Tinggal di Daerah Dingin, Berat Badan Gampang Naik

Reporter : Kusmiyati
Senin, 25 Januari 2016 11:30
Tinggal di Daerah Dingin, Berat Badan Gampang Naik
Sebuah penelitian mengungkap pemicu penduduk yang tinggal di daerah beriklim dingin mudah obesitas. Apa pemicunya?

Dream - Penduduk yang tinggal di daerah beriklim dingin cenderung mudah terserang obesitas. Di daerah ini biasanya bakteri usus yang memicu obesitas meningkat cukup tajam.

Temuan ini terungkap dari hasil penelitian yang diterbitkan Biology Letters Royal Society Journal. Dikutip dari Redorbit, Senin 25 Januari 2016 kondisi tubuh penduduk di daerah beriklim dingin membuat bakteri usus dari kelompok Firmicutes cenderung meningkat. Bakteri inilah yang cenderung memicu obesitas.

" Dan penurunan proporsi Bacteroidetes yang berguna menyerap air dan mencegah penyerapan minyak," kata Taichi Suzuki Peneliti dari University of departemen Biologi Integrative California Berkeley.

Menurut Suzuki, orang yang telah terbiasa hidup di iklim dingin maka akan mudah menyesuaikan masa tubuhnya. " Untuk yang terbiasa di daerah dingin maka komposisi mikroba yang terkait dengan obesitas sudah ada," kata Suzuki.

Suzuki pun mempelajari mikroba usus tikus dari Amerika Utara dan Selatan untuk melengkapi penelitiannya.

" Tikus yang tinggal di tempat dingin lebih berat dan memiliki mikroba obesitas dan ini juga terjadi pada manusia," jelas Suzuki.

Penelitian Suzuki ini diharapkan dapat membantu perusahaan farmasi mengembangkan obat-obatan untuk masalah obesitas.

Beri Komentar