Dream - Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia masih percaya dengan pengobatan alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun menurut Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. Boby Nuryadi hal tersebut hanyalah bentuk testimoni.

" Itu hanyalah sebuah testimoni dari orang-orang yang berhasil. Misalnya satu dari sepuluh penderita kanker berhasil hilang penyakitnya. Nah dibuatlah testimoni. Padahal yang sembilan lagi tidak tahu bagaimana perkembangannya," kata Boby, Kamis 23 Juli 2015.

Boby juga mengatakan sebaiknya para penderita atau keluarga pasien berhati-hati memilih pengobatan alternatif.

Senada dengan Boby, Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan, Akmal Tajer, mengatakan mengobati suatu penyakit dibutuhkan metode yang sudah terjamin secara klinis dan ada penelitiannya.

" Kalah pengobatan alternatif kan belum teruji klinis, tidak ada penelitian secara medis. Kalau untuk menghangatkan badan dengan tanaman herbal tidak mengapa, tapi bukan berarti itu pengobatan tunggal. Alternatif itu hanya bersifat komplementer atau pelengkap saja," kata Akmal. (Ism) 

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya