Tidak Harus Mewah, Cara Bonding Time Sederhana dengan Buah Hati

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 13 Oktober 2021 06:12
Tidak Harus Mewah, Cara Bonding Time Sederhana dengan Buah Hati
Manfaatkan waktu yang sedikit untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan anak

Dream - Masa pandemi membuat banyak ibu merasa kesulitan untuk membagi waktu antara pekerjaan kantor, pekerjaan rumah dan quality time bersama anak. Meskipun secara fisik berada di rumah, ibu belum tentu fokus hadir secara penuh untuk buah hati.

Padahal, melakukan bonding time dengan anak adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Hal ini akan meningkatkan hubungan berkualitas dengan anak sekaligus me time.

Tidak melulu harus spesial dan mewah seperti staycation di hotel, makan bersama di restoran mewah atau berwisata. Ada banyak cara untuk melakukan bonding time dengan si kecil. Mulai dari hal kecil seperti rutinitas makan bersama atau membaca bersama kala di rumah. 

Vera© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Bonding time tidak harus selalu ada persiapan khusus, sediakan waktu 10-15 menit saja dan fokus bermain dengan anak. Lakukan hal-hal sederhana saja seperti makan bersama, main bersama dan mendengarkan si kecil,” jelas Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog, pada acara virtual Hari Penuh Cinta Cussons Bintang Kecil 2021, Oktober 2021.

1 dari 3 halaman

Dengarkan Anak Bercerita

Saat mendengarkan anak bercerita, fokuskan padangan ibu ke mata si kecil. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan diterima

Vera© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Buat mereka nyaman, diterima, dihargai sehingga anak bisa terlatih mengungkapkan perasaannya,” tambah Vera.

Membiasakan anak bercerita juga akan membuat si kecil lebih percaya diri dan berani mengungkapkan perasaannya.

2 dari 3 halaman

Singkirkan Gadget dan Nikmati Permainan dengan Anak

Memang gadget menjadi hal yang menyenangkan bagi ibu. Semua hal informatif dan menghibur bisa diakses. Tapi jangan sampai tetap fokus ke gadget saat main dengan si kecil.

Vera© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Paling mudah bonding dengan anak adalah menikmati permainan dengan anak, singkirkan dulu HP ya dan fokus main bareng untuk bonding time dengan anak,” ujar Vera.

Buatlah momen bermain bersama menjadi ritual dalam keseharian dimana dapat terbangunnya kedekatan dan kehangatan melalui kontak intens dengan anak.

“ Hal ini ternyata dapat membuat anak merasa aman dan tenang di masa-masa sulit sekali pun,” ungkap Vera.

3 dari 3 halaman

Abadikan Momen Kebersamaan

Mendukung bonding time ibu dan anak, Cussons Indonesia menghadirkan sarana untuk orang tua dalam memberikan ruang gerak anak yang edukatif sekaligus mengabadikan momen kebersamaan keluarga di masa pandemi.

Serangkaian workshop skala kecil dan besar dihadirkan melalui platform Instagram Live dan Vidio.com mengenai metode pendampingan kepada anak pun yang lebih beragam. Ini diharapkan dapat memaksimalkan proses tumbuh kembang si kecil.

Seila© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Melalui CBK 2021, Cussons berharap dapat terus mendampingi proses tumbuh kembang anak, serta memberikan metode pendampingan baru yang edukatif kepada para orang tua,” ujar Seila Pramadania Sativa, Brand Manager Cussons Kids Indonesia pada kesempatan yang sama.

Seila menambahkan bahwa pendampingan edukatif ini sangat penting untuk membentuk dan meningkatkan kreativitas mereka guna perkembangan mental, sosial, dan emosi sang anak di masa pandemi. (mut)

Beri Komentar