4 Resep Sehat dan Panjang Umur ala Masyarakat Jepang

Reporter : Elsa Yuni Kartika
Jumat, 1 April 2022 08:36
4 Resep Sehat dan Panjang Umur ala Masyarakat Jepang
Tak hanya teknologi canggihnya, masyarakat Jepang juga terkenal dengan gaya hidup sehat dan berumur panjang.

Dream – Jepang dikenal sebagai negeri berteknologi maju. Selain itu, masyarakat Negeri Samurai juga terkenal dengan gaya hidup sehat. Sehingga tidak heran warga Jepang dikenal punya tubuh ideal dan awet muda.

Dikutip dari The Mainichi, Kamis 31 Maret 2022, rata-rata usia penduduk Jepang bisa mencapai 88 tahun untuk perempuan dan 81 tahun untuk pria. Usia mereka bahkan diperkirakan bisa lebih dari rata-rata tersebut.

Data itu pasti membuat penasaran Sahabat Dream tentang bagaimana gaya hidup serta pola makan masyarakat Jepang sehingga membuat mereka sehat dan berumur panjang.

Berikut empat rahasia yang membuat warga Jepang awet muda, seperti dikutip dari Tokyo Savvy:

1 dari 4 halaman

Menerapkan Pola Makan ‘Hara Hachi Bu’

Ilustrasi orang Jepang makan© Shutterstock 

Terdapat sebuah filosofi makan orang Jepang yang berasal dari Okinawa, yakni Hara Hachi Bu, yang berarti makan sampai 80 persen kenyang dan sisakan 20 persen area kosong pada perut. Nah, ruang kosong yang ada di perut inilah yang gunanya memudahkan proses pencampuran makanan dengan asam lambung.

Pola makan dengan mengikuti filosofi Hara Hachi Bu ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, hingga strok. Jenis makanan yang dianjurkan yaitu mengandung rendah kalori dan dikunyah secara lumat. Dengan pola makan ini, tak heran jika Okinawa terkenal dengan penduduknya yang rata-rata berumur panjang hingga 100 tahun.

2 dari 4 halaman

Hindari Makanan Cepat Saji

Ilustrasi makanan cepat saji© Shutterstock

Usai beraktivitas atau pulang kerja di malam hari, seringkali kita merasa energi tubuh terforsir, sehingga membutuhkan asupan makanan. Namun, hindari mengonsumsi makanan cepat saji saat malam hari. Hal tersebut dikarenakan makanan cepat saji mengandung banyak lemak, gula dan pengawet.

Menurut Medical News Today, makanan cepat saji dapat meningkatkan gula darah, tekanan darah, hingga peradangan dalam jangka pendek. Sementara itu, dalam jangka panjang, makanan cepat saji dapat menyebabkan masalah pencernaan, jantung, obesitas dan lain-lain. Sebisa mungkin Sahabat Dream memasak sendiri atau menyediakan makanan yang bernutrisi sebelum berangkat kerja atau beraktivitas.

3 dari 4 halaman

Banyak Variasi Makanan

Ilustrasi makanan tradisional Jepang© Shutterstock

Masyarakat Jepang terkenal dengan prinsip ichijyu sansai saat membuat makanan tradisional, yaitu satu sup dengan tiga hidangan berupa sayuran, nasi dan ikan. Prinsip inilah yang dapat membantu menyeimbangkan pola makan yang baik serta menjadi salah satu kunci diet sehat masyarakat Jepang.

Seperti yang diketahui, makanan fermentasi seperti miso dan kecap adalah bagian yang tak terpisahkan dari masakan Jepang. Keduanya baik dalam membantu menjaga sistem pencernaan. Selain itu, dashi (kaldu sup) yang kaya rasa juga berguna untuk menjaga kadar garam semaksimal mungkin.

 

4 dari 4 halaman

Makan Makanan Bergizi Seimbang

Ilustrasi makanan sehat© Shutterstock

Masyarakat Jepang biasanya sering mengonsumsi pisang, natto, umeboshi (acar plum), tahu, teh hijau dan makanan lainnya. Makanan tersebut dipercaya dapat memberikan hasil diet yang instan.

Namun, perlu diperhatikan, mengonsumsi makanan di atas juga perlu diseimbangkan dengan makanan bergizi lainnya, berolahraga rutin, serta diikuti pola mindset positif.  Melansir Healthline, olahraga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mempertahankan massa tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Nah, itu dia empat resep gaya hidup sehat dan panjang umur ala masyarakat Jepang. Sahabat Dream tertarik mencobanya?

Beri Komentar