Murka Tambora yang Mengguncang Dunia

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 14 April 2015 08:46
Murka Tambora yang Mengguncang Dunia
Gunung ini diyakini menghasilkan letusan terdahsyat sepanjang sejarah.

Dream - Pada 10 April 2015 menandai 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Letusan hebat pada tahun 1815 itu telah mengubah iklim global, menyebabkan 'tahun tanpa musim panas' di belahan Bumi utara.

Tidak hanya itu, sulfur dioksida dari Gunung Tambora yang melayang-layang di atmosfer selama beberapa tahun menyebabkan, pendinginan global di Bumi dan memicu kegagalan panen, kelaparan dan wabah penyakit di Amerika Utara, Eropa dan Asia.

" Orang-orang terpaksa makan tikus dan kucing," kata Stephen Self, ahli vulkanologi di University of California, Berkely dan ahli letusan Gunung Tambora dikutip dari laman Live Science, Selasa 14 April 2015.

Dalam sebuah laporan tentang bahaya gunung berapi untuk PBB menyebutkan, negara Indonesia 30 persen berpeluang mengalami letusan gunung seperti Gunung Tambora.

Sebuah tim pakar internasional, yang dikenal sebagai Global Volcano Model Network, mengumpulkan data yang diambil dari laporan kematian dan kehancuran yang ditimbulkan oleh gunung berapi.

Kemudian dibuat peringkat negara yang paling mungkin menghadapi bencana seperti Letusan Tambora di masa depan.

Laporan, yang disebut 'Global Volcanic Hazards and Risk' tersebut akan diterbitkan pada bulan Mei oleh Cambridge University Press.

Dari hasil olah data itu, tim menemukan Indonesia masih menjadi negara yang paling berisiko mengalami letusan gunung mematikan seperti Gunung Tambora.

Untuk membuat peringkat, para ilmuwan menilai seberapa sering gunung api dalam suatu negara meletus dalam 10.000 tahun terakhir dan bahaya yang ditimbulkannya.

Salah satu peristiwa vulkanik yang paling mematikan dalam 400 tahun terakhir adalah lahar yang turun dengan cepat dari Gunung Nevado del Ruiz di Kolombia yang meletus pada tahun 1985, menewaskan lebih dari 23.000 orang.

Setelah Indonesia, negara yang paling terancam letusan gunung berapi yang dahsyat adalah Filipina, Jepang, Meksiko, Etiopia, Guatemala, Ekuador, Italia, El Salvador dan Kenya.

Letusan Gunung Tambora bukan berarti tidak didahului peringatan. Gunung tersebut pertama kali menimbulkan gempa pada 1812.

Sebelumnya, Tambora tidur selama lebih dari 1.000 tahun dan banyak warga desa yang tinggal di lereng gunung berapi yang subur itu tidak merasa terancam. Karena tidak ada evakuasi sebelum tahun 1815, lebih dari 10.000 orang tewas oleh aliran piroklastik dan tsunami.

" Letusan sebesar itu saat ini pasti akan memiliki efek besar pada lalu lintas udara serta sirkulasi atmosfer di seluruh dunia," kata Self.

Lebih dari 278.000 orang tewas oleh letusan gunung berapi sejak 1600, menurut laporan tersebut. Hanya dengan lima letusan telah menyebabkan 58 persen kematian yang tercatat (termasuk Tambora).

Dari semua kematian, 33 persen tewas oleh aliran piroklastik dan 20 persen oleh tsunami; 14 persen lainnya tewas dalam lahar.

Hanya 887 orang meninggal akibat lava. 24 persen lainnya tewas secara tidak langsung yaitu karena kelaparan dan penyakit. Abu panas, longsoran material, petir dan bahaya lainnya menjadi penyebab kematian sisanya. Gunung berapi dapat memicu tsunami dari tanah longsor atau letusan bawah air. (Ism) 

1 dari 5 halaman

Ini yang Tak Akan Hancur Saat Hari Kiamat

Ini yang Tak Akan Hancur Saat Hari Kiamat

Dream - Telah dikatakan dalam kitab suci Alquran bahwa dunia beserta isinya akan hancur saat sangkakala ditiupkan. Tak ada yang dapat menghindari peristiwa tersebut. Bahkan malaikat Israfil yang meniupkannya pun akan binasa.

Namun tahukah Anda ada beberapa hal yang tak akan hancur saat peristiwa kiamat terjadi? Seperti yang diungkapkan Imam Al Barbahari, " Dan segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kehancurannya maka akan hancur, kecuali surga dan neraka, 'Arsy, Al-Qalam dan Lauh Mahfuzh," .

1. Surga dan neraka
2. 'Arsy atau Singgasana Allah SWT
3. Kursi milik Allah SWT
4. Lauh Mahfuzh
5. Qalam atau Pena
6. Tulang Ekor
7. Ruh

Ingin tahu penjelasan lebih dalam? Baca selengkapnya di sini Ini yang Tak Akan Hancur Saat Kiamat.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!  


 (Ism) 

2 dari 5 halaman

Berbagai Versi Ramalan 'Kiamat'

Berbagai Versi Ramalan 'Kiamat'

Dream - Sebagai umat muslim yang percaya akan ajaran dan takdir sang Illahi tentu mwnjadi kewajiban kita untuk mengimani adanya hari akhir yakni hari kiamat. Di mana seluruh jagat raya ini akan musnah, tak ada satu makhluk hidup yang dapat menghindari peristiwa besar tersebut.

Telah banyak paranormal atau ilmuan yang menebak-nebak kapan tibanya hari kiamat. Suku Maya merupakan suku yang meramalkan terjadinya kiamat di tahun 2012. Namun nyatanya kita masih beraktivitas seperti biasanya.

Bukan hanya itu, Leonardo da Vinci memprediksi 1 November 4006 sebagai kiamat hal ini disampaikan melalui kode yang ditemukan peneliti Vatikan, Sabrina Sforza Galitzia.

Menurut para astronom asal Ukraina, bumi bisa berakhir pada 26 Agustus tahun 2032. Mereka mengungkapkan bahwa sebuah asteroid sebesar 4 kilometer sedang menuju bumi, dan dapat menabrak bumi yang mampu menghasilkan tenaga setara dengan 2.510 ledakan nuklir.

Berbagai kalangan juga turut meramaikan isu kiamat yang sebenarnya rahasia Allah SWT.

" Apabila terjadi hari kiamat, tidak seorangpun dapat berdusta tentang kejadiannya. (Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain), apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya, dan gunung-gunung dihancur luluhkan seluluh-luluhnya, maka jadilah ia debu yang beterbangan" [QS. Al-Waqi'ah ayat 1-6]

Ingin tahu lebih lanjut penjelasannya? Yuk selengkapnya Baca di sini   Berbagai Versi Ramalan Kiamat.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!  

 


(Ism) 

3 dari 5 halaman

Mengintip `Pesawat Kiamat` Amerika

Mengintip `Pesawat Kiamat` Amerika

Dream - Pemerintah Amerika Serikat diam-diam telah menyiapkan pesawat untuk menghadapi `kiamat`. Pesawat ini dirancang khusus untuk menghadapi kondisi paling buruk, seperti perang nuklir dan bencana lainnya. Sehingga pemerintahan negeri Paman Sam tetap berjalan dalam kondisi darurat itu.

Dikutip Dream dari laman News.com.au, Senin 15 September 2014, AS disebut memiliki empat pesawat jenis ini. Namun, tulis laman itu, negeri adi daya itu masih merahasiakannya.

Pesawat ini dirancang seperti pesawat kepresidenan AS, Air Force One. Pesawat yang sehari-hari dipakai Presiden AS itu memang dilengkapi peralatan canggih. Sehingga bisa disebut sebagai `kantor terbang`.

Namun, `pesawat kiamat` ini dibangun lebih canggih lagi. Sehingga dalam kondisi paling buruk, seperti terjadinya perang nuklir, negara AS masih bisa diperintah dari burung terbang ini.

Pesawat ini merupakan hasil modivikasi dari Boeing 747 yang disebut E-4B, juga disebut sebagai " National Airborne Operations Center" saat operasi, yang dilaporkan terjadi pada 11 September 2011. Selengkapnya Mengintip Pesawat `Anti-Kiamat` Amerika. (Ism) 

4 dari 5 halaman

Misteri Munculnya Ya'juj dan Ma'juj dalam Quran

Misteri Munculnya Ya'juj dan Ma'juj dalam Quran

Dream - Dalam Alquran, ada disebutkan tentang misteri Ya’juj dan Ma’juj, siapakah mereka? Ya’juj Ma’juj dikenal di Alquran sebagai seseorang, negara, ataupun kumpulan orang yang muncul ketika hari kiamat sudah akan tiba. Mereka nanti akan muncul dari penjara yang selama ini tidak terlihat oleh mata telanjang dan akan menebarkan kejahatan di manapun mereka bepergian.

Nantinya, lawan sepadan mereka adalah Imam Mahdi dan Nabi Isa yang dengan bantuan Allah akan menghabisi Ya’juj dan Ma’juj serta seluruh anak buahnya.

Ya’juj dan Ma’juj ternyata tidak hanya dikenal oleh umat-umat Muslim lewat Alquran, tapi ternyata di Perjanjian Lama nama ini juga muncul dan begitu juga umat Yahudi meyakini bahwa di akhir zaman nanti akan muncul Ya’juj dan Ma’juj yang mereka (baik umat Kristiani dan Yahudi) kenal dengan nama Gog dan Magog.

Misteri Ya’juj dan Ma’juj sudah beberapa kali coba dipecahkan oleh berbagai manusia dari berbagai macam kepercayaan, dan mereka belum pernah bisa memastikan mana yang benar.

Pernah Ya’juj dan Ma’juj dikaitkan dengan orang-orang nomad di daerah Eurasia seperti Hun dan orang-orang Mongol , sementara umat Islam pernah mengaitkan mereka dengan beberapa suku di sekitar Turki dan nantinya dengan orang-orang Mongol.

Penasaran dengan kelanjutannya? Yuk selengkapnya Baca di sini Misteri Kemunculan Yajuj dan Majuj.

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!  

 


 (Ism) 

5 dari 5 halaman

Ilmuwan: Kiamat Kian Dekat!

Ilmuwan: Kiamat Kian Dekat!

Dream - Sekelompok ilmuwan internasional, termasuk 18 pemenang Hadiah Nobel, akan bertemu untuk memutuskan pada pekan ini apakah mereka perlu menyetel ulang Doomsday Clock (Jam Kiamat) di tengah kekhawatiran tentang perubahan iklim dan meningkatnya ketegangan nuklir.

Pada Kamis pukul 4 sore waktu GMT, kelompok ilmuwan yang tergabung dalam Bulletin of the Atomic Scientists (BAS) akan mengumumkan apakah menit Doomsday Clock perlu dimajukan atau dimundurkan sebelum tengah malam yang menjadi penanda dimulainya kerusakan di planet Bumi.

Terakhir kali Doomsday Clock disesuaikan pada Januari 2012, ketika menitnya dimajukan ke depan sebanyak 5 menit sebelum tengah malam.

Waktu itu, para ilmuwan memperingatkan bahwa desain reaktor nuklir yang lebih aman perlu dikembangkan dan dibangun dengan pelatihan dan pengawasan yang lebih baik untuk mencegah bencana di masa depan.

Kekhawatiran tersebut dibuktikan dengan bocornya reaktor nuklir Fukushima 1 di Jepang akibat gempa dan tsunami.

Doomsday Clock pertama kali dicetuskan BAS pada 1947 ketika fisikawan yang bekerja di Proyek Manhattan mengembangkan bom atom pertama di dunia. Saat itu, Doomsday Clock dimajukan 7 menit sebelum tengah malam. Selengkapnya Baca juga: Kiamat Kian Dekat!. (Ism) 

Beri Komentar