8 Jenis Kaktus yang Bikin Sudut Ruangan Makin Cantik

Reporter : Jeffreydien Winanda
Kamis, 10 Juni 2021 19:00
8 Jenis Kaktus yang Bikin Sudut Ruangan Makin Cantik
Yuk bikin sudut ruangan jadi makin estetik dengan kaktus cantik ini

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan agar mood tetap positif dan produktivitas terjaga adalah dengan memperhatikan estetika dalam ruangan. Baik itu ruang kerja, kamar, atau ruang tamu.

Terlebih, masa pandemi seperti sekarang membuat banyak aktivitas yang mengharuskan untuk dilakukan di rumah. Alhasil, dibutuhkan sesuatu yang baru di rumah biar nggak bosan.

Setelah kamar, ruang tamu, atau work space sudah dibersihkan, saatnya memberikan hiasan kecil yang mempercantik suasana seperti tanaman kaktus. Apa saja sih jenis kaktus yang bisa mempercantik ruangan?

1 dari 8 halaman

Cereus Peruvianus

Cereus Peruvianus© 2021 Shutterstock

Pada daftar pertama, ada kaktus dengan nama latin Cereus Peruvianus. Kaktus jenis ini tergolong klasik dengan memiliki postur yang tinggi dengan duri di sepanjang batangnya.

Jenis ini juga mendapat julukan kaktus koboi berkat penampakannya di berbagai judul film klasik bertema kriminal. Meskipun tergolong jenis kaktus yang tinggi, jika tanaman ini berada di media pot dan diletakkan pada sudut ruangan, maka kesan estetik akan menjadi yang pertama kali muncul.

2 dari 8 halaman

Melocactus

Melocactus© 2021 Shutterstock

Secara kasat mata, Melocactus mirip seperti kaktus yang memakai mahkota. Nggak salah memang, karena kaktus jenis ini memang memiliki batang dengan duri berwarna putih serta bagian atasnya terdapat bentuk pipih berwarna merah bak mahkota.

Kaktus ini menjadi favorit saat untuk dijadikan penambah unsur estetik dalam suatu ruangan. Poin plusnya, nggak sulit buat memelihara Melocactus karena tidak membutuhkan banyak air dan hanya perlu sesekali diletakkan pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

3 dari 8 halaman

Cereus Tetragonus

Cereus Tetragonus© 2021 Shutterstock

Sama halnya dengan Cereus Peruvianus, kaktus jenis Cereus Tetragonus juga memiliki tampilan yang sejenis. Kaktus yang berasal dari daratan Amerika ini memiliki tampilan panjang menjulang.

Mau diletakkan di sekitar pagar atau di dalam rumah, kaktus Cereus Tetragonus akan menambah nuansa tropikal nan elegan. Sedikit tips bagi yang ingin meletakkan kaktus ini di dalam rumah, sebaiknya tempatkan Cereus Tetragonus di area sekitar jendela agar dari luar rumah pun bisa disaksikan nilai eksotisnya.

4 dari 8 halaman

Mammillaria fraileana

Mammillaria fraileana© 2021 Shutterstock

Ingin mencari kaktus dengan bentuk yang imut untuk diletakkan di meja kerja atau kamar? Mammillaria fraileana adalah jenis kaktus yang kamu cari.

Kaktus ini bisa tumbuh hingga 20cm dengan memiliki duri lembut berwarna kuning di sekujur batangnya. Makin imut lantaran batang kaktus bisa mengeluarkan bunga kecil berwarna putih. Mood booster banget!

5 dari 8 halaman

Lobivia Oganmaru

Lobivia Oganmaru© 2021 Shutterstock

Sekilas, kaktus Lobivia oganmaru memiliki tampilan yang serupa dengan Melocactus. Satu bagian yang serupa adalah batang berbentuk mahkota di bagian atasnya.

Namun, sedikit perbedaan yang dimiliki Lobivia oganmaru adalah bentuk batang yang nggak bulat atau memanjang tapi cenderung pipih. Bentuk yang lucu ini membuat Lobivia oganmaru cocok untuk diletakkan di setiap sudut rumah.

6 dari 8 halaman

Ferocactus Emoryi

Ferocactus Emoryi© 2021 Shutterstock

Satu lagi pilihan kaktus berbentuk unik yang elegan ditempatkan dalam sudut rumah. Kaktus Ferocactus Emoryi yang berasal dari Meksiko ini memiliki tampilan yang mencolok.

Sekilas, bagian duri dari kaktus ini berbentuk seperti rambut. Hal ini dikarenakan duri dari Kaktus Ferocactus Emoryi berukuran sangat panjang namun tidak tajam. Membuat kaktus jenis ini sedap dipandang dengan perpaduan hijau pada bagian batang dan merah muda di durinya.

7 dari 8 halaman

Ariocarpus

Ariocarpus© 2021 Shutterstock

Sebagai tumbuhan yang terbiasa hidup pada wilayah terik dengan jumlah air yang minim, banyak anggapan bahwa kaktus hanya sebatas memiliki batang panjang tanpa bunga layaknya tanaman lain. Namun anggapan ini ternyata kurang benar.

Ariocarpus adalah jenis kaktus yang memiliki bunga indah di bagian atas batangnya. Bunga pada kaktus Ariocarpus memiliki aneka warna, seperti putih, merah, kuning, hingga ungu.

8 dari 8 halaman

Gymnocalycium

Gymnocalycium© 2021 Shutterstock

Bentuk yang indah dan perawatannya pun gampang, menjadikan kaktus Gymnocalycium sebagai salah satu primadona untuk dijadikan hiasan dalam rumah. Bersama Ariocarpus, Gymnocalycium juga menjadi jenis kaktus yang memiliki bunga.

Well, untuk semakin mempercantik kaktus yang ada di dalam rumah kamu, tentukan juga positioning serta media penanaman agar semakin estetik. Mana kaktus favorit kamu?

Beri Komentar