CONNECT WITH US!
CONNECT WITH US!

Dahsyatnya Efek Pelukan Tiap Malam

Reporter : Mutia | Rabu, 14 Desember 2016 08:44
Ilustrasi
Pelukan yang hanya 20 detik bukan hanya menenangkan perasaan hati yang gundah.

Dream - Selama ini berpelukan selalu dikaitkan dengan efek psikologis menenangkan seseorang. Padahal, jauh dari itu, berpelukan punya manfaat lain yang berkaitan dengan kesehatan.

Ketika berpelukan, masing-masing pasangan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini dilepaskan dari otak dan bisa membuat kondisi fisik jadi lebih baik.

Berpelukan sebenarnya tidak harus dengan pasangan, bisa juga dengan anak, saudara, dan bahkan hewan peliharaan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari berpelukan yang dikemukakan oleh psikoterapis Tina B. Tessina dan psikolog klinis Sanam Hafeez.

1. Mengurangi risiko terkena serangan jantung
Studi menunjukkan bahwa oksitosin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Hafeez menjelaskan bahwa berpelukan memicu pelepasan oksitosin, yang mengurangi stres.

" Rendahnya tingkat stres, berkurangnya kecemasan, dan turunnya tekanan darah akan mengurangi ketegangan pada jantung. Sentuhan kulit juga sangat penting untuk kesehatan kita, bahkan pelukan 20 detik dapat memperbaiki perasaan hingga 24 jam," ujar Hafeez.

2. Menguatkan ikatan batin
Pelukan antara ibu-anak, sepasang kekasih, atau dengan hewan peliharaan, semua itu akan memperkuat ikatan antara satu sama lain. Sekitar 6 sampai 9 minggu dalam kandungan, dari lima panca indera kita, yang pertama berkembang adalah indra sentuhan.

" Hal pertama yang kita rasakan baik di dalam rahim dan ketika kita dilahirkan adalah sentuhan. Jadi kita secara harfiah lahir untuk menyentuh satu sama lain. Tunjukkanlah kasih sayang melalui sentuhan. Hal ini akan meningkatkan ikatan antara pasangan dan menciptakan rasa keintiman yang membuat hidup jadi lebih tenang," kata Tessina.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Penelitian telah menunjukkan bahwa kontak manusia dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Para ilmuwan menyadari bahwa pelukan memiliki segala sesuatu yang berkaitan dengan pelepasan oksitosin, dopamin, dan serotonin ke dalam aliran darah. Dipercaya, orang-orang yang secara sosial terlibat dalam kontak fisik lebih cepat sembuh daripada mereka yang tidak.

4. Mengurangi stres
Oksitosin juga dapat menurunkan tingkat stres dan membantu memperbaiki cara kita bereaksi terhadap stres dalam kehidupan. Hidup penuh dengan ketegangan dan tekanan yang tidak dapat dihindari. Tapi pelukan akan membuat beban dan stres terasa lebih ringan. Perlu diketahui pelukan sambil bersentuhan kulit akan memunculkan rasa tentram dan sangat menenangkan.

(Sah/Sumber: Shape)

Cerita Noura Lewati Ramadan Masa Kecil

Rekomendasi Pilihan



Jangan Anggap Remeh, 4 Penyakit Ini Bisa Ganggu Momen Lebaran

Jumat, 23 Juni 2017 17:02

Jangan sampai dilewatkan dengan tiduran saja karena 4 penyakit berikut ini.

5 Tanda Anda Dehidrasi

Jumat, 23 Juni 2017 16:40

Bibir yang kering dan rasa dahaga biasanya menjadi pertanda kalau tubuh kita kurang minum.

Libur Lebaran? Kunjungi Wisata Halal Pulau Santen Banyuwangi

Jumat, 23 Juni 2017 15:40

Wisata halal dikembangkan untuk membidik pangsa pasar Muslim di dunia.

Pulihkan Tubuh Setelah Sakit dengan Nutrisi Ini

Jumat, 23 Juni 2017 15:20

Makanan ini juga bermanfaat agar sakit tak datang lagi.

Kabar Gadis Diperkosa di ICU Merebak, Astaga yang Terjadi...

Jumat, 23 Juni 2017 15:09

Korban dibius dan diperkosa oleh seorang laki-laki yang bertugas menjaga ruang ICU.

Geger Pria yang Diduga Kades Tidur Beralas Duit Miliaran

Jumat, 23 Juni 2017 14:52

Lembaran kertas menyerupai uang itu terdiri dari pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu memenuhi lantai kamar dan tempat tidur.