Sulitnya Mencari Makam Islam di Finlandia

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 13 Agustus 2014 06:02
Sulitnya Mencari Makam Islam di Finlandia
Selama ini, muslim Finlandia harus rela menguburkan sanak saudaranya yang telah meninggal di 'bagian muslim' pemakaman gereja Lutheran.

Dream - Mencari tempat untuk menguburkan jenazah dengan layak dan sesuai syariah Islam menjadi mimpi bagi muslim Finlandia di wilayah Uusimaa. Pencarian mereka akan sebuah makam khusus muslim selama enam tahun telah terbukti sia-sia.

" Anda pasti akan berpikir bahwa kita akan menemukan daerah di Uusimaa yang dapat digunakan sebagai makam," kata Wakil Ketua Dewan Islam Finlandia Pia Jardi kepada situs Finlandia, YLE dikutip OnIslam.net, Rabu 13 Agustus 2014.

Namun selama enam tahun terakhir, usaha umat Islam mengajukan proposal di 16 kota yang berbeda dan kota-kota di wilayah Uusimaa Finlandia selatan untuk sebuah makam Islam tak membuahkan hasil. Bahkan, mereka menyewa seorang konsultan untuk mendapatkan sebidang tanah.

Selama ini, muslim Finlandia harus rela menguburkan sanak saudaranya yang telah meninggal di 'bagian muslim' pemakaman gereja Lutheran.

Jardi mengatakan sudah memberi banyak penjelasan kepada Dewan Kota namun mereka bersikeras tanah di kota mereka tidak ada yang cocok dijadikan makam Islam.

Namun, Jardi menduga ada alasan lain yakni sikap dingin warga mayoritas terhadap Muslim. " Mungkin itu ada hubungannya dengan kurangnya kemauan politik," katanya.

Jardi mengatakan masalah sebenarnya terletak pada kota-kota besar yang tidak memberikan fasilitas semacam ini.

" Beberapa kasus menunjukkan orang meninggal terpaksa dikubur di luar negeri meskipun keluarganya tidak mampu. Itu karena tidak ada kuburan yang cocok di kota mereka sendiri. Kaum muslim di sini ingin memiliki pemakaman Islam, " kata Jardi.

Di antara 5,2 juta penduduk Finlandia, 40.000 hingga 45.000 di antaranya adalah muslim. Islam diperkenalkan ke Finlandia oleh suku Tatar Baltic pada akhir abad ke-19. Tatar Baltic tiba di Finlandia sebagai pedagang dan tentara.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More