Jenuh Karena Pekerjaan, Siasati Dengan Cara Ini

Reporter : Kusmiyati
Senin, 25 Januari 2016 09:00
Jenuh Karena Pekerjaan, Siasati Dengan Cara Ini
Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja memicu adanya stres. Hal itu yang membuat rasa jenuh muncul.

Dream - Pernah merasa jenuh dengan pekerjaan? itu mungkin akibat dari tubuh yang terlalu bekerja keras. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja memicu adanya stres. Hal itu yang membuat rasa jenuh muncul.

Ketika sudah mengalami stres, prestasi kerja, kesehatan akan mempengaruhi prestasi kerja kamu di kantor. Bahkan bisa jadi memicu efek negatif lainnya. 

Agar tidak terlalu stres dengan pekerjaan yang menumpuk, dikutip Ehow, Jumat 22 Januari 2016 lakukan hal berikut ini:

1. Prioritaskan

Prioritaskan pekerjaan yang lebih sulit selanjutnya baru mengerjakan tugas-tugas lainnya. Jangan menganggap pekerjaan sebagai beban, ketika memang sudah merasa tidak sanggup carilah bantuan untuk menyelesaikannya.

2. Menjaga Waktu Tidur

Saat tubuh sudah terlalu lelah karena bekerja, menjaga jam tidur adalah hal yang paling penting. Lakukan perubahan kecil namun berdampak besar ini, misalnya biasakan tidur satu jam lebih awal.

Peneliti dari Harvard University mengatakan tidak cukup tidur akan mempengaruhi kinerja kerja menjadi buruk. Semakin banyak beristirahat maka semakin mudah mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

3. Latih Pernapasan

Lakukan latihan pernapasan sederhana selama 15 menit di pagi hari sebelum berjalan keluar menuju tempat kerja. Berbaringlah, ciptakan kondisi santai untuk membersihakn pikiran, latih secara perlahan penapasan Anda.

University of Maryland Medical Center menunjukan bahwa teknik pernapasan yang baik dapat membantu menangani stres dan membuat Anda tenang. Dan teknik pernapasan merupakan upaya yang efektif.

4. Berolahraga

Lakukan lebih sering berolahraga seperti berenang, berlalu atau kegiatan fisik lainnya. Penelitian dari Mayo Clinic mengatakan latihan fisik yang konsisten dapat meningkatkan energi dan membantu tubuh melalui hari kerja yang panjang dan melelahkan.

5. Komunikasi dengan Bos

Berkomunikasi dengan bos sangat diperlukan. Tidak semua bos mengetahui dengan pasti jam kerja karyawannya, walaupun sudah ada standar jam kerja namun terkadang orang-orang bekerja melebihi jam kerja.

Bicarakan secara rasional dan tenang, ketika ingin mengungkapkan perasaan atau mengeluarkan beban terkait pekerjaan yang berlebihan jangan lakukan dengan emosi. Komunikasi ini diharapkan dapat menemukan solusi yang baik, agar jam kerja yang melebihi batas tidak mengganggu kesehatan.

Beri Komentar