Militan ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 25 Juli 2014 13:03
Militan ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus
Setidaknya, militan ISIS telah menghancurkan 30 kuil serta 15 bangunan lain termasuk masjid. Selain makam Nbi Yunus, ISIS juga menghancurkan makam Nabi Daaniel.

Dream - Militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah menghancurkan dua makam nabi yang sangat dihormati oleh kaum muslim. Dua makam nabi yang dihancurkan itu terletak di Mosul, Irak.

" Militan ISIS telah menghancurkan Nabi Yunus di timur Kota Mosul setelah mereka mengambil kontrol masjid sepenuhnya," kata sumber di kalangan pejabat keamanan Irak dikutip Al Arabiya, Jumat 25 Juli 2014.

" Para militan menutup semua pintu masjid dan mencegah jamaah masuk untuk berdoa," tambah sumber itu.

Menurut saksi mata yang tidak mau disebutkan namanya, militan ISIS meminta orang-orang yang berada di masjid itu berhenti berdoa. " Mereka meletakkan bahan peledak di sekitar dan di dalam masjid dan kemudian meledakkannya di hadapan banyak orang," tutur saksi mata itu.

Setidaknya, para militan ini telah menghancurkan 30 kuil serta 15 bangunan lain termasuk masjid. " Tapi kerusakan terparah adalah makam Nabi Yunus yang telah menjadi debu," kata saksi mata itu.

Tak hanya makam Nabi Yunus. Pejabat Kota Mosul, Zuhair al-Chalabi, mengatakan militan ISIS juga menghancurkan makam Nabi Daniel. Umat Islam menganggap Daniel sebagai nabi, meski tidak disebutkan dalam Alquran.

Sama dengan proses penghancuran makam Nabi Yunus. Militan ISIS juga menempatkan bahan peledak di sekitar makam Nabi Daniel atau Daud yang juga berada di Mosul. " Mosul hidup dalam kondisi yang sangat sulit dan mengerikan," ujar Chalabi.

Sumber lain mengatakan militan ISIS juga telah menghancurkan kuil milik Imam Abu al-Ila di Mosul dengan bahan peledak. Militan ini juga mengebom sebuah masjid di distrik al-Faisaliya Mosul. " Militan tak dikenal mengebom makam Abu al-Ila yang terletak di pusat daerah Bab al-Jadeed selatan Mousl," kata seorang saksi mata.

Pada hari Rabu pekan ini, militan ISIS juga telah menghancurkan makam Imam Yahya Abu al-Qasim, ulama yang juga dihormati. Awal Juli, ISIS menjadi berita utama ketika militan yang menghancurkan kuil kuno dan masjid di dalam dan sekitar Mosul. Setidaknya empat kuil tokoh Arab atau Sufi Sunni telah dihancurkan. (Ism)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak