8 Alasan Perut Sering Terasa Lapar Sepanjang Hari, Kalian Mengalaminya?

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 11 Oktober 2019 16:13
8 Alasan Perut Sering Terasa Lapar Sepanjang Hari, Kalian Mengalaminya?
Apakah kalian sering merasa lapar? Meskipun sudah makan sebelumnya? Yuk intip alasan dibaliknya berikut ini.

Dream – Apakah kalian sering merasa lapar meskipun sudah makan sebelumnya? Kondisi tersebut bisa saja menjadi sebuah sinyal untuk menandakan kesehatan kalian.

Lapar merupakan tanda alami tubuh yang menunjukkan bahwa kalian membutuhkan lebih banyak asupan makanan. Ketika sedang lapar biasanya dalam perut akan terasa seperti sedang bergerilya bahkan ada yang sampai mengeluarkan suara. Parahnya, jika tidak segera mendapatkan makanan bisa saja kalian akan merasakan sakit kepala, tidak bisa konsentrasi, hingga mudah tersinggung.

Apakah kalian salah satunya? Hampir semua orang pernah mengalaminya juga. Dalam beberapa kasus justru rasa lapar tersebut sering muncul kembali padahal kalian telah makan sebelumnya. Apakah itu normal? Sayangnya, kondisi tersebut bisa saja menunjukkan kesehatan tubuh kalian.

Terdapat beberapa alasan perut terasa lapar sepanjang hari dan sering kali seperti itu. Penasaran kan? Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini.

1 dari 4 halaman

1. Alasan Perut Terasa Lapar: Kurang Minum Air Mineral

8 Alasan Perut Terasa Lapar Sepanjang Hari dan Seringkali, Kalian Mengalaminya?© shutterstock

Tahukah kalian? Air putih mampu membuat kalian merasa kenyang loh. Bagi kalian yang sedang menjalankan progam diet, air putih juga berpotensi mengurangi nafsu makan kalian bila dikonsumsi sebelum makan.

Karena alasan ini jugalah, kalian akan merasa mudah lapar bila kebutuhan air di dalam tubuh kalian tidak tercukupi. Untuk mengatasinya, minumlah air putih di setiap kalian merasa haus serta konsumsilah makanan kaya akan air seperti buah dan sayur.

2. Alasan Perut Terasa Lapar: Kurang Asupan Protein

Mengonsumsi protein cukup penting dalam mengendalikan nafsu makan loh Sahabat Dream. Protein diketahui memiliki sifat untuk membantu mengurangi rasa lapar.

Itu artinya, dengan mengonsumsi cukup protein secara otomatis kalian akan membutuhkan kalori yang rendah di siang hari. Menariknya lagi, protein juga bisa meningkatkan produksi hormon yang merangsang rasa kenyang pada diri kalian.

Cobalah untuk mengonsumsi protein seperti daging, ikan, telur serat unggas yang mengandung protein dalam kadar tinggi.

2 dari 4 halaman

3. Alasan Perut Terasa Lapar: Kurang Cukup Tidur

8 Alasan Perut Terasa Lapar Sepanjang Hari dan Seringkali, Kalian Mengalaminya?© shutterstock

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan kalian. Dengan tidur, kalian sudah bisa meningkatkan fungsi sistem otak serta kekebalan tubuh loh Sahabat Dream.

Waktu serta kualitas tidur juga sangat memengaruhi pengendalian nafsu makan pada seseorang. Kurang tidur mampu meningkatkan kadar ghrelin di dalam tubuh sehingga tidak heran kalian akan merasakan rasa lapar sepanjang hari.

4. Alasan Perut Terasa Lapar: Diet Rendah Lemak

Meskipun bagi sebagian besar orang menjadi momok menakutkan, lemak memiliki peran penting dalam membuat kalian kenyang. Hal ini dikarenakan waktu transit gastrointestinal yang lambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mencerna semua makanan yang masuk.

Secara otomatis pula, makanan tersebut akan bertahan semakin lama di dalam lambung. Tidak hanya itu saja, lemak mampu melepaskan berbagai hormon pembuat rasa kenyang. Karena alesan ini pula seseorang yang sedang diet lemak akan lebih sering merasa lapar sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

5. Alasan Perut Terasa Lapar: Diet Kurang Serat

8 Alasan Perut Terasa Lapar Sepanjang Hari dan Seringkali, Kalian Mengalaminya?© shutterstock

Mengonsumsi makanan berserat tinggi selain mampu menjaga kesehatan pencernaan ternyata juga bisa membantu mengendalikan rasa lapar. Makanan jenis ini akan memperlambat laju pengosongan perut kalian. Makanan yang mengandung serta tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa dicerna oleh tubuh.

Menariknya, asupan serat yang tinggi akan mempengaruhi pelepasan hormone pengurang nafsu makan loh Sahabat Dream. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal, ubi jalar, biji rami, jeruk dan lainnya.

6. Alasan Perut Terasa Lapar: Makan pada Kondisi Tertentu

Bagi kalian yang menjalani kehidupan super sibuk, sering kali waktu makan menjadi sangat terganggu. Terkadang, kalian diharuskan makan dalam waktu yang sangat singkat dan terkadang pula jam waktu makan menjadi tidak teratur.

Sayangnya, kebiasaan tersebut mampu merusak kesehatan badan terutama sistem pencernaan kalian. Alasannya yaitu gangguan makan akan mengurangi kesadaran mengenai seberapa banyak yang harus kalian konsumsi.

Tidak hanya itu saja, bagi kalian yang memiliki kebiasaan makan sembari menatap layar maka bersiap-siaplah untuk merasa lapar sepanjang hari. Sebuah studi menyatakan seseorang yang makan dengan menatap permainan komputer tidak akan kenyang dibanding dengan seseorang yang makan tanpa melakukan hal lainnya.

4 dari 4 halaman

7. Alasan Perut Terasa Lapar: Terlalu Stres

8 Alasan Perut Terasa Lapar Sepanjang Hari dan Seringkali, Kalian Mengalaminya?© shutterstock

Tidak perlu diragukan lagi, stres berlebih mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon kortisol pada tubuh. Hormon kortisol merupakan salah satu hormon yang sangat penting dalam memicu rasa lapar serta mengidam terhadap makanan. Karena alasan ini jugalah seseorang yang sedang mengalami stress akan dengan mudah merasa lapar.

8. Alasan Perut Terasa Lapar: Terlalu Banyak Olahraga

Sebuah penelitian menunjukan, seseorang yang berolahraga terlalu semangat cenderung memiliki metabolisme yang lebih cepat. Tidak hanya itu, mereka juga akan membakar bayak kalori pada saat sedang istirahat.

Beberapa penelitian lainnya mengatakan, berolah raga terlalu semangat dan dalam jangka waktu lama maka mereka cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar dibanding seseorang yang tidak berolahraga.

 
 
 
(Sumber: Health Line)

Beri Komentar