Indonesia Bakal Punya Pusat Wisata Religi, Sains dan Antariksa

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 10 September 2015 08:01
Indonesia Bakal Punya Pusat Wisata Religi, Sains dan Antariksa
Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diusulkan sebagai pusat wisata religius, sains sekaligus antariksa seperti Observatorium Bosccha yang ada di Bandung.

Dream - Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diusulkan sebagai pusat wisata religius, sains sekaligus antariksa seperti Observatorium Bosccha yang ada di Bandung.

Dilansir dari situs Kementerian Agama RI bimasislam.kemenag.go.id, Kamis 10 September 2015, Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah memberikan perhatian khusus kepada POB Cibeas terkait dengan perannya selain sebagai tempat pengamatan hilal bagi penentuan awal puasa dan penetapan hari raya umat Islam.

POB Cibeas yang berlokasi di Kecamatan Simpena, Sukabumi ini berjarak sekitar 4 kilometer dari tempat sebelumnya yang berlokasi di Kecamatan Pelabuhan Ratu.

Tempat baru ini dianggap lebih baik, sebab lokasi pengamatan hilal sebelumnya terhalang oleh cerobong PLTU.

Keberadaan POB Cibeas sebagai lokasi wisata religius, sains dan antariksa sebelumnya juga pernah disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Menag berharap POB dapat menjadi daya tarik seperti Observatorium Bosccha di Bandung.

Untuk diketahui, POB Cibeas berdiri di atas lahan dan bangunan senilai Rp4,8 miliar. Dengan kelengkapan fasilitas yang memadai, tempat ini dinilai layak menjadi standar minimum bagi POB lain di seluruh Indonesia.

POB Cibeas merupakan BMN Kementerian Agama RI yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan rukyatul hilal, penyusunan kalender Hijriah, dan penetapan waktu salat.

 

 

Beri Komentar