Ini Waktu Terbaik untuk Mandi agar Kualitas Tidur Meningkat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 24 Oktober 2019 18:12
Ini Waktu Terbaik untuk Mandi agar Kualitas Tidur Meningkat
Buat yang susah tidur wajib banget baca artikel ini!

Dream - Sebagian orang sangat mudah tertidur ketika bertemu kasur. Sementara lainnya ada yang begitu sulit untuk terlelap.

Orang yang sulit tertidur akan terus mencari posisi ternyaman sampai mereka berhasil tidur nyenyak. Meski terdengar sepele, banyak orang yang melakukan berbagai cara agar lebih mudah tertidur.

Mandi air hangat salah satunya.

 shutterstock

Cara ini disinyalir dapat merilekskan pikiran dan menurunkan suhu tubuh, yang menyebabkan tidur menjadi lebih baik.

Tetapi itu juga tergantung pada waktu mandi sebelum tidur.

1 dari 8 halaman

Waktu yang Tepat

Menurut penelitian, seseorang lebih mudah tertidur jika mandi tepat satu hingga dua jam sebelum tidur.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Shahab Haghayegh, Ph.D., kandidat di departemen teknik biomedis di The University of Texas di Austin.

Mereka mengevaluasi hubungan antara waktu mandi, suhu air dan kualitas tidur. Para peneliti menyimpulkan data berdasarkan 5.322 penelitian dan menggunakan beberapa metodologi.

Pada akhirnya, ditemukan bahwa mandi idealnya satu hingga dua jam sebelum tidur di air pada suhu 104 hingga 109 derajat Fahrenheit, atau sekitar 40 hingga 43 derajat celsius, bisa meningkatkan kualitas tidur.

Ini dapat membuat Anda tertidur 10 menit lebih cepat dari waktu normal.

2 dari 8 halaman

Metode Lainnya

Mandi sebelum tidur mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk tertidur dengan cepat. Ini benar-benar meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan suhu tubuh dan membuatmu tertidur lebih cepat daripada waktu normal.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Tetapi ada beberapa cara lain yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari seperti:

  • Menghindari minum kopi di sore hari
  • Mencoba tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
  • Menghindari makan malam
  • Memeriksa apakah kasur dan bantalmu nyaman
  • Menghindari tidur siang hari terlalu lama

Sumber: Times of India

3 dari 8 halaman

5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?

Dream – Hampir semua orang pasti mandi saban hari, baik satu, dua, atau tiga akali dalam sehari. Mandi tidak bisa lepas begitu saja dengan kehidupan sehari-hari setiap orang.

Tidak sembarang aktivitas, mandi juga memiliki beragam manfaat yang bagus bagi tubuh. Membunuh kuman penyakit, menyegarkan tubuh, menghilangkan bau badan, merupakn sedikit dari sekian banyak manfaat mandi. Tidak hanya itu saja, mandi juga bisa membersihkan diri dari segala hadast, baik kecil maupun besar.

Namun, pernakah kalian berpikir apakah cara mandi kalian sudah benar? Ya memang mandi sudah sering dilakukan, sayangnya masih banyak kesalahan yang dilakukan. Jangan dikira cara mandi seseorang itu akan benar semuanya ya Sahabat Dream. Terdapat beberapa kesalahan yang bisa jadi kerap kalian lakukan tanpa sadar.

Penasaran kesalahan apa saja? Tidak perlu panik, Dream akan memberikan informasinya secara khusus untuk kalian. Dikutip dari The Health Sitedokter kulit Sejal Shah akan memberi tahu kalian apa yang sebaiknya tidak dilakukan saat mandi, seperti berikut ini.

4 dari 8 halaman

1. Kesalahan Saat Mandi: Menggunakan Air Terlalu Panas

  5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga? © pixabay.com

Sebagian besar orang pasti menyukai mandi menggunakan air hangat. Memang, suhu air yang tinggi tersebut mampu membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan menenangkan. Sayangnya, dibalik manfaat tersebut tersembunyi dampak negatif bagi tubuh kalian.

Sadar atau tidak, mandi menggunakan air hangat atau terlalu panas akan menghilangkan minyak alami di kulit kalian. Bahkan, tidak jarang air terlalu panas dapat menimbulkan rasa gatal serta membuat kulit menjadi sangat kering setelahnya. Meskipun kalian berada di kawasan yang dingin, jangan pernah menggunakan air yang terlalu panas pada saat mandi ya Sahabat Dream.

5 dari 8 halaman

2. Kesalahan Saat Mandi: Menghabiskan Banyak Waktu

  5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga? © shutterstock

Siapa nih yang suka mandi berlama-lama? Kalian pasti sering tergoda untuk menghabiskan waktu lama berada di kamar mandi. Sayangnya, kebiasaan tersebut justru bisa merusak kesehatan kulit kalian loh Sahabat Dream.

Seperti poin sebelumnya, terlalu lama berada di kamar mandi mampu menghilangkan minyak alami serta lamak di kulit kalian. Tidak sesederhana itu, kedua dampak tersebut akan secara otomatis tidak bisa menjebak air agar kulit tetap terjaga kelembapan serta kelembutannya.

Karena alasan itulah sebaiknya kalian tidak menghabiskan waktu mandi lebih dari 10 menit. Tapi, berbeda cerita jika ada sesuatu hal mendesak dan membuat kalian harus berlama-lama di kamar mandi.

6 dari 8 halaman

3. Kesalahan Saat Mandi: Harum Sabun


  5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga? © pixabay.com

Jangan salah, sabun yang memiliki bau harum ternyata juga bisa menghilangkan kelembapan kulit kalian loh. Tidak hanya itu saja, beberapa sabun tersebut juga menyebabkan kulit menjadi super kering bahkan hingga mengelupas.

Memang, tidak semua sabun yang beraroma wangi akan berbahaya bagi kulit. Alangkah lebih baik untuk menghindari jenis sabun yang seperti itu terutama yang memiliki aroma sangat wangi.

Sabun yang beraroma wangi cenderung memiliki kandungan paraben, pewangi serta pewarna sintetis. Ditambah dengan adanya kandungan senyawa natrium lauril sulfat serta formaldehida membuat sabun tersebut perlu kalian hindari.

Solusi terbaik yaitu dengan menggunakan sabun yang mengandung minyak esensial. Kalian bisa melihat kandungan bahan yang digunakan pada tabel komposisi di belakang kemasan sabun ya Sahabat Dream.

 

 

7 dari 8 halaman

4. Kesalahan Saat Mandi: Tidak Mengganti Spon Mandi

  5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga? © pixabay.com

Melakukan exfoliating selama mandi memang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Namun, menggunakan spon mandi yang sama secara berulang kali bukanlah ide yang sangat bagus dan jenius. Meskipun terkena sabun dan air mengalir setiap hari, di dalam spon mandi tetap tersimpan sejumlah bakteri yang berkembang biak.

Tentu saja, bakteri tersbeut bisa dengan mudahnya berpindah ke kulit tubuh. Karena alasan inilah, penggunaan spon mandi yang sudah sangat lama tidak dianjurkan untuk tetap digunakan.

Buruknya, jika kalian tetap menggunakannya maka nantinya akan muncul infeksi pada folikel rambut dan membuat kalian merasa sangat gatal serta menyengat. Solusi terbaik yaitu gantilah spon mandi setiap 4 minggu sekali atau menggantikannya dengan waslap.

8 dari 8 halaman

5. Kesalahan Saat Mandi: Membilas Kurang Bersih


  5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga?5 Kesalahan Saat Mandi yang Kerap Dilakukan, Kamu Juga? © pixabay.com

Apakah kalian memiliki jerawat di punggung? Jika iya, itu tandanya kalian kerap tidak bersih dalam membilas sabun saat mandi.

Tidak hanya sabun saja, sampo serta kondisioner juga harus tetap dibilas hingga bersih. Bukan tanpa alasan, produk yang masih menempel tersebut akan menyumbat pori-pori kulit kalian sehingga bisa menyebabkan munculnya jerawat di area punggung. Hal ini juga berlaku dalam membilas sampo serta kondisioner.

Dengan tidak membilasnya secara bersih, jangan pernah menyalahkan si produk apabila kalian menemukan jerawat di sekitar kepala.

Buruknya, kulit kepala kalian menjadi sangat berketombe serta rontok. Untuk itulah, sangat perlu diperhatikan kebersihan tubuh kalian dari sabun dan produk lainnya saat sedang mandi. Kalau sedang terburu-buru? Berarti kalian harus bangun lebih pagi lagi agar bisa maksimal dalam membersihkan badan.

(Sumber: The Health Site)

 

 

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis