6 Kesalahan Saat Mandi yang Sering Dilakukan Orang

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 15 Juli 2019 19:36
6 Kesalahan Saat Mandi yang Sering Dilakukan Orang
Melakukan kesalahan berulang-ulang saat mandi bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Dream - Mandi sudah jadi rutinitas wajib. Saban pagi dan sore pasti kita lakukan. Tapi apakah kita tahu ada teknik mandi yang benar?

Apakah Anda juga yakin cara mandi yang selama ini dilakukan sudah benar? Sebab bila melakukan kesalahan berulang-ulang saat mandi bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Dilansir Times of India, inilah enam kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang saat mandi.

1 dari 5 halaman

1. Mandi Menggunakan Air Panas Terlalu Lama

Mandi air panas setelah beraktivitas mungkin terasa menyenangkan dan menyegarkan. Tetapi jika dilakukan secara rutin, bisa berdampak buruk pada kulit.

 shutterstock

Mandi air panas berlama-lama dapat merontokkan rambut dan menghilangkan minyak alami, serta kelembapan kulit.

2 dari 5 halaman

2. Menggosok Kulit Kepala Terlalu Keras

Menggunakan kuku saat membersihkan kulit kepala bisa menyebabkannya terkelupas. Selain itu, menggosok kulit kepala dengan keras dapat menyebabkan ujung rambut bercabang menjadi rusak.

3. Jarang Membersihkan Spons Mandi

Spons mandi biasanya digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Agar tetap bersih dan tidak menjadi sarang bakteri, kamu harus menggantungnya di tempat kering.

Selain itu, memakai spons yang tidak bersih akan mengembalikan kotoran pada kulit saat mandi. Karenanya, selalu bersihkan spons sebelum dan sesudah mandi. Jika perlu, gantilah setiap tiga bulan sekali.

3 dari 5 halaman

4. Menggunakan Sabun Sembarangan

Sebagian orang tidak terlalu peduli dengan jenis sabun yang digunakan untuk mandi. Mereka biasanya hanya memikirkan aromanya saja.

Karenanya, saat mandi hindari menggunakan sabun yang membuat kulit terasa kering. Terlalu banyak menggunakan sabun juga tidak baik. Selain kering, kulit bisa belang-belang.

 shutterstock

4 dari 5 halaman

5. Tidak Segera Menggunakan Pelembab atau Lotion

Setelah mandi, pastikan menggunakan pelembap atau lotion untuk mengunci kelembapan kulit. Namun, lakukan itu saat kulit masih basah. Dengan demikian, kulit akan selalu terdehidrasi untuk waktu yang lama.

 shutterstock

5 dari 5 halaman

6. Tidak Membilas Sabun atau Sampo sampai Bersih

Ketika mandi, usahakan untuk membilas sabun atau sampo sampai bersih. Jangan sampai ada sisa-sisa sabun atau sampo yang menempel di kulit setelah mandi.

Tidak membilas sabun atau sampo dengan benar, akan menyebabkan iritasi, pori-pori tersumbat dan juga jerawat.

 shutterstock

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo