Banyak yang Salah Kaprah Soal Diet, Ini Hal Penting yang Harus Dipahami Sebelum Memulai

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 16 September 2022 11:45
Banyak yang Salah Kaprah Soal Diet, Ini Hal Penting yang Harus Dipahami Sebelum Memulai
Selama pandemi kita cenderung sedentery dan cenderung duduk, akhirnya muncul masalah peningkatan berat badan berlebih

Dream - Di awal pandemi Covid-19, masyarakat diharuskan melakukan aktivitas di rumah saja. Hal inilah yang membuat gaya hidup masyarakat berubah yang tadinya banyak aktivitas, menjadi lebih banyak berdiam diri.

“ Selama pandemi kita cenderung sedentery dan cenderung duduk, akhirnya muncul  masalah peningkatan berat badan berlebih. Banyak pasien saya 2 tahun ini naik 15 hingga 20 kilo,” jelas Christopher Andrian, Dokter Spesialis Gizi, pada acara peluncuran Breadwinner, Kamis 15 September 2022.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Peningkatan berat badan yang berlebih memungkinkan terjadinya obesitas jika bobot tubuh sudah lebih dari batas normal. Kelebihan berat badan ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

“ Obesitas punya beragam komplikasi nantinya, seperti gula, asam urat, kolesterol. Jadi kalau gaya hidup harus sehat dan makanan harus diatur,” tambah Christopher.

1 dari 4 halaman

Banyak yang Salah Kaprah Soal Diet

Untuk menghindari obesitas, banyak orang yang melakukan diet. Namun karena kurangnya edukasi, mereka melakukan diet yang salah dimana bisa menyebabkan tubuh kekurangan gizi.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Diet itu banyak yang mengira mengurangi makan, padahal sebenarnya diet itu adalah asupan makanan itu sendiri dengan pola makan yang sesuai dengan diri sendiri,” jelas Christopher.

2 dari 4 halaman

Tak Bisa Dilakukan Jangka Pendek

Diet ini tidak bisa dilakukan dalam jangka pendek. Jadi harus terus dilakukan agar tetap sehat dan makan terkontrol.

“ Diet yang sehat itu agar tahu bagaimana pola makan untuk diri kita sendiri, jadi gak bisa short term. Kalau misal udah turun berat badannya, terus pola makan jangan balik lagi? Kan tidak. Kita harus pastikan imun kita baik, banyak diet populer malah jadi boomerang bagi tubuh sendiri,” tambah Christopher.

Membangun kesehatan masyarakat dapat dilakukan melalui gaya hidup. Jadi bukan melakukan “ diet ekstrem” melainkan mengatur pola makan yang sehat. Sebab hasil diet hanya akan bertahan sementara, jika tidak diimbangi dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat. Pengetahuan inilah yang ingin disampaikan Breadwinner melalui kampanye winning mindset dan building balanced habits.

3 dari 4 halaman

Jangan Gabungkan Karbo dengan Karbo

Jangan mengombinasikan dua karbohidrat dalam satu waktu makan. Karena double dan triple karbo yang kita konsumsi akan menjadi sedentary kalori yang jadi lemak di tubuh kita.

“ Kenapa karbohidrat jadi bad reputation, karena 70 persen makanan di indonesia karbohidrat. Yang jadi masalah kita makan nasi pakai apa, misal makan nasi, bakwan, kentang balado, kerupuk, ini lebih banyak karbonya,” tambah Christopher.

Bahkan terkadang masyarakat Indonesia menganggap harus makan nasi setiap siang dan malam. Padahal sumber karbohidrat sangatlah beragam.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Selama ini roti tawar seringkali dianggap sebagai niche product atau bakery product saja untuk snack. Padahal di luar dari kebiasaan tersebut, roti tawar sebenarnya merupakan sumber karbohidrat yang bagus bagi tubuh untuk makanan pokok sehari-hari,” jelas Talita Setyadi, Founder & CEO Breadwinner dan Beau Bakery.

 

 

4 dari 4 halaman

Padukan Karbo yang Baik dengan Nutrisi Seimbang

Menyediakan karbohidrat yang juga memiliki vitamin dan mineral Breadwinner menghadirkan roti tawar yang bisa digunakan sebagai sumber karbohidrat yang bagus bagi tubuh untuk makanan pokok sehari-hari.

Breadwinner tersedia dalam beberapa varian, di antaranya milky white, wholemeal, multigrain, dan honey oat tanpa bahan pewarna dan pengawet.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kami melakukan beberapa kali proses development produk yang cukup memakan waktu. Kurang lebih selama setahun, dengan 2-3 kali tes laboratorium. Perjalanan panjang ini dilakukan karena Beau Bakery ingin menciptakan produk lain yang lebih lezat dan bergizi bagi masyarakat,” tambah Talita Setyadi.

Dr. Christopher pun menambahkan kombinasi yang sehat kala makan roti.

“ Jadi kalau makan roti, gabungkan dengan sumber protein seperti telur atau jamur. Lalu gunakan lemak yang sehat seperti alpukat untuk pengganti butter. Dan bisa masukan sayuran,” tambahnya.

Beri Komentar