4 Lifehack Simpel Atasi Bau Kaki yang Mudah Dilakukan

Reporter : Jeffreydien Winanda
Kamis, 28 Oktober 2021 09:09
4 Lifehack Simpel Atasi Bau Kaki yang Mudah Dilakukan
Ucapkan selamat tinggal kepada bau kaki

Nggak berbentuk tapi sangat mengganggu. Bau kaki adalah salah satu hal yang menyebalkan apalagi ketika sedang berada di forum umum.

Beragam situasi seperti kaki yang berkeringat, sirkulasi udara di dalam sepatu kurang lancar, hingga bahan kaus kaki yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab munculnya aroma nggak sedap. Meski begitu, ada lifehack sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau kaki yang mengganggu. Apa saja?

1 dari 4 halaman

Oleskan Larutan Kopi

4 Lifehack Simpel Atasi Bau Kaki yang Mudah Dilakukan© 2021 Shutterstock

Pernahkah kamu melihat adanya biji kopi yang terletak di atas meja saat membeli parfum di toko? Benar sekali, kopi adalah salah satu bahan yang bisa menetralisir bau di sekitarnya. Kopi memiliki kemampuan eksfoliasi yang bisa membuat bau di kaki tersamarkan.

Caranya gampang banget. Letakkan kopi baik berbentuk biji maupun bubuk ke dalam rongga sepatu dan biarkan semalaman. Selain itu, cara lain juga bisa dilakukan yaitu mencampur kopi bubuk dengan sedikit air hingga berbentuk pasta kemudian dioleskan ke telapak serta punggung kaki. Cara ini efektif untuk menghilangkan aroma tak sedap di kaki.

© Dream
2 dari 4 halaman

Batasi Penggunaan Sepatu dalam Sehari

4 Lifehack Simpel Atasi Bau Kaki yang Mudah Dilakukan© 2021 Shutterstock

Nggak bisa dipungkiri, panjangnya jam kerja di kantor membuat semua orang berlama-lama memakai sepatu. Hal ini membuat kaki lebih berkeringat dan memicu munculnya bau.

Namun hal ini bisa diakali dengan cara memakai sendal saat lunch break. Cara ini efektif untuk menjaga sirkulasi udara pada sepatu dan kaki dan membuatnya terhindar dari bau tak sedap.

3 dari 4 halaman

Serap Bau Kaki dengan Teh

4 Lifehack Simpel Atasi Bau Kaki yang Mudah Dilakukan© 2021 Shutterstock

Serupa dengan kopi, teh juga mampu menetralisir aroma yang ada di sekitarnya. Kandungan antibakteri dan antiinflamasi di dalamnya membuat aroma terserap.

Caranya juga serupa seperti metode menghilangkan bau kaki dengan kopi. Letakkan daun teh kering atau teh celup ke dalam sepatu dan diamkan semalaman. Selain itu, coba juga cara menyeduh daun teh dengan air panas, setelah menghangat basuhkan ke kaki secara rutin.

© Dream
4 dari 4 halaman

Gunakan Kaus Kaki Berbahan Katun

4 Lifehack Simpel Atasi Bau Kaki yang Mudah Dilakukan© 2021 Shutterstock

Penggunaan bahan kaus kaki yang salah turut berkontribusi dari munculnya aroma mengganggu. Bahan kain yang nggak menyerap keringat inilah yang memicu bau lantaran terjadi kontak dengan keringat dan sirkulasi udara yang kurang ideal.

Hindari kaus kaki yang memiliki ketebalan tinggi. Kamu bisa mencoba kaus kaki berbahan katun yang mampu menyerap keringat sehingga mengurangi risiko munculnya aroma mengganggu.

Bau kaki memang mengurangi rasa percaya diri. Lifehack di atas akan mengatasi bau kaki dan mengembalikan rasa pede di dalam dirimu. Kini kamu siap berekspresi kembali dengan pilihan OOTD harian dan sepatu favorit di segala aktivitas.

Beri Komentar