Muslim Indonesia di Australia Gelar Muktamar Pertama

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 3 Juni 2016 20:03
Muslim Indonesia di Australia Gelar Muktamar Pertama
Muktamar ini untuk menghadapi beberapa isu dan masalah di dalam kehidupan yang ada sebagai perantau di Australia.

Dream - Komunitas muslim Indonesia di Australia akan menggelar muktamar September mendatang. Rencananya, muktamar yang baru pertama kali diadakan itu akan dihelat di Kota Melbourne.

" Pertemuan, forum komunikasi, dan kerjasama ini kami harapkan menjadi dasar dan fondasi Muslim Indonesia untuk bisa saling bantu,” kata Diski, project direktor muktamar, dikutip Dream dari Australia Plus, Jumat 3 Juni 2016.

Diski berujar, forum itu digelar juga untuk menghadapi beberapa isu dan masalah perantau di Australia. Muktamar akan digelar di Hotel Bell City, Preston, dari tanggal 23 hingga 25 September itu mengambil tema “ Living in Harmony”.

Menurut Diski, kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas Muslim Indonesia di Victoria (IMCV) ini ingin menyediakan media komunikasi dan kerjasama sesama Muslim Indonesia di Australia.

Acara ini diharapkan dihadiri sekitar 1000 peserta yang berasal dari seluruh Australia.

“ Kita akan selenggarakan empat acara, yaitu konferensi dan forum komunikasi, pameran, kunjungan ke Islamic Museum Australia, dan akan ditutup dengan Gala Dinner,” lanjut Diski.

Muktamar ini akan membahas isu-isu yang terjadi dalam masyarakat di Australia secara umum, seperti terorisme dan radikalisasi, Islamophobia, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Partisipasi Wanita dan Generasi Muda, serta Sertifikasi Halal.

“ Kita juga akan melakukan promosi Wisata Halal Indonesia yang sekarang lagi aktif dipromosikan,” tambah Diski.

Warga Muslim Indonesia di Australia menyambut positif rencana ini. Selain itu, perwakilan pemerintah Indonesia di Australia juga memberikan dukungan. Pemerintah lokal Australia dan juga komunitas Muslim lain di Australia juga demikian.

Muktamar seperti ini, kata Diski, baru pertama kali diselenggarakan di Australia. “ Sepengetahuan saya komunitas Muslim Indonesia di Amerika Serikat sudah menjalankan acara seperti ini beberapa kali,” jelas dia.

Saat ini sekitar 15 ribu Muslim Indonesia tinggal di Australia, dari total sekitar 500 ribu populasi Muslim di negeri Kanguru. Dari 15 ribu tersebut, diperkirakan 70 persen tinggal di Melbourne dan Sydney. Komunitas Muslim Indonesia di Melbourne sendiri sekarang ini mempunyai tiga pusat kegiatan (masjid) dan 15 majelis pengajian. (Ism) 

Beri Komentar