Apa Sih Penyebab Benda Bisa Bergerak? Bantu Anak Memahaminya Lewat Video Ini

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 22 Januari 2021 10:42
Apa Sih Penyebab Benda Bisa Bergerak? Bantu Anak Memahaminya Lewat Video Ini
Bisa jadi source materi interaktif yang disukai anak nih!

Jadi guru dadakan yang mengajari anak belajar di rumah memang tantangan tersendiri ya, Bund. Kesulitan yang paling terasa adalah ketika berusaha menjelaskan materi dengan bahasa dan cara yang mudah dipahami anak. Misalnya saja ketika menjelaskan 'misteri' yang menyebabkan benda-benda bisa bergerak. Gimana caranya supaya anak tertarik dan paham dengan materi yang disajikan?

Untungnya sekarang sudah ada video pembelajaran program Belajar dari Rumah yang dibuat oleh Kemendikbud. Bisa jadi source materi interaktif yang disukai anak nih!

1 dari 2 halaman

Gaya dan Gerak, Bedanya Apa?

Apa Sih Penyebab Benda Bisa Bergerak? Bantu Anak Memahaminya Lewat Video Ini© Kemendikbud

Program Belajar dari Rumah episode 1 yang disiarkan TVRI akan memandu anak-anak di rumah mempelajari Gaya dan Gerak yang menjadi materi siswa kelas 4 SD. Kak Kafi dan Angel yang menemani sesi belajar di rumah agar lebih seru dan mudah dipahami.

Pembelajaran dimulai dengan diskusi antara Kak Kafi dan Angel tentang apa yang dimaksud gaya. Jadi, gaya adalah tarikan atau dorongan yang terjadi pada suatu benda yang bisa membuat benda mengalami perubahan posisi, gerak, atau bentuk. Ada beberapa jenis gaya yang umumnya ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti Gaya Otot, Gravitasi, Gesek, Magnet, dan Listrik.

Setelah mempelajari gaya, ada juga nih yang disebut dengan gerak. Pasti bingung deh, apa bedanya gaya dan gerak ya? Jadi, gerak adalah suatu perubahan tempat atau kedudukan suatu benda baik itu sekali maupun berkali-kali. Keduanya saling berkaitan, karena ternyata gaya nggak bisa terjadi kalau nggak diawali dengan gerak.

Di segmen kedua, Kak Kafi dan Angel mengajak teman-teman di rumah belajar tentang komponen pada transportasi darat yang berhubungan dengan gerak. Salah satunya adalah spidometer atau alat yang berfungsi mengukur kecepatan kendaraan yang melaju. Sudah tahu cara membaca spidometer? Belajar bareng Kak Kafi dan Angel ya!

2 dari 2 halaman

Belajar Bangun Ruang dalam Konteks Transportasi Laut

Beranjak ke materi pembelajaran kelas 5 SD, ada video bertema Transportasi Laut yang dibawakan oleh Kak Kinan, Andi, dan Ayahnya. Dalam video ini, pertama-tama Kak Kinan menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi gerak sebuah benda. Dimulai dari luas suatu benda, seberapa kasar permukaannya, hingga berat benda ternyata mempengaruhi kecepatan pergerakannya.

Memasuki segmen kedua, ada Andi dan Ayahnya yang mempelajari bangun ruang dalam konteks transportasi laut. Andi mengajak kamu mengenal bangun ruang kubus dan jaring-jaring kubus yang melatih penalaran dan logika anak sejak dini.

Selain memberikan pemaparan materi, video Belajar dari Rumah yang disiapkan Kemendikbud ini juga menghadirkan latihan soal hingga kuis yang bisa jadi bahan pemantapan materi belajar anak di rumah. Jika ia kesulitan mengerjakan soal atau memahami materi yang ada, bantulah anak dengan memberikan penjelasan atau dengan mencari sumber lainnya ya, Bund.

Program Belajar dari Rumah yang dihadirkan Kemendikbud ini tayang setiap hari Senin-Jumat di TVRI. Untuk siswa kelas 4 bisa mengikutinya dari jam 10.00 – 10.30 WIB sementara kelas 5 bisa nonton mulai jam 10.30 – 11.00 WIB. Selamat mendampingi anak belajar!

Beri Komentar