12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 19 September 2019 15:12
12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!
Suka merasa lapar? Yuk simak deretan makanan sehat penahan rasa lapar berikut ini.

Dream – Apakah kalian sering merasa lapar? Rasa lapar sangat wajar dirasakan oleh setiap orang namun jika sudah berlebihan itu bisa sedikit menganggu dan menjengkelkan.

Terkadang kalian bisa merasakan rasa lapar secara tiba-tiba padahal sebelumnya sudah makan dengan cukup. Nah, kondisi tersebut dapat disebakan oleh beberapa faktor atau alasan.

Stress, rendahnya kadar gula darah, ketidakseimbangan pada hormon, hingga efek samping dari obat tertentu merupakan alasan yang kerap mendasari rasa lapar tersebut.

Pada dasarnya, hormone memainkan peranan penting dalam mengatur rasa lapar di dalam tubuh kalian loh.

Bagi kalian yang merasakan lapar sepanjang hari, tidak perlu merasa khawatir lagi saat ini. Berikut informasi mengenai makanan sehat penahan rasa lapar, yang sangat cocok untuk dikonsumsi. Yuk simak informasi lebih lanjutnya: 

1 dari 6 halaman

1. Makanan Sehat berupa Telur

 12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!

Makanan yang mampu menahan rasa lapar kalian yang pertama adalah telur. Terdapat berbagai macam penelitian yang telah menyatakan, mengonsumsi telur pada saat sarapan mampu menekan hormone gherelin.

Hormone gherein merupakan salah satu hormone yang memiliki peranan penting dalam mengontrol rasa lapar kalian.

Tidak heran, bila kalian mengonsumsinya maka pada siang hari rasa lapar tidak akan terasa seekstrim seperti sebelumnya. Namun tetap, berlebihan dalam mengonsumsi telur boiler juga tidak akan baik bagi kesehatan tubuh kalian.

2.    Makanan Sehat berupa Oatmeal

Selanjutnya, kalian bisa mencoba untuk mengonsumsi oatmeal di pagi hari. Dengan oatmeal, kalian nantinya akan merasakan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Oat memiliki kandungan serat yang tidak mudah larut serta karbohirat kompleks, sehingga mampu membuat rasa kenyang kalian bisa bertahan lama.

Selain itu, oat juga membantu dalam produksi asam lemak butirat yang dimana kandungan ini memiliki peranan penting dalam mengurangi peradangan di dalam tubuh.

2 dari 6 halaman

3. Makanan Sehat berupa Kacang Pistasio

 12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!

Kacang pistasio juga dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang bisa menahan rasa lapar kalian. Pistasio mengandung sejumlah nutrisi yang memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat tersebut meliputi meningkatkan fungsi otak, melancarkan laju metabolisme, menurunkan berat badan serta masih banyak lainnya.

Tahukah kalian? Salah satu kandungan kacang pistasio memiliki sifat menetralkan asam lambung sehingga makanan ini mampu menekan rasa lapar kalian secara efektif dan alami.

4.    Makanan Sehat berupa Kacang Hijau

Kaya akan serat serta protein, kacang hijau sangat baik dalam mengendalikan rasa lapar secara alami. Kedua kandungan ini nantinya akan mengurangi bahkan menetralkan asam lambung yang ada di sistem percernaan kalian.

Dengan mengonsumsi kacang hijau, nantinya bisa merasakan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

3 dari 6 halaman

5. Makanan Sehat berupa Biji Gandum

 12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!

Biji gandum? Bagaimana cara mendapatkannya? Tenang saja, di beberapa produk sereal telah terkandung biji gandum di dalamnya.

Bahkan, ada beberapa produk yang menggunakan biji gandum sebagai bahan utamanya. Perlu untuk diketahui, biji gandum kaya akan serat, protein, karbohidrat komplek serta vitamin B.

Gandum juga memiliki sifat yang mudah menampung banyak air sehingga jangan heran jika kalian akan merasakan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

6.    Makanan Sehat berupa Kedelai

Selain kacang hijau, kacang kedelai ternyata juga secara efektif membuat rasa lapar kalian tertahankan. Memiliki kandungan protein yang cukup banyak membuat kacang kedelai membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk proses disintesis.

Pada proses inilah yang membuat kacang kedelai sebagai salah satu obat paling efektif dalam menahan rasa lapar kalian.

4 dari 6 halaman

7. Makanan Sehat berupa Wortel

 12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!

Tahukah kalian? Kandungan serta yang ada di dalam wortel lebih banyak daripada di sayuaran jenis lainnya. Selain serat, wortel juga kaya akan senyawa karotenoid.

Kedua kandungan tersebut secara efektif mampu membantu mengurangi produksi asam yang ada pada lambung kalian. Mengonsumsinya sebagai camilan di sela-sela waktu akan memberikan kalian rasa kenyang yang bertahan cukup lama.

8.    Makanan Sehat berupa Paprika

Dikenal sebagai salah satu bahan makanan penambah rasa pedas, paprika ternyata juga bisa menjadi makanan penahan rasa lapar kalian.

Memiliki kandungan antioksidan serta air yang cukup banyak, paprika sangat bagus untuk dikonsumsi setiap harinya. Dengan menambahkan paprika ke dalam salad sayur nantinya membantu mengurangi rasa lapar dalam waktu yang lama.

Tidak hanya itu saja, paprika juga bisa membantu memperlancar program diet kalian loh sebab sayuran ini dapat mencegah penambahan berat badan yang tidak sehat.

5 dari 6 halaman

9. Makanan Sehat berupa Alpukat

 12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!

Dikenal sejak lama sebagai salah satu buah tersehat, alpukat kini kembali menghadirkan salah satu manfaatnya. Manfaatnya adalah buah alpukat bisa secara efektif mengurangi rasa lapar kalian loh Sahabat Dream.

Pasalnya, alpukat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga secara efektif akan mengurangi produksi asam di lambung.

10.    Makanan Sehat berupa Raspberry

Tergolong ke dalam keluarga beri-berian, raspberry diketahui sarat akan antioksidan seperti polifenol serta serat alami. Selain itu, raspberry juga memiliki knadungan makronutrien yang cukup tinggi.

Sehingga dengan mengonsumsi raspberry setidaknya 30 gram, kalian akan bisa merasakan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

6 dari 6 halaman

11. Makanan Sehat berupa Yogurt

 12 Makanan Sehat Penahan Rasa Lapar, Cobain Yuk!

Yogurt memang telah dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh mulai dari kesehatan, kecantikan ataupun rambut. Salah satu manfaat lainnya yang ditimbulkan oleh yogurt adalah mampu menahan rasa lapar kalian.

Seperti yang sudah diketahui, yogurt mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan usus kalian dengan memberikan bakteri baik di dalam sistem pencernaan.

Apabila kalian ingin menahan rasa lapar secara maksimal, cobalah untuk mengonsumsi yogurt Yunani. Yogurt ini akan menetralkan asam lambung sehingga mampu mengurangi rasa lapar yang tak tertahan.

12.    Makanan Sehat berupa Teh Rooibos

Ingin bisa menahan rasa lapar? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi teh rooibos. Memiliki kandungan flavonoid aspalathin, teh rooibos adalah jawaban sempurna untuk mengurangi hormone stress.

Lalu apa hubungannya? Eits tenang dulu, penyebab utama seseorang mudah merasa lapar adalah stres.

Jika hormon stres sudah bisa dikurangi maka rasa lapar kalian juga akan semakin berkurang. Bahkan, teh rooibos ini juga mampu mengurangi lemak di dalam tubuh kalian loh.
 

(ism, Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan