4 Jenis Makanan Ini Mampu Mencegah Jerawat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 7 Juni 2019 11:02
4 Jenis Makanan Ini Mampu Mencegah Jerawat
Pola makan sangat berpengaruh pada timbulnya jerawat. Apa yang kamu makan dapat memperparah atau membantu menghilangkan jerawatmu.

Dream - Pola makan sangat berpengaruh pada timbulnya jerawat. Apa yang kamu makan dapat memperparah atau membantu menghilangkan jerawatmu.

Meskipun tidak sepenuhnya mampu menghilangkan jerawat, nutrisi yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu. Pada sebagian orang, jerawat hampir bisa menghilang seiring bertambahnya usia dan gen yang baik.
 
Dan diet sehat bisa sangat berharga untuk menghilangkannya, terutama jika kulitmu rawan berjerawat.
 
Berbagai penelitian menemukan bahwa makanan tertentu dapat mengurangi jerawat. Inilah yang bisa kamu konsumsi untuk memperbaiki kondisi kulit: 
 

 Ilustrasi


1. Diet Indeks Glikemik Rendah

Para peneliti menemukan bahwa diet indeks glikemik rendah efektif dalam mengurangi noda di wajah. Indeks glikemik digunakan untuk mengukur peringkat makanan berdasarkan pengaruhnya pada kadar gula darah.
 
Makanan yang tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat memiliki indeks glikemik rendah. Diet indeks glikemik rendah mampu mengurangi androgen, hormon, yang dilepaskan dan menjadi penyebab utama jerawat.
 
Nasi merah, kentang, kacang-kacangan, brokoli, paprika merah, jeruk, kelapa dan tomat adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi sehari-hari.
 

1 dari 3 halaman

Cegah Jerawat dengan Makanan Kaya Vitamin Berikut

2. Makanan Kaya Vitamin A, D dan E  

 Ilustrasi



Peneliti telah menemukan vitamin A dapat mengatasi jerawat dan peradangan. Sebuah penelitian tahun 2014 menemukan bahwa orang-lebih rentan terhadap jerawat jika kekurangan vitamin D.   Sementara itu, penelitian lain menemukan bahwa suplemen vitamin D dapat mengurangi jerawat, serta membuat kulit bersih. Ubi jalar, wortel, alpukat, tomat, minyak zaitun dan jamur adalah sumber vitamin ini.  

2 dari 3 halaman

Cegah Jerawat dengan Menu Kaya Asam Lemak

3. Makanan Kaya Asam Lemak Omega-3  

 Ilustrasi



Menurut penelitian, makanan kaya asam lemak omega-3 memiliki sifat anti peradangan yang bisa meredakan jerawat. Sumber protein dari nutrisi ini adalah kerang dan minyak ikan cod.   Jika lebih banyak mengonsumsi protein nabati, kamu bisa menggantinya dengan biji rami, kenari, chia seeds dan kedelai. Makanan-makanan ini bisa mengurangi beruntusan secara bertahap.  

3 dari 3 halaman

Cegah Jerawat dengan Makan Ini

4. Makanan Kaya Antioksidan  

 Ilustrasi



Makanan kaya antioksidan mengandung bahan yang sangat bermanfaat dan dapat mengatasi radikal bebas yang penyebab berbagai masalah kulit.   Jika tubuh memiliki sistem pertahanan antioksidan yang baik, kamu akan terhindar dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan jerawat.   Cokelat hitam, buah beri, ketumbar, teh hijau dan tomat adalah beberapa makanan yang kaya antioksidan.

(ism, Sumber: misskyra.com)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting