Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ternyata Ada Urutan Mandi yang Ideal, Sudah Tahu?

Ternyata Ada Urutan Mandi yang Ideal, Sudah Tahu? Ilustrasi : Shutterstock

Dream - Mandi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebersihan bagi tubuh. Masih banyak orang yang menganggap bahwa mandi itu hanya sekadar 'yang penting basah'.

Padahal, demi tubuh yang bersih optimal, mandi harus dilakukan dengan tepat. Urutannya harus tepat, sampai detail gerakannya.

Jika dilakukan hanya asal, efek bersih tidak bisa didapatkan secara maksimal. Lantas sudah benarkah cara mandi kita selama ini?

Dilansir Teenvogue, ada urutan mandi yang ideal. Sahabat Dream sudah tahu? Jika belum, yuk lihat detailnya.

Cuci Rambut dan Sikat Gigi

1. Awali dengan mencuci rambut

Jika hari ini adalah jadwal keramas, maka lakukan di awal mandi. Basahi rambut, pijat pelan-pelan sampai bersih menggunakan sampo. Setelah bersih, aplikasikan conditioner dan diamkan, lanjut ke aktivitas lain.

2. Gosok gigi

Mandi

Kamu bisa membersihkan gigimu terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian tubuh lainnya.

Lakukan Urutan Ini

3. Sabun

Nah, sekarang kamu sudah boleh membersihkan tubuhmu dengan sabun. Ingat, jangan terlalu lama ya karena tidak baik untuk kelembapan kulit. Pastikan juga sabun yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu.

4. Bersihkan hingga tuntas

Ulama Mesir Sebut Pria Boleh Intip Calon Istrinya Mandi

Saat membilas sisa sabun, jangan lupa bersihkan kondisioner yang masih di kepala. Cuci sampai bebas busa dan tidak licin lagi, lalu siram kembali seluruh tubuhmu dengan air untuk membersihkan sisa sabun.

5. Cuci muka

Cuci muka

Untukk satu ini dianjurkan dilakukan paling akhir, agar sekaligus membersihkan residu dari sampo, sabun, maupun pasta gigi yang mungkin menempel di wajah.

Ingin mengikuti urutannya, Sahabat Dream? (mut)

5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?

Dream – Hampir semua orang pasti mandi saban hari, baik satu, dua, atau tiga akali dalam sehari. Mandi tidak bisa lepas begitu saja dengan kehidupan sehari-hari setiap orang.

Tidak sembarang aktivitas, mandi juga memiliki beragam manfaat yang bagus bagi tubuh. Membunuh kuman penyakit, menyegarkan tubuh, menghilangkan bau badan, merupakn sedikit dari sekian banyak manfaat mandi. Tidak hanya itu saja, mandi juga bisa membersihkan diri dari segala hadast, baik kecil maupun besar.

Namun, pernakah kalian berpikir apakah cara mandi kalian sudah benar? Ya memang mandi sudah sering dilakukan, sayangnya masih banyak kesalahan yang dilakukan. Jangan dikira cara mandi seseorang itu akan benar semuanya ya Sahabat Dream. Terdapat beberapa kesalahan yang bisa jadi kerap kalian lakukan tanpa sadar.

Penasaran kesalahan apa saja? Tidak perlu panik, Dream akan memberikan informasinya secara khusus untuk kalian. Dikutip dari The Health Sitedokter kulit Sejal Shah akan memberi tahu kalian apa yang sebaiknya tidak dilakukan saat mandi, seperti berikut ini.

 

 

Menggunakan Air Terlalu Panas

1. Kesalahan Saat Mandi: Menggunakan Air Terlalu Panas

 5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?

Sebagian besar orang pasti menyukai mandi menggunakan air hangat. Memang, suhu air yang tinggi tersebut mampu membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan menenangkan. Sayangnya, dibalik manfaat tersebut tersembunyi dampak negatif bagi tubuh kalian.

Sadar atau tidak, mandi menggunakan air hangat atau terlalu panas akan menghilangkan minyak alami di kulit kalian. Bahkan, tidak jarang air terlalu panas dapat menimbulkan rasa gatal serta membuat kulit menjadi sangat kering setelahnya. Meskipun kalian berada di kawasan yang dingin, jangan pernah menggunakan air yang terlalu panas pada saat mandi ya Sahabat Dream.

2. Kesalahan Saat Mandi: Menghabiskan Banyak Waktu

 5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?

Siapa nih yang suka mandi berlama-lama? Kalian pasti sering tergoda untuk menghabiskan waktu lama berada di kamar mandi. Sayangnya, kebiasaan tersebut justru bisa merusak kesehatan kulit kalian loh Sahabat Dream.

Seperti poin sebelumnya, terlalu lama berada di kamar mandi mampu menghilangkan minyak alami serta lamak di kulit kalian. Tidak sesederhana itu, kedua dampak tersebut akan secara otomatis tidak bisa menjebak air agar kulit tetap terjaga kelembapan serta kelembutannya.

Karena alasan itulah sebaiknya kalian tidak menghabiskan waktu mandi lebih dari 10 menit. Tapi, berbeda cerita jika ada sesuatu hal mendesak dan membuat kalian harus berlama-lama di kamar mandi.

Harum Sabun

3. Kesalahan Saat Mandi: Harum Sabun

 5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?

Jangan salah, sabun yang memiliki bau harum ternyata juga bisa menghilangkan kelembapan kulit kalian loh. Tidak hanya itu saja, beberapa sabun tersebut juga menyebabkan kulit menjadi super kering bahkan hingga mengelupas.

Memang, tidak semua sabun yang beraroma wangi akan berbahaya bagi kulit. Alangkah lebih baik untuk menghindari jenis sabun yang seperti itu terutama yang memiliki aroma sangat wangi.

Sabun yang beraroma wangi cenderung memiliki kandungan paraben, pewangi serta pewarna sintetis. Ditambah dengan adanya kandungan senyawa natrium lauril sulfat serta formaldehida membuat sabun tersebut perlu kalian hindari.

Solusi terbaik yaitu dengan menggunakan sabun yang mengandung minyak esensial. Kalian bisa melihat kandungan bahan yang digunakan pada tabel komposisi di belakang kemasan sabun ya Sahabat Dream.

4. Kesalahan Saat Mandi: Tidak Mengganti Spon Mandi

 5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?

Melakukan exfoliating selama mandi memang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Namun, menggunakan spon mandi yang sama secara berulang kali bukanlah ide yang sangat bagus dan jenius. Meskipun terkena sabun dan air mengalir setiap hari, di dalam spon mandi tetap tersimpan sejumlah bakteri yang berkembang biak.

Tentu saja, bakteri tersbeut bisa dengan mudahnya berpindah ke kulit tubuh. Karena alasan inilah, penggunaan spon mandi yang sudah sangat lama tidak dianjurkan untuk tetap digunakan.

Buruknya, jika kalian tetap menggunakannya maka nantinya akan muncul infeksi pada folikel rambut dan membuat kalian merasa sangat gatal serta menyengat. Solusi terbaik yaitu gantilah spon mandi setiap 4 minggu sekali atau menggantikannya dengan waslap.

5. Kesalahan Saat Mandi: Membilas Kurang Bersih

 5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?

Apakah kalian memiliki jerawat di punggung? Jika iya, itu tandanya kalian kerap tidak bersih dalam membilas sabun saat mandi.

Tidak hanya sabun saja, sampo serta kondisioner juga harus tetap dibilas hingga bersih. Bukan tanpa alasan, produk yang masih menempel tersebut akan menyumbat pori-pori kulit kalian sehingga bisa menyebabkan munculnya jerawat di area punggung. Hal ini juga berlaku dalam membilas sampo serta kondisioner.

Dengan tidak membilasnya secara bersih, jangan pernah menyalahkan si produk apabila kalian menemukan jerawat di sekitar kepala.

Buruknya, kulit kepala kalian menjadi sangat berketombe serta rontok. Untuk itulah, sangat perlu diperhatikan kebersihan tubuh kalian dari sabun dan produk lainnya saat sedang mandi. Kalau sedang terburu-buru? Berarti kalian harus bangun lebih pagi lagi agar bisa maksimal dalam membersihkan badan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kamar Mandi Kerap Jadi Sarang Jin, Hindari Taruh Pakaian Kotor di Kamar Mandi

Kamar Mandi Kerap Jadi Sarang Jin, Hindari Taruh Pakaian Kotor di Kamar Mandi

Kamar mandi seringkali menjadi tempat yang ideal bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak karena kelembaban yang tinggi.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
4 Langkah Minimalisir Munculnya Kerutan Saat Tidur

4 Langkah Minimalisir Munculnya Kerutan Saat Tidur

Kebiasaan tidur tertentu bisa menyebabkan penuaan dini. Hindari kebiasaan tersebut untuk mencegah munculnya kerutan atau tanda penuaan lainnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Kebiasaan yang Bikin Kondisi GERD Makin Parah, Jangan Dilakukan Ya!

5 Kebiasaan yang Bikin Kondisi GERD Makin Parah, Jangan Dilakukan Ya!

GERD bisa diperparah dengan 5 kebiasaan sederhana yang mudah dilakukan setiap orang. Hindari kebiasaan itu dan lakukan rutinitas lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Berapa Normalnya Rambut yang Rontok Saat Mandi?

Berapa Normalnya Rambut yang Rontok Saat Mandi?

Seringkali orang merasa khawatir saat mengetahui rambutnya rontok, apalagi saat jumlahnya banyak. Yuk, simak berapa normalnya rambut yang rontok!

Baca Selengkapnya
Mandi Malam Bisa Bikin Masuk Angin, Benarkah?

Mandi Malam Bisa Bikin Masuk Angin, Benarkah?

Banyak orang yang menganggap mandi di malam hari bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Padahal, mandi di malam hari memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Baca Selengkapnya
Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Demi Kesehatan

Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Demi Kesehatan

Apakah waktu mandi pagi atau malam memiliki efek pada kesehatan?

Baca Selengkapnya
Tidur dengan Rambut Basah, Ini yang Akan Terjadi

Tidur dengan Rambut Basah, Ini yang Akan Terjadi

Apakah kebiasaan tidur dengan kondisi rambut yang basah setelah keramas itu tidak baik? Yuk, simak kebenarannya!

Baca Selengkapnya
Hindari Kenaikan Berat Badan, 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Perlu Ditinggalkan

Hindari Kenaikan Berat Badan, 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Perlu Ditinggalkan

Berat badan yang ideal bukan hanya sekadar untuk meningkatkan rasa percaya diri, tetapi juga menjadi kunci kesejahteraan fisik dan mental.

Baca Selengkapnya