8 Makanan Sehat Mengandung Omega 3 Paling Tinggi, Cobain yuk!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Rabu, 9 Oktober 2019 13:48
8 Makanan Sehat Mengandung Omega 3 Paling Tinggi, Cobain yuk!
Inilah deretan makanan sehat yang mengandung asam lemak omega-3 sangat tinggi.

Dream – Asam lemak omega 3 sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan asam lemak ini juga sangat bagus bagi kinerja otak kalian.

Omega-3 merupakan lemak baik yang terdiri dari tiga jenis, yaitu asam alfalinolenat (ALA), Dekosaheksaenoat (DHA), serta eikosapentanoat (EPA). Asam lemak ALA sangat bagus untuk dikonsumsi bagi kalian yang sedang diet loh. ALA bisa diubah menjadi DHA dan EPA secara otomatis oleh tubuh.

Kandungan ALA juga bisa kalian temukan di beberapa sayuran, sedangkan DHA dan EPA bisa kalian temukan pada ikan. Menurut berbagai organisasi kesehatan, setiap harinya seseorang harus mengonsumsi setidaknya 250-500 mg asam lemak omega-3.

Tentu saja dengan mengonsumsinya rutin, secara otomatis kesehatan tubuh, otak, jantung menjadi semakin meningkat pula. Lantas apa saja sih makanan itu? Yuk langsung saja simak informasinya di bawah ini:

1 dari 4 halaman

1. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Mackerel

 8 Makanan Sehat Mengandung Omega 3 Paling Tinggi, Cobain Yuk!

Ikan Mackerel merupakan salah satu ikan kecil serta berlemak. Di negara barat, pada umumnya ikan mackerel akan diasap terlebih dahulu atau hanya dijadikan sebagai fillet utuh. Ikan mackerel menjadi salah satu jenis ikan yang snagat kaya akan asupan nutrisi.

Menurut Reference Daily Intake (RDI), 3,5 ons ikan mackerel akan mengandung vitamin B12 serta selenium yang sangat tinggi. Bonusnya, 100 gram atau 3,5 ons ikan mackerel akan mengandung setidaknya 4,107 mg asam lemak omega-3.

2. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Kandungan omega-3 dalam setengah filet ikan salmon atlantik yang dibudidayakan sebesar 4,123 mg. Sedangkan, pada ikan salmon biasa terkandung 2,260 mg dalam 100 gramnya.

Ikan Salmon tergolong dalam salah satu makanan padat nutrisi di dunia. Selain omega-3, ikan salmon ternyata juga mengandung protein yang berkualitas sangat tinggi pula. Belum cukup sampai disitu, sejumlah asupan nutrisi lainnya seperti vitamin B, vitamin D serta selenium bisa kalian temukan pada ikan ini. Sebuah studi menyakatan, mengonsumsi ikan salmon secara teratur mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, demensia hingga depresi.

2 dari 4 halaman

3. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Sarden

 8 Makanan Sehat Mengandung Omega 3 Paling Tinggi, Cobain Yuk!

Siapa nih yang suka makan ikan sarden? Sarden merupakan salah satu ikan yang kerap dijadikan sebagai makanan pembuka, utama atau camilan saja. Satu ikan sarden utuh mengandung hampir seluruh asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Setiap 100 gram ikan sarden kering akan mengandung setidaknya vitamin B12, vitamin D serta selenium dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, setiap cangkir sarden kalengan (149 gram) akan mengandung setidaknya 2.205 mg asam lemak omega-3.

4. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Tiram

Kerang atau tiram merupakan salah satu makanan paling bergizi yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh, wajah hingga rambut. Menariknya, tiram mengandung senyawa seng lebih banyak dibanding makanan lainnya.

Selain seng, tiram juga mengandung vitamin B12 hingga senyawa tembaga yang tidak kalah tinggi kadarnya. Setiap 6 tiram mentah akan mengandung setidaknya 370 mg asam lemak omega-3. Tidak heran, tiram menjadi salah satu bahan makanan paling favorit bagi sebagian besar orang.

3 dari 4 halaman

5. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Ikan Teri

 8 Makanan Sehat Mengandung Omega 3 Paling Tinggi, Cobain Yuk!

Pasti sebagian besar dari kalian menyukai jenis ikan yang satu ini, terlebih pada ikan teri Medan. Meskipun sangat kecil, ternyata ikan teri merupakan sumber niasin serta selenium yang bagus loh. Bahkan, ikan teri bertulang pun juga menjadi sumber kalsium yang sangat bagus untuk dikonsumsi.

Bonusnya, kalian juga akan mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang snagat tinggi. Bagaimana tidak? Setidaknya dalam 45 gram ikan teri Eropa mengandung 951 asam lemak omega-3.

6. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Chia Seeds

Sahabat Dream, biji chia ternyata telah diketahui mengandung berbagai nutrisi dengan kadar yang cukup tinggi loh. Nutrisi tersebut meliputi mangan, magnesium, selenium dan nutrisi penting lainnya. Bahkan, dalam 28 gram biji chia akan mengandung setidaknya 5 gram protein.

Tidak tanggung-tanggung, protein tersebut meliputi semua asam amino esensial yang sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, chia seeds juga mengandung 5.060 mg asam lemak omega-3 di setiap 28 gramnya.

4 dari 4 halaman

7. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Kacang Kenari

 8 Makanan Sehat Mengandung Omega 3 Paling Tinggi, Cobain Yuk!

Berikutnya, terdapat kacang kenari sebagai salah satu makanan sehat yang mengandung omega-3 yang tinggi. Setidaknya dalam 28 gram kacang kenari terdapat 2.570 mg kandungan asam lemak omega-3.

Tidak hanya itu saja, kacang kenari juga memiliki sejumlah nutrisi penting lainnya seperti serat, vitamin E, tembaga, mangan dan maish banyak lainnya. Tidak mengherankan bila kacang kenari mampu meningkatkan kesehatan tubuh, kulit, hingga rambut seseorang.

8. Makanan Sehat Mengandung Omega 3: Kacang Kedelai

Tidak perlu diragukan lagi, kacang kedelai memang dikenal memiliki berbagai macam kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Dikenal sebagai sumber serat dan protein nabati, kedelai juga menjadi sumber nutrisi yang baik. Kacang kedelai mengandung asam lemak omega-3 sebanyak 670 mg dalam 47 gramnya. Tidak hanya itu, kedelai juga memiliki kandungan asam folat, vitamin K, kalium serta magnesium yang tidak kalah tinggi.

Sumber: Health Line

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi