Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kemampuan Memori Otak

10 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kemampuan Memori Otak Shutterstock.com

Dream – Otak merupakan bagian organ tubuh yang paling penting. Tidak hanya berfungsi untuk mengingat sesuatu hal saja, namun otak memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan seluruh organ vital di dalam tubuh.

Bertanggung jawab akan laju detak jantung, melepaskan hormon baik, mengatur tekanan darah merupakan sedikit dari banyaknya kegunaan otak pada tubuh. Tahukah kalian? Otak merupakan salah satu organ tubuh yang menggunakan setidaknya 20% kalori dalam tubuh.

Bukan tanpa alasan, kalori tersebut digunakan sebagai 'bahan bakar' agar dapat mempertahankan konsentrasi sepanjang hari. Tidak hanya itu saja, otak juga sangat membutuhkan asupan nutrisi lainnya seperti asam lemak omega-3, vitamin, antioksidan dan mineral.

Semua asupan nutrisi tersebut tentu saja akan menimbulkan dampak positif bagi tubuh juga. Misalnya saja seperti menyediakan banyak energi serta mencegah timbulnya berbagai macam penyakit otak.

Untuk itu, penting mengonsumi makanan berikut demi menutrisi otak. Agar selalu sehat dan mempertahankan kerja memori.

1. Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Avokad

10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori Otak

Buah avokad merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Lemak ini diketahui sangat mendukung fungsi kinerja otak serta mampu menurunkan risiko masalah kognitif. Buah avokad memiliki kandungan asam folat, vitamin K dan nutrisi penting lainnya di dalamnya.


2.   Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Brokoli

Menurut sebuah studi pada 2016 lalu, vitamin K merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air di mana berkaitan dengan meningkatkan daya ingat seseorang. Nah, vitamin K banyak ditemukan pada sayuran brokoli. Tidak hanya vitamin sjaa, brokoli juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat bagus untuk tubuh.

3. Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Buah Beri

10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori Otak

Menurut sebuah penelitian, senyawa antioksidan yang terdapat di dalam buah beri mampu memberikan efek positif bagi otak. Buah beri memang dikenal memiliki senyawa antioksidan yang beragam dan dalam kadar yang cukup tinggi. Senyawa ini nantinya mampu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, memori, konsentrasi hingga menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia.


4.    Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Jeruk


Dikenal sebagai sumber vitamin C, jeruk mampu mencegah timbulnya gejala penurunan fungsi mental. Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat kuat dalam mencekal radikal bebas penyebab kerusakan sel otak masuk ke dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah jeruk secara teratur akan melindungi kalian dari penurunan mental akibat usia.

5. Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Telur

10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori Otak

Tahukah kalian? Telur merupakan salah satu makanan penambah daya ingat seseorang loh Sahabat Dream. Pasalnya, telur memiliki kandungan vitamin B6, vitamin B12 serta asam folat di dalamnya. Bahkan, sebuah studi menyatakan, vitamin yang etrkandung di dalam telur sangat bagus untuk menunda penurunan kognitif. Selain itu juga bisa mencegah penyusutan otak.


6.    Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Cokelat Hitam


Bubuk kakao atau coklat hitam memiliki kandungan antioksidan, kafein serta flavonoid yang sangat tinggi. Flavonoid merupakan senyawa yang memiiliki peranan penting dalam memori pada otak. Beberapa peneliti bahkan mengatakan, senyawa flavonoid akan meningkatkan daya ingat seseorang. Menariknya juga akan memperlambat penurunan mental akibat usia.

7. Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Kacang dan Biji

10 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori Otak

Tidak perlu diragukan kembali, biji-bijian serta kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E yang sangat tinggi. Kedua senyawa tersebut ternyata sangat dibutuhkan otak untuk melindungi sel-selnya dari stres oksidatif.

Bagi yang belum tahu, stres oksidatif diakibatkan dari adanya radikal bebas yang masuk dalam jumlah besar. Bahkan, sebuah penelitian mengatakan, kedua makanan ini berkaitan dengan fungsi otak di masa tua yang lebih baik lagi.


8.  Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Minyak Ikan


Asam lemak omega-3 memiliki peranan penting dalam kesehatan otak seseorang. Terdapat beberapa ikan yang memang dikenal mengandung senyawa omega-3 yang sangat tinggi. Misalnya seperti ikan salmon, mackerel, sarden, tuna serta ikan herring. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi akan mengalami peningkatakan laju aliran darah di tubuh terutama otak.

9. Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Teh Hijau

8 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Selain makanan, terdapat minuman yang bisa diandalkan untuk meningkatkan memori seseorang. Salah satu minuman tersebut yaitu teh hijau. Minuman teh jenis ini ternyata bisa meningkatkan daya ingat, fokus serta kewaspadaan. Hal tersebut dikarenakan teh hijau mengandung asam amino berupa L-theanine yang sangat banyak. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan aktivitas neurotransmitter.


10.    Makanan Sehat untuk Meningkatkan Memori: Kopi


Tidak selama kafein itu membahayakan tubuh. Terbukti kandungan kafein dan antioksidan di dalam kopi mampu memberikan dampak positif bagi otak. Tahukah kalian? Kafein bisa meningkatkan kewaspadaan otak secara efektif. Senyawa ini nantinya akan memblokir adenson atau bahan kimia yang berkaitan dengan rasa kantuk. Selain itu, kafein juga akan meingkatkan serotonin atau neurotransmitter yang baik bagi otak.
 
 
 
(Sumber: Boldsky)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

5 Pilihan Makanan Sehat Bagi yang Ingin Tingkatkan Berat Badan

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Trik Pilih Makanan Sehat Saat Banyak Aktivitas di Luar, Biar Stamina On Terus

Pilih makanan yang lebih sehat saat berada di luar ruangan agar berat badan tetap stabil. Cari tahu rekomendasi pilihan makanan yang lebih sehat menurut pakar.

Baca Selengkapnya
10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh merupakan hal yang penting. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Memaksimalkan energi dalam tubuh membutuhkan pola makan yang holistik. Yuk, simak jenis-jenis makanan yang bisa memaksimalkan energi tubuh ini!

Baca Selengkapnya
11 Makanan Tinggi Protein Tanpa Lemak Baik untuk Dikonsumsi demi Kesehatan.

11 Makanan Tinggi Protein Tanpa Lemak Baik untuk Dikonsumsi demi Kesehatan.

Pentingnya mengonsumsi makanan yang kaya protein untuk menjaga kesehatan dan membentuk otot, serta membantu menjaga berat.

Baca Selengkapnya
Tidak Boleh Makan di Atas Jam 8 Malam, Benarkah?

Tidak Boleh Makan di Atas Jam 8 Malam, Benarkah?

Makan di atas jam 8 malam sering kali dinilai sebagai kebiasaan yang buruk untuk kesehatan. Yuk, simak kebenarannya!

Baca Selengkapnya
15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

15 Buah Terbaik untuk Kesehatan dan Porsi Terbaik Mengkonsumsinya

Beberapa buah terkenal karena kandungan vitamin, serat, mineral dan senyawa pelindungnya yang jauh lebih tinggi. Yuk, simak 15 buah yang paling menyehatkan!

Baca Selengkapnya