6 Negara Timur Tengah Ini Berlakukan Bebas Visa Buat Turis WNI

Reporter : Puri Yuanita
Rabu, 9 September 2015 13:15
6 Negara Timur Tengah Ini Berlakukan Bebas Visa Buat Turis WNI
Beberapa negara Timur Tengah memberlakukan kebijakan bebas visa dan Visa on Arrival (VoA) bagi WNI pemegang paspor hijau.

Dream - Negara-negara Timur Tengah kini makin banyak dilirik para pelancong asal Indonesia sebagai tujuan wisata. Bak gayung bersambut, untuk mengakomodasi minat dan antusiasme warga Indonesia yang kian besar, beberapa negara Timur Tengah pun memberlakukan kebijakan bebas visa dan Visa on Arrival (VoA) bagi WNI pemegang paspor hijau.

Berikut ini 6 negara Timur Tengah yang memberlakukan bebas visa bagi WNI.

1. Maroko
Hanya beberapa jam saja dari kota-kota utama di Eropa, Anda bisa masuk ke Afrika Utara dan berkenalan dengan negeri eksotis Maroko. Bukan hanya pegunungan bersalju dan pantai berombak tinggi yang negara ini tawarkan, tapi juga Gurun Sahara yang menakjubkan.

Berwisata di Maroko akan semakin penuh warna dengan kehadiran pasar-pasar tradisional yang menjual berbagai macam barang. Dijamin akan membuat Anda lupa waktu di negeri indah ini.

Kini, berwisata ke Maroko akan semakin mudah karena pemerintahnya telah memberlakukan bebas visa bagi WNI. Anda bisa menjelajah Maroko sampai puas hingga 3 bulan lamanya tanpa visa.

2. Turki
Per April 2014 lalu, Turki tidak lagi memberlakukan kebijakan Visa on Arrival (VoA) untuk pemilik paspor Indonesia. Turis Indonesia yang ingin ke negeri dua benua itu bisa langsung mengajukan permohonan visa elektronik (e-visa) lewat komputer masing-masing.

Visa dengan masa berlaku 30 hari pun akan langsung terbit dalam 3 menit saja dan dikirim langsung ke email Anda. Anda hanya perlu mengakses ke situs https://www.evisa.gov.tr/en/, membayar biaya e-visa dan bisa langsung terbang ke Turki untuk melihat keindahan Blue Mosque atau Masjid Biru yang termasyhur itu.

3. Bahrain
Sama seperti Turki, sejak Oktober 2014 lalu pemerintah Bahrain juga telah memberlakukan kebijakan bebas visa. Turis Indonesia yang ingin berwisata ke negeri yang dijuluki 'mutiara Teluk Persia' itu hanya perlu mengajukan permohonan visa elektronik secara online dan bisa langsung mendapatkan visa dengan masa berlaku 30 hari.

4. Iran
Iran memang belum memberlakukan kebijakan bebas visa sepenuhnya bagi pemegang paspor Indonesia. Akan tetapi, WNI yang ingin berkunjung ke negara ini tak perlu repot mengurus visa sebelum keberangkatan karena negara ini menerapkan kebijakan Visa on Arrival (VoA). Artinya, visa dapat diperoleh di negara tujuan pada saat kedatangan.

5. Yordania
Tak jauh berbeda dengan Iran, Yordania juga menerapkan kebijakan Visa on Arrival bagi WNI. Orang Indonesia yang ingin berwisata ke negara Ratu Rania itu tak perlu mengurus permohonan visa saat di Indonesia. Anda bisa mengurus dan mendapatkan visa langsung saat tiba di Yordania dengan masa berlaku hingga 3 bulan lamanya.

6. Oman
Oman juga menjadi salah satu negara yang memberlakukan kebijakan Visa on Arrival bagi wisatawan asal Indonesia. Anda bisa langsung mengurus dan mendapatkan VoA saat tiba di negara kaya minyak itu. Dengan biaya sekitar 20 riyal (setara dengan 50 dolar AS), Anda bisa memperoleh visa dengan masa berlaku 1 bulan. Namun untuk kunjungan singkat, Anda hanya perlu membayar sebesar 5 riyal (setara dengan 15 dollar) dengan masa berlaku visa 10 hari.

(Berbagai sumber)

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham